FOLLOW US:

JACKSENF TIAGO

Jacksen F Tiago
Nama Lengkap : Jacksen Ferreira Tiago
Tempat Lahir : Rio de Janeiro
Tanggal Lahir : 28 Mei 1969 (49 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 170 cm

Jacksen F Tiago merupakan salah satu pelatih yang telah sukses bersama beberapa klub di Liga Indonesia. Sebagai orang Brazil, Jacksen tentunya juga sudah terpanggil untuk bermain dengan si kulit bundar sejak kecil. Ia pernah menjadi pemain sebelum terjun ke dunia kepelatihan. Pelatih kelahiran Rio de Janeiro ini terkenal di Indonesia sebagai pelatih yang sukses membawa Persebaya Surabaya meraih gelar juara Liga Indonesia baik sebagai pemain maupun pelatih.

Karir Jacksen di dunia sepak bola bisa dibilang tidak selalu berjalan mulus. Ia sendiri pada mulanya tidak pernah punya keinginan untuk berkarir di dunia persepakbolaan Indonesia meski banyak pemain Brazil yang juga sudah datang dan bahkan meraup kesuksesan di Indonesia. Jacksen bermain di Indonesia pertama kali bersama dengan Petrokimia Putra. Klub yang bermarkas di Gersik tersebut finish runner-up kala Jacksen membelanya pada musim 94/95. Semenjak sukses bersama Petro inilah karir Jacksen mulai mencuat di Liga Indonesia.

Karir sepak bola membawanya berlabuh ke PSM Makassar pada musim selanjutnya. Bersama PSM, ia sukses membawa tim kebanggaan Makassar tersebut finish diperingkat kedua pada musim 95/96. Untuk kedua kalinya secara berturut-turut pria berdarah Brazil ini harus memuaskan dirinya dengan posisi runner-up. Meski kecewa, Jacksen tetap bangga dengan pencapaiannya tersebut.

Musim 96/97 menjadi musim balas dendam bagi pemain yang berposisi sebagai striker ini. Kepindahannya ke Persebaya Surabaya terbukti menjadi pilihan yang tepat bagi karir sepak bolanya. Bersama dengan tim berjuluk Bajol Ijo tersebut, penyerang berdarah Brazil ini sukses membawa Persebaya menjuarai Liga Indonesia dan membalas kekalahannya dari Bandung Raya yag saat itu masih bernama Mastrans Bandung Raya. Pada musim ini juga ia sukses memboyong sepatu emas dengan torehan 26 golnya.

Dua musim di Persebaya, Jacksen memutuskan untuk hengkang ke Malaysia bersama dengan Geylang United FC. Sayangnya, karirnya kurang begitu bersinar sehingga ia hanya bertahan semusim sebelum memutuskan kembali ke Persebaya dan menutup karirnya sebagai pemain di Petrokimia Putra pada musim 2001.

Selesai berkarir sebagai pemain, pria berkebangsaan Brazil ini melanjutkan karirnya di dunia sepak bola sebagai pelatih. Kecintaannya pada Indonesia membuatnya menetap di Indonesia dan memutuskan untuk melatih klub cabang Persebaya, Assyabaab Surabaya. Bersama dengan Assyabaab, ia sukses membawa tim cabang Persebaya tersebut menjuarai kompetisi lokal. Atas prestasinya tersebut, ia ditunjuk menjadi pelatih Persebaya Surabaya pada musim 2003/2004 yang sebelumnya telah terperosok kedivisi satu.

Ditangan Jacksen, Persebaya menjelma menjadi tim yang tangguh. Kemampuannya berkomunikasi dengan seluruh elemen klub Persebaya, baik pemain, staff, maupun suporter, membuatnya mampu menjalankan tugas dengan baik. Terbukti ia berhasil mendongkrak Persebaya kembali ke divisi utama Liga Indonesia setelah sebelumnya terdegradasi. Hebatnya, pada musim selanjutnya ia juga sukses memawa Bajol Ijo menjuarai Liga Indonesia.

Sebagai pelatih, ia pernah melanglang buana ke penjuru Indonesia dengan berbagai klub. Ia juga pernah menangani Persita Tangerang, Persiter Ternate, Mitra Kukar, dan Persitara Jakarta Utara. Namun yang paling berkesan adalah kala ia menangani Persipura Jayapura mulai tahun 2008.

Bersama dengan tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut, Jacksen sukses membawa tim kebanggaan Jayapura ini meraih dua kali gelar Liga Indonesia. Bahkan pada tahun 2010 lalu, ia sempat mendapat apresiasi dari majalah Brazil atas kesuksesannya membawa pulang gelar juara Liga Indonesia ke tanah Jayapura dan memberikannya sebagai kado ulang tahun untuk Persipura yang ke 60.

Pertandingan persahabatan melawan klub Brazi, Santos U-3, pada kamis 3 Oktober 2013 menjadi laga perpisahan Jacksen dengan Persipura. Kala itu Persipura berhasil menang tipis 2-1.

Atas prestasinya tersebut, ia ditunjuk oleh PSSI untuk menangani Timnas Indonesia. Bersama dengan Jacksen, Indonesia sukses merangkak naik ke posisi 162 di klasmen FIFA per 17 Oktober 2013.

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Jacksen F Tiago

Jacksen Kecewa Performa Barito Putera di Bawah Standar

Jacksen Kecewa Performa Barito Putera di Bawah Standar

12-08-2018 22:34

Kemenangan Barito Putera atas Persebaya Surabaya pada pekan ke-20 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak tak lantas membuat Jacksen F. Tiago puas.

Belum Terkalahkan, Pelatih Barito Putera Anggap Skuat Bali United Di Atas Rata-rata

Belum Terkalahkan, Pelatih Barito Putera Anggap Skuat Bali United Di Atas Rata-rata

22-04-2018 03:00

Pada hari Minggu (22/4) nanti, Barito Putera akan menghadapi Bali United dalam laga pekan kelima Liga 1 2018 bersama Bukalapak di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Sang pelatih, Jacksen F. Tiago, terkesan dengan Bali United dan menganggap klub tersebut telah berada di atas rata-rata.

Jacksen Mengamuk, Barito Putera Dihajar Persipura 3-1

Jacksen Mengamuk, Barito Putera Dihajar Persipura 3-1

14-03-2018 18:36

Barito Putera gagal melanjutkan penampilan impresifnya dalam turnamen Jakajaya Friendly Game 2018 karena dikalahkan Persipura Jayapura.

Faktor Mental Jadi Kunci Kemenangan Barito Putera

Faktor Mental Jadi Kunci Kemenangan Barito Putera

09-03-2018 19:08

Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Thiago cukup puas dengan hasil pertandingan kontra Bhayangkara FC pada Jakajaya Friendly Game 2018. Sebab penampilan Samsul Arif Munip dan kolega dinilai sudah sesuai yang diharapkan.

Jacksen Tiago Ingin Barito Minimal Lolos Fase Grup Piala Presiden 2018

Jacksen Tiago Ingin Barito Minimal Lolos Fase Grup Piala Presiden 2018

16-01-2018 10:45

Barito Putera enggan kendur pada ajang Piala Presiden 2018, kendati tak ditarget apa pun oleh pihak manajemen. Tim berjuluk Laskar Antasari ini menegaskan tetap memiliki target untuk bisa lolos dari fase grup pada ajang tersebut.

Jacksen Merasa Terhormat Terlibat Dalam Tribute Match Choirul Huda

Jacksen Merasa Terhormat Terlibat Dalam Tribute Match Choirul Huda

15-11-2017 23:06

Jacksen F. Tiago yang didapuk sebagai pelatih timnas All Star merasa bangga bisa ikut berpartisipasi dalam Tribute Match Choirul Huda yang berlangsung di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu (15/11).

Barito Putera Bertekad Jadi Yang Terbaik di Kalimantan

Barito Putera Bertekad Jadi Yang Terbaik di Kalimantan

11-11-2017 03:25

Barito Putera mengusung misi besar saat menjamu Persela pada laga pamungkas Liga 1, Sabtu (11/11).

Barito Putera Ramu Variasi Serangan Hadapi Persela

Barito Putera Ramu Variasi Serangan Hadapi Persela

11-11-2017 03:05

Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago sudah melakukan serangkaian persiapan untuk menghadapi Persela Lamongan pada laga pamungkas di Liga 1, Sabtu (11/11).

Kalahkan Semen Padang, Barito Putera Bersyukur

Kalahkan Semen Padang, Barito Putera Bersyukur

25-09-2017 23:33

Sukses Barito Putera meraih poin penuh dalam lawatan ke kandang Semen Padang disambut gembira oleh Jacksen F Tiago.

Barito Putera Dinilai Terlalu Meremehkan Persela

Barito Putera Dinilai Terlalu Meremehkan Persela

28-07-2017 19:25

Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago mengaku timnya kalah di markas Persela Lamongan karena anak-anak asuhnya terlalu meremehkan sang tuan rumah.