JAKUBBLASZCZYKOWSKI

Jakub Blaszczykowski
Nama Lengkap : Jakub Blaszczykowski (Kuba)
Tempat Lahir : Truskolasy, Polandia
Tanggal Lahir : 14 Desember 1985 (32 Tahun)
Kebangsaan : Polandia
Klub : Fiorentina
Posisi : Gelandang
No Punggung : 16
Tinggi : 175 cm

Karir

Karir pemain bernama lengkap Jakub Blaszczykowski dimulai bersama klub divisi ketiga Polandia, Rakow Czestochowa pada tahun 2001. Setahun kemudian seorang pencari bakat bagi Gornik Zabrze melihatnya bermain dan kemudian menariknya untuk bermain bersama mereka hingga ia bergabung bersama KS Czestochowa pada 2003.

Ia membuat terobosan besar dalam karir sepak bolanya ketika pada tahun 2005 ia memutuskan untuk bergabung dengan juara Liga Polandia, Wisla Krakow dan segera menjadi pemain kunci bagi Wisla. Pada saat itu, mantan striker Polandia, Zbigniew Boniek, berkata bahwa Jakub merupakan salah satu pemain yang talentanya akan mampu bersaing di ranah Eropa kalau ia mau hengkang dari Liga Polandia. Hal tersebut didasari dengan penampilan cemerlangnya kala berseragam Wisla. Bersama Wisla Krakow, Jakub sukses memenangi Liga Polandia dan sukses memenangi penghargaan individu sebagai gelandang terbaik Liga Polandia.

Ada empat pemain dari Bundesliga Jerman yang mendapat penilaian tinggi setelah fase grup EURO 2012. Majalah olahraga Jerman, kicker, menempatkan Jakub Blaszczykowski pada peringkat atas. Sumbangan satu gol, satu assist dan tiga penampilannya yang sangat baik sayangnya tidak mampu membawa negaranya, Polandia, melaju lebih jauh di turnamen tersebut.


Jakub berhasil menggaet hati penggemar sepak bola dengan dribbling cepat yang ia tunjukkan pada setiap laga. Sayangnya meski dengan kemampuan seperti itu, ia lebih sering masuk sebagai pemain pengganti dari pada sebagai starter bagi Dortmund pada beberapa musim pertamanya kala bermain untuk die Borussen.

Pemain yang juga menjadi kapten tim nasional Polandia ini dinilai memiliki kemampuan yang baik kala berhadapan satu lawan satu dengan lawan. Bersama dengan rekan senegaranya, Lukasz Piszczek, mereka sukses membentuk kombinasi serangan melalui sayap kanan yang apik di Bundesliga. Kontribusinya bagi Dormund kala mereka memenangkan gelar dapat terlihat dari torehan enam gol dan 10 assist yang ia berikan untuk klub.

Bersama dengan Dortmund, Jakub sukses membawa die Borussen dua kali berturut – turut menjuarai Bundesliga. Hal tersebut merupakan salah satu prestasi luar biasa dimana Jakub berhasil membantu Dortmund menghentikan dominasi FC Hollywood, Bayern Munich, yang notabene memiliki pemain-pemain kelas dunia dengan skill diatas rata-rata.

Jakub dinilai memiliki kepribadian yang berwibawa. Ban kapten Tim Nasional Polandia yang ia kenakan seakan memberi gambaran bahwa ia adalah seorang pemimpin yang bersahaja. Ia juga merupakan pemain yang tidak begitu menyukai paparazzi.

Terlepas dari kenyataan bahwa Bahasa Jermannya sangat baik, ia memilih untuk tidak memberikan waktu untuk wawancara di depan kamera. Hal itu ia lakukan lantaran sang pemain lebih suka membiarkan para wartawan meliput tentang permainan sepak bolanya dari pada mereka meributkan tentang dirinya.

Jakub juga merupakan salah satu pemain yang dihormati di dalam tim. Ketika Dortmund diberikan penalti pada pertandingan melawan Hamburg, Mats Hummels awalnya melangkah untuk mengambil tendangan pinalti tersebut, tapi setelah obrolan singkat dengan pemain asal Polandia tersebut, HUmmels melangkah mundur dan memberikan kesempatan tersebut kepada Jakub yang kemudian mengirim bola dengan cepat ke pojok kiri bawah gawang Hamburg.  

Blaszczykowski melakukan debut untuk Tim Nasional Polandia di Maret 2006 di pertandingan persahabatan melawan Arab Saudi. Dua tahun kemudian, sesaat sebelum pertandingan grup pertama Euro 2008 melawan Jerman, ia mengalami cedera paha dan dikirim pulang ke Polandia guna mendapat perawatan.

Hal tersebut sangat disayangkan karena Jakub diproyeksi akan menjadi tumpuan serangan Polandia dengan kecepatan dribel dan kemampuannya dalam duel satu lawan satu. Pada pertandingan persahabatan melawan Pantai Gading tanggal 17 November 2010, ia memulai debutnya sebagai kapten Tim Nasional Polandia.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Jakub Blaszczykowski

Dortmund Beri Lampu Hijau ke Liverpool Untuk Blaszczykowsky

Dortmund Beri Lampu Hijau ke Liverpool Untuk Blaszczykowsky

19-07-2016 14:41

Bintang Timnas Polandia ini dikabarkan akan segera bereuni dengan mantan pelatihnya Jurgen Klopp di Liverpool dalam waktu dekat ini.

Masa Depan Blaszczykowski Ditentukan Usai Liburan

Masa Depan Blaszczykowski Ditentukan Usai Liburan

13-07-2016 15:45

Pihak Borussia Dortmund dikabarkan siap menggelar pertemuan dengan pihak-pihak yang terkait usai sang pemain pulang dari liburannya pasca Euro 2016.

Klopp Ingin Reuni dengan Blaszczykowski di Liverpool

Klopp Ingin Reuni dengan Blaszczykowski di Liverpool

08-07-2016 03:15

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp dikabarkan ingin klubnya mendatangkan mantan anak asuhnya di Borussia Dortmund, Jakub Blaszczykowski di bursa transfer musim panas ini.

Highlights Euro 2016: Polandia 1-1 Portugal (3-5 penalti)

Highlights Euro 2016: Polandia 1-1 Portugal (3-5 penalti)

01-07-2016 05:16

Portugal sukses melaju ke semifinal Euro 2016 usai menyingkirkan Polandia lewat drama adu penalti dalam partai perempat final yang digelar di Stade Velodrome, Marseille, Jumat (1/7) dini hari WIB.

Blaszczykowski Tak Peduli Siapa Yang Cetak Gol Lawan Portugal

Blaszczykowski Tak Peduli Siapa Yang Cetak Gol Lawan Portugal

30-06-2016 11:45

Pemain andalan Polandia, Jakub Blaszczykowski mengatakan dirinya tak peduli dengan fakta bahwa bila dirinya mencetak gol, Polandia tak pernah kalah. Menurutnya, yang paling penting adalah tim.

Blaszczykowski Kenang Kemenangan Polandia Atas Portugal Pada 2006

Blaszczykowski Kenang Kemenangan Polandia Atas Portugal Pada 2006

30-06-2016 11:16

Pemain andalan Polandia, Jakub Blaszczykowski merupakan satu-satunya pemain yang tersisa di skuat Polandia yang pernah mengalahkan Portugal pada 2006 silam.

Blaszczykowski Ingatkan Ronaldo: Sepakbola Olahraga Tim

Blaszczykowski Ingatkan Ronaldo: Sepakbola Olahraga Tim

30-06-2016 09:42

Pemain andalan Polandia, Jakub Blaszczykowski, memperingatkan Cristiano Ronaldo dkk, bahwa spirit tim akan memainkan peran penting ketika mereka menghadapi Portugal.

Shaqiri: Polandia Lebih Beruntung

Shaqiri: Polandia Lebih Beruntung

26-06-2016 04:22

Polandia berhasil mengalahkan Swiss dan melaju ke babak perempat final Euro 2016.

Pelatih Polandia: Swiss Kelas Dunia

Pelatih Polandia: Swiss Kelas Dunia

26-06-2016 03:42

Pelatih Polandia Adam Nawalka memberikan pujian atas perjuangan yang ditunjukkan Swiss saat berhadapan dengan timnya di Euro 2016.

Blaszczykowski: Setiap Saya Cetak Gol Polandia Tak Pernah Kalah

Blaszczykowski: Setiap Saya Cetak Gol Polandia Tak Pernah Kalah

26-06-2016 03:02

Jakub Blaszczykowski mengaku senang dengan kemenangan yang diraih Polandia atas Swiss di babak 16 besar Euro 2016.