FOLLOW US:

JAMESMILNER

James Milner
Nama Lengkap : James Philip Milner
Tempat Lahir : Wortley, Leeds, Inggris
Tanggal Lahir : 04 Januari 1986 (33 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Klub : Liverpool
Posisi : Gelandang
No Punggung : 7
Tinggi : 176 cm

Karir

Gelandang yang memiliki kemampuan menyerang yang baik ini merupakan salah satu gelandang yang mampu mengubah jalannya alur pertandingan. Tekad dan semangat juangnya yang tinggi kerap membantu mengangkat moral rekan-rekan satu timnya kala mereka berada dalam situasi yang sulit. Kemampuannya dalam hal kecepatan dan kekuatan juga kerap menjadi senjata dalam penyerangan yang dibangun oleh timnya.

Pemain yang memiliki nama lengkap James Philip Milner ini mengawali karirnya di dunia sepak bola bersama dengan klub kota kelahirannya, Leeds United. Ia bergabung bersama dengan akademi Leeds United kala usianya baru 10 tahun.

Bakat sepak bola Milner terlihat sejak kecil. Disamping memiliki kemampuan dalam pelajaran sekolah yang baik, Milner juga memiliki bakat yang luar biasa sebagai olahragawan. Kala bergabung dengan akademi Leeds United, ia sangat berkeinginan untuk bisa bermain di tim utama. Hal itu dikarenakan Milner adalah fans sejati klub kota kelahirannya tersebut.

Pada November 2002, Milner memulai debutnya bersama dengan tim senior Leeds United. Bagi pemain kelahiran 4 Januari ini bermain untuk tim utama Leeds adalah impiannya sejak kecil. Ia merupakan pemain termuda yang pernah bermain di level Premier League kala itu dengan usianya yang baru 16 tahun 309 hari.

Gol pertamanya juga merupakan salah satu gol yang spesial karena ia lesakkan pada usianya yang baru 16 tahun 356 hari. Selain itu, gol tersebut terasa spesial karena dengan gol tersebut, Leeds sukses meraih kemenangan 2-1 atas Sunderland pada Boxing Day 2002.

Ia mencetak gol keduanya kala melawan Chelsea sebulan setelah gol pertamanya. ia sukses memperdaya bek Chelsea, Marcel Desaily, dengan gerakan lincahnya dan kemudian melesakkan tendangan dari jarak 16 meter. Gol tersebut menjadi salah satu gol terbaik sepanjang musim. Bahkan pelatih Chelsea kala itu, Claudio Ranieri, menilai penampilan Milner sudah seperti pemain yang berpengalaman dengan ketenangan dan kemampuannya menghindari penjagaan Desaily.

Sayangnya, karir gemilangnya bersama dengan Leeds harus berakhir pada akhir musim 2003 / 2004. Permasalahan finansial yang melanda kubu Leeds mengharuskan pihak klub untuk menjual beberapa pemain inti mereka. Meski pada awalnya pihak klub enggan menjual Milner, namun pada akhirnya tawaran £3,6 juta dari Newcastle meluluhkan para petinggi klub sehingga mereka rela melepasnya.

Meski sedih atas kepergiannya dari klub yang ia cintai, Milner tetap berjuang dengan sepenuh tenaga bagi klub barunya tersebut. Ia dengan cepat menempati posisi utama dan menjadi pemain idola di kubu Newcastle. Sayangnya, hal tersebut tak bertahan lama setelah dipecatnya sang manajer, Bobby Robson, dan digantikan oleh Graeme Souness.

Di bawah arahan pelatih baru tersebut, Milner tersingkir dari jajaran pemain inti Newcastle dengan harus bermain dengan status pinjaman ke Aston Villa selama satu musim penuh. Masa peminjaman tersebut ia jalani dengan gemilang.

Ketika kembali ke Newcaslte setelah masa peminjamannya selesai, Milner mendapat posisi utama di skuat Newcastle dibawah arahan pelatih barunya Glenn Roeder. Milner barmain apik sepanjang musim dengan catatan beberapa kali umpannya sukses dikonversi menjadi gol oleh penyerang Newcastle. Sayangnya, fisiknya yang terlalu terbebani mulai menghambat permainannya. Ia sendiri harus menepi dari 9 pertandingan Newcastle.

Pada Agustus 2008, Milner resmi kembali ke Aston Villa. Namun kali ini ia kembali ke Aston Villa bukan dengan status pinjaman melainkan sebagai pemain resmi milik Aston Villa. Milner dengan segera merebut hari para fans the Villans dengan performa menawannya.

Ia sukses mengangkat performa Aston Villa dibawah arahan Martin O’Neill dengan kerap kali menyulitkan tim-tim besar Liga Inggris. Atas dasar penampilan tersebut, pihak Manchester City kemudian menaruh ketertarikan terhadap pemain kelahiran Leeds ini.

City menunjukkan keseriusannya dalam perburuan James Milner dengan tawaran £20 juta. Namun tawaran tersebut masih ditolak kubu Aston Villa dengan alasan Milner adalah pemain terbaik tim. Tawaran City akhirnya diterima dengan nominal £28,5 juta.

Bersama dengan The Citizens, Milner sukses memberikan gelar Premier League, FA Cup dan Community Shield untuk kubu Manchester Biru.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru James Milner

Pengalaman di Eropa Jadi Modal Liverpool Hadapi Barca

Pengalaman di Eropa Jadi Modal Liverpool Hadapi Barca

19-04-2019 08:15

Gelandang senior Liverpool James Milner mengatakan pengalaman bermain di Liga Champions akan menjadi modal berharga bagi timnya untuk menghadapi Barcelona.

Liverpool, Menurut Milner, Siap Tumbangkan Barca

Liverpool, Menurut Milner, Siap Tumbangkan Barca

19-04-2019 07:28

Wakil kapten Liverpool James Milner mengakui timnya siap mengalahkan Barcelona meski ia tahu itu tugas yang teramat sulit.

City Akan Bangkit Seperti Juara, Kata Milner

City Akan Bangkit Seperti Juara, Kata Milner

19-04-2019 04:35

Gelandang Liverpool James Milner memprediksi Manchester City akan bereaksi bak juara setelah mimpi mereka untuk meraih empat trofi juara sekaligus kandas.

Liverpool Berpeluang Raih Dua Gelar Juara, Reaksi Milner Biasa Saja

Liverpool Berpeluang Raih Dua Gelar Juara, Reaksi Milner Biasa Saja

17-04-2019 21:24

Gelandang Liverpool James Milner memberikan reaksi yang biasa saja saat disinggung mengenai kans timnya meraih dua trofi juara sekaligus pada musim ini.

Masa Lalu Adalah Masa Lalu, Milner Kini Siap Bawa Liverpool Kalahkan City

Masa Lalu Adalah Masa Lalu, Milner Kini Siap Bawa Liverpool Kalahkan City

14-04-2019 22:26

Gelandang Liverpool James Milner mengatakan ia sangat berhasrat ingin mengalahkan Manchester City dalam perburuan mahkota juara Premier League.

Kisah James Milner: Pernah Jadi Juara Bersama Man City, Kini Membantu Liverpool Mewujudkan Mimpi

Kisah James Milner: Pernah Jadi Juara Bersama Man City, Kini Membantu Liverpool Mewujudkan Mimpi

14-04-2019 06:30

Pemain senior Liverpool, James Milner percaya rekan setimnya sudah sangat termotivasi untuk bersaing ketat dengan Manchester City di pekan-pekan final musim ini. Dia tahu menjuarai Premier League sangatlah sulit, sebab itu skuat Liverpool harus benar-benar fokus sampai pertandingan terakhir musim ini.

Analisis: Paradoks Lini Tengah Liverpool

Analisis: Paradoks Lini Tengah Liverpool

09-04-2019 10:20

Liverpool terus dinilai membutuhkan gelandang kreatif yang bertipe ofensif seperti Philippe Coutinho, tetapi pandangan tersebut dibantah oleh sang mantan, Jamie Carragher. Menurutnya, situasi Liverpool ini cukup unik, skuat mereka bisa bermain menyerang meski tanpa kreator di lini tengah.

Klopp Diperintahkan untuk Mainkan Fabinho di Sisa Musim Ini

Klopp Diperintahkan untuk Mainkan Fabinho di Sisa Musim Ini

02-04-2019 19:40

Jurgen Klopp diperintahkan oleh John Aldridge agar berhenti memfavoritkan James Milner, Jordan Henderson atau Georginio Wijnaldum dan memainkan Fabinho di sisa musim ini.

Bahagianya Milner Mendengar Chamberlain dan Gomez Segera Merumput Lagi

Bahagianya Milner Mendengar Chamberlain dan Gomez Segera Merumput Lagi

28-03-2019 20:15

Wakil Kapten Liverpool James Milner merasa sangat senang melihat Joe Gomez dan Alex Oxlade-Chamberlain sudah pulih dari cederanya dan kini segera siap merumput kembali.

Liverpool Tidak Panik Saat Fulham Cetak Gol

Liverpool Tidak Panik Saat Fulham Cetak Gol

18-03-2019 02:46

Manajer Liverpool Jurgen Klopp menegaskan timnya tidak panik saat Fulham berhasil menyamakan skor melalui Ryan Babel.