FOLLOW US:

JACKSENF TIAGO

Jacksen F Tiago
Nama Lengkap : Jacksen Ferreira Tiago
Tempat Lahir : Rio de Janeiro
Tanggal Lahir : 28 Mei 1969 (50 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 170 cm

Jacksen F Tiago merupakan salah satu pelatih yang telah sukses bersama beberapa klub di Liga Indonesia. Sebagai orang Brazil, Jacksen tentunya juga sudah terpanggil untuk bermain dengan si kulit bundar sejak kecil. Ia pernah menjadi pemain sebelum terjun ke dunia kepelatihan. Pelatih kelahiran Rio de Janeiro ini terkenal di Indonesia sebagai pelatih yang sukses membawa Persebaya Surabaya meraih gelar juara Liga Indonesia baik sebagai pemain maupun pelatih.

Karir Jacksen di dunia sepak bola bisa dibilang tidak selalu berjalan mulus. Ia sendiri pada mulanya tidak pernah punya keinginan untuk berkarir di dunia persepakbolaan Indonesia meski banyak pemain Brazil yang juga sudah datang dan bahkan meraup kesuksesan di Indonesia. Jacksen bermain di Indonesia pertama kali bersama dengan Petrokimia Putra. Klub yang bermarkas di Gersik tersebut finish runner-up kala Jacksen membelanya pada musim 94/95. Semenjak sukses bersama Petro inilah karir Jacksen mulai mencuat di Liga Indonesia.

Karir sepak bola membawanya berlabuh ke PSM Makassar pada musim selanjutnya. Bersama PSM, ia sukses membawa tim kebanggaan Makassar tersebut finish diperingkat kedua pada musim 95/96. Untuk kedua kalinya secara berturut-turut pria berdarah Brazil ini harus memuaskan dirinya dengan posisi runner-up. Meski kecewa, Jacksen tetap bangga dengan pencapaiannya tersebut.

Musim 96/97 menjadi musim balas dendam bagi pemain yang berposisi sebagai striker ini. Kepindahannya ke Persebaya Surabaya terbukti menjadi pilihan yang tepat bagi karir sepak bolanya. Bersama dengan tim berjuluk Bajol Ijo tersebut, penyerang berdarah Brazil ini sukses membawa Persebaya menjuarai Liga Indonesia dan membalas kekalahannya dari Bandung Raya yag saat itu masih bernama Mastrans Bandung Raya. Pada musim ini juga ia sukses memboyong sepatu emas dengan torehan 26 golnya.

Dua musim di Persebaya, Jacksen memutuskan untuk hengkang ke Malaysia bersama dengan Geylang United FC. Sayangnya, karirnya kurang begitu bersinar sehingga ia hanya bertahan semusim sebelum memutuskan kembali ke Persebaya dan menutup karirnya sebagai pemain di Petrokimia Putra pada musim 2001.

Selesai berkarir sebagai pemain, pria berkebangsaan Brazil ini melanjutkan karirnya di dunia sepak bola sebagai pelatih. Kecintaannya pada Indonesia membuatnya menetap di Indonesia dan memutuskan untuk melatih klub cabang Persebaya, Assyabaab Surabaya. Bersama dengan Assyabaab, ia sukses membawa tim cabang Persebaya tersebut menjuarai kompetisi lokal. Atas prestasinya tersebut, ia ditunjuk menjadi pelatih Persebaya Surabaya pada musim 2003/2004 yang sebelumnya telah terperosok kedivisi satu.

Ditangan Jacksen, Persebaya menjelma menjadi tim yang tangguh. Kemampuannya berkomunikasi dengan seluruh elemen klub Persebaya, baik pemain, staff, maupun suporter, membuatnya mampu menjalankan tugas dengan baik. Terbukti ia berhasil mendongkrak Persebaya kembali ke divisi utama Liga Indonesia setelah sebelumnya terdegradasi. Hebatnya, pada musim selanjutnya ia juga sukses memawa Bajol Ijo menjuarai Liga Indonesia.

Sebagai pelatih, ia pernah melanglang buana ke penjuru Indonesia dengan berbagai klub. Ia juga pernah menangani Persita Tangerang, Persiter Ternate, Mitra Kukar, dan Persitara Jakarta Utara. Namun yang paling berkesan adalah kala ia menangani Persipura Jayapura mulai tahun 2008.

Bersama dengan tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut, Jacksen sukses membawa tim kebanggaan Jayapura ini meraih dua kali gelar Liga Indonesia. Bahkan pada tahun 2010 lalu, ia sempat mendapat apresiasi dari majalah Brazil atas kesuksesannya membawa pulang gelar juara Liga Indonesia ke tanah Jayapura dan memberikannya sebagai kado ulang tahun untuk Persipura yang ke 60.

Pertandingan persahabatan melawan klub Brazi, Santos U-3, pada kamis 3 Oktober 2013 menjadi laga perpisahan Jacksen dengan Persipura. Kala itu Persipura berhasil menang tipis 2-1.

Atas prestasinya tersebut, ia ditunjuk oleh PSSI untuk menangani Timnas Indonesia. Bersama dengan Jacksen, Indonesia sukses merangkak naik ke posisi 162 di klasmen FIFA per 17 Oktober 2013.

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Jacksen F Tiago

Persipura Imbang Lawan Borneo FC, Jacksen F Tiago Sebut Ini Hasil Adil

Persipura Imbang Lawan Borneo FC, Jacksen F Tiago Sebut Ini Hasil Adil

20-08-2019 01:04

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengaku hasil imbang yang didapat oleh timnya saat jumpa Borneo FC adalah hasil yang adil.

Reaksi Jacksen F Tiago Terkait Maraknya Pemecatan Pelatih di Liga 1 2019

Reaksi Jacksen F Tiago Terkait Maraknya Pemecatan Pelatih di Liga 1 2019

16-08-2019 17:01

Jacksen F Tiago mengaku terkejut dengan beberapa pemecatan pelatih yang terjadi di Shopee Liga 1 2019 dan menyebut profesi pelatih sekarang sangatlah sulit.

Jacksen F. Tiago Beberkan Rahasia Kebangkitan Persipura

Jacksen F. Tiago Beberkan Rahasia Kebangkitan Persipura

25-07-2019 07:40

Jacksen F. Tiago langsung memberikan dampak positif begitu diangkat sebagai pelatih anyar Persipura Jayapura. Dua pertandingan terakhir di ajang Shopee Liga 1 2019 berhasil dimenangkan oleh skuat berjuluk Mutiara Hitam tersebut.

Kembali Latih Persipura, Jacksen Tiago Disambut Hangat Pemain

Kembali Latih Persipura, Jacksen Tiago Disambut Hangat Pemain

13-07-2019 07:48

Pelatih asal Brasil, Jacksen F Tiago akhirnya kembali ke pelukan Persipura Jayapura. Manajemen klub berjuluk Mutiara Hitam tersebut menunjuknya sebagai pengganti Luciano Leandro yang dipecat belum lama ini.

Rumor Bakal Adanya Bersih-Bersih Pemain Senior Persipura, Ini Kata Jacksen Tiago

Rumor Bakal Adanya Bersih-Bersih Pemain Senior Persipura, Ini Kata Jacksen Tiago

13-07-2019 00:22

Jacksen Tiago angkat bicara soal adanya rumor bahwa kedatangannya bakal membuat sejumlah pemain senior Persipura Jayapura terdepak.

Persipura Jayapura dan Jacksen F Tiago Bersatu Kembali

Persipura Jayapura dan Jacksen F Tiago Bersatu Kembali

11-07-2019 17:40

Pelatih asal Brasil Jacksen F Tiago ditunjuk untuk kembali menangani skuat Persipura Jayapura.

Akui Gagal, Jacksen F Tiago Putuskan Mundur dari Barito Putera

Akui Gagal, Jacksen F Tiago Putuskan Mundur dari Barito Putera

23-06-2019 16:30

Pelatih asal Brasil Jacksen F Tiago memutuskan untuk mundur dari kursi pelatih Barito Putera setelah mengakui dirinya gagal mengangkat prestasi tim.

Barito Putera Berencana Tambah Pemain Asing

Barito Putera Berencana Tambah Pemain Asing

28-03-2019 23:59

Barito Putera berencana menambah amunisi mereka jelang bergulirnya kompetisi musim 2019.

Jacksen Tiago Sebut Pemusatan Latihan Barito Putera Sesuai Target

Jacksen Tiago Sebut Pemusatan Latihan Barito Putera Sesuai Target

01-03-2019 22:25

Jacksen F Tiago puas dengan raihan Barito Putera usai melakoni pemusatan latihan (TC) di kompleks Kusuma Agro Wisata Kota Batu.

Barito Putera Pesta Gol pada Laga Uji Coba, Jacksen Tiago Gembira

Barito Putera Pesta Gol pada Laga Uji Coba, Jacksen Tiago Gembira

21-02-2019 22:51

Kesuksesan Barito Putera menang besar pada laga uji coba perdana selama menggelar pemusatan latihan (TC) di kompleks Kusuma Agro Wisata Kota Batu membuat Jacksen Tiago senang.