JANVERTONGHEN

Jan Vertonghen
Nama Lengkap : Jan Bert Lieve Vertonghen
Tempat Lahir : Sint-Niklaas, Belgia
Tanggal Lahir : 24 April 1987 (29 Tahun)
Kebangsaan : Belgia
Posisi : Bek
No Punggung : 5
Tinggi : 189 cm

Karir

Setelah mengasah kemampuannya di tim junior VK Tielrode sejak tahun 1997 dan berpindah ke klub Germinal Beerchot pada tahun 2000, Vertonghen pindah ke Belanda untuk bergabung dengan tim junior AFC Ajax dengan kontrak satu tahun.

Pada awalnya ia tampil sebagai pemain tengah untuk Ajax namun seiring berjalannya waktu Vertonghen lebih nyaman untuk bermain di posisi bek tengah. Pada tanggal 23 Agustus 2006, pemain asal Belgia ini melakukan debutnya di pertandingan Liga Champion babak kualifikasi ronde tiga melawan Copenhagen dan pada akhir tahun 2006 ia menandatangani kontrak pinjaman dengan RKC Waalwijk.

Vertonghen tampil dalam 12 pertandingan dimana ia mencetak tiga gol untuk RKC. Namun pada akhir musim, klub tersebut harus terdegradasi ke Eeerste Divisie. Kemudian pemain asal Belgia ini kembali ke Ajax pada musim 2007-08 dan memperpanjang kontraknya pada tanggal 26 September 2998 yang berlaku hingga tanggal 30 Juni 2013.

Pada tanggal 1 Maret, di pertandingan melawan FC Utrecht, pemain asal Belgia ini mengalami cedera lutut dan harus absen selama satu bulan dari lapangan hijau. Dibawah pelatih baru Ajax, Martin Jol, Vertonghen tetap bertahan di posisinya sebagai bek tengah dan berhasil mencetak gol pertamanya untuk musim 2009-10 di pertandingan melawan NAC Breda. Pertandingan yang diselenggarakan pada tanggal 13 September tersebut berakhir dengan skor 6-0, kemenangan untuk Ajax.

Setelah musim dingin 2009, Ajax berhasil memenangkan sembilan pertandingan dimana enam dari sembilan pertandingan tersebut Ajax berhasil menjaga gawangnya tanpa ada satu bola pun yang masuk ke gawang klub tersebut. Vertonghen berperan penting dalam sembilan pertandingan tersebut.

Pada musim 2011-12, Vertonghen membawa pulang gelar pemain terbaik Ajax dan dipilih oleh pelatih baru, De Boer, untuk menjadi kapten kesebelasan tersebut. Keputusan pelatih De Boer membawa efek yang baik untuk klub dimana Vertonghen berhasil  membawa Ajax menempati posisi ke-dua pada akhir musim.

Pada tanggal 8 Juli 2012, pemain sepak bola asal Belgia ini menandatangani kontrak dengan Tottenham Hotspur. Ia memulai debutnya di pertandingan persahabatan melawan Brentford yang diselenggarakan pada tanggal 14 Juli. Pertandingan tersebut kemudian berakhir dengan skor 3-2, kemenangan untuk Hotspur.

Ia mencetak gol pertamanya di pertandingan Piala Liga melawan Carlisle United yang diselenggarakan pada tanggal 26 September. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-0, kemenangan untuk Tottenham Hotspur.

Pemain asal Belgia ini mencetak gol liga pertamanya di pertandingan melawan Manchester United yang diselenggarakan di kandang MU, Old Trafford. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-3, kemenangan untuk Spurs.

Ia sempat membawa pulang gelar Player of the Month Liga Premier Inggris pada bulan Maret 2013 atas performanya yang baik di Tottenham Hotspur.

Vertonghen memulai karir internasionalnya bersama dengan tim nasional Belgia U-21 sejak tahun 2006 dan tampil di kejuaraan UEFA U-21 pada tahun 2007.

Ia melakukan debut internasionalnya di pertandingan melawan Portugal bersama dengan tim senior Belgia. Pertandingan yang diselenggarakan pada tanggal 2 Juni 2007 tersebut berakhir dengan skor 2-1, kemenangan untuk Portugal.

Pemain bernomor punggung 5 ini juga terpilih untuk tampil disemua pertandingan kejuaraan Olympics tahun 2008 dimana Belgia berhasil menempati posisi ke-empat. Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2010 ia tampil sebagai pemain tetap sebagai bek tengah bersama dengan teman se-klubnya di Ajax, Thomas Vermaelen.

Pemain asal Belgia ini berhasil mencetak gol internasional pertamanya pada tanggal 12 Agustus 2009 di pertandingan persahabatan melawan Republik Ceko dimana Belgia kalah dengan skor akhir 3-1.

Pada tanggal 7 September 2009 di pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2009 melawan Spanyol, Vertonghen mengalami cedera pada menit ke-29 dan harus digantikan. Pertandingan berakhir dengan skor 5-0, kekalahan untuk Belgia.

Pada tanggal 29 Maret 2011, ia kembali mencetak gol di pertandingan babak kualifikasi Euro 2012 melawan Azerbaijan. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 4-1, kemenangan untuk Belgia.

Vertonghen berhasil mencetak gol internasional ke-empatnya di pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia FIFA tahun 2014 melawan Wales. Pertandingan yang diselenggarakan pada tanggal 7 September 2012 tersebut berakhir dengan skor akhir 2-0, kemenangan untuk Belgia.


Oleh: Baby Nabilah

Berita Terbaru Jan Vertonghen

Vertonghen Sebut Lukaku Siap 'Meledak' di MU

Vertonghen Sebut Lukaku Siap 'Meledak' di MU

12-10-2017 12:05

Romelu Lukaku sudah siap untuk kembali beraksi di pertandingan antara Manchester United dan Liverpool akhir pekan ini.

Vertonghen Anggap Lukaku Tak Jauh Beda dari Kane

Vertonghen Anggap Lukaku Tak Jauh Beda dari Kane

12-10-2017 11:30

Jan Vertonghen mengakui akan sulit untuk memilih antara Harry Kane dan Romelu Lukaku di ajang perebutan Sepatu Emas Premier League.

Vertonghen Sebut Hazard Sosok yang Murah Hati

Vertonghen Sebut Hazard Sosok yang Murah Hati

10-10-2017 14:20

Bek Tottenham, Jan Vertonghen, memuji rekan setimnya di Belgia, Eden Hazard, yang memberinya kesempatan untuk menjadi kapten timnas, ketika mereka menang 4-3 atas Bosnia.

Start Spurs Lamban, Vertonghen Bandingkan dengan Man City

Start Spurs Lamban, Vertonghen Bandingkan dengan Man City

24-09-2017 04:40

Bek Tottenham, Jan Vertonghen, berkeras bahwa mereka sama sekali tidak terganggu dengan start lamban yang mereka catat di musim kompetisi kali ini.

Vertonghen: Spurs Akan Pertahankan Semua Bintang

Vertonghen: Spurs Akan Pertahankan Semua Bintang

09-06-2017 10:10

Bek Tottenham, Jan Vertonghen, mengatakan bahwa ia yakin klub akan mampu mempertahankan semua pemain bintang mereka di musim panas.

Vertonghen Nantikan Reaksi Chelsea di Bursa Juara

Vertonghen Nantikan Reaksi Chelsea di Bursa Juara

01-05-2017 14:20

Usai menundukkan Arsenal di derby London Utara di White Hart Lane, Jan Vertonghen berharap Tottenham bisa membuat Chelsea merasakan panasnya persaingan di bursa juara.

Vertonghen Tak Gentar Hadapi Chelsea di Piala FA

Vertonghen Tak Gentar Hadapi Chelsea di Piala FA

17-04-2017 13:10

Jan Vertonghen mengakui bahwa Spurs tidak akan menunjukkan rasa takut ketika mereka menghadapi Eden Hazard dan Diego Costa di semifinal Piala FA akhir pekan ini.

Vertonghen Serukan Semangat Pantang Menyerah Kejar Chelsea

Vertonghen Serukan Semangat Pantang Menyerah Kejar Chelsea

07-04-2017 07:20

Tottenham masih bermimpi untuk bisa memenangkan Premier League, menurut bek mereka, Jan Vertonghen.

Vertonghen Berharap Chelsea Kalah Lagi

Vertonghen Berharap Chelsea Kalah Lagi

04-04-2017 12:30

Tottenham akan terus memberikan tekanan pada pemuncak klasemen Premier League, Chelsea, menurut Jan Vertonghen.

Vertonghen: Kejar Chelsea Akan Sulit

Vertonghen: Kejar Chelsea Akan Sulit

25-03-2017 19:00

Bek Tottenham, Jan Vertonghen, mengakui bahwa harapan timnya untuk meraih sukses di Premier League sepertinya harus menunggu semusim lagi, karena Chelsea tengah tampil amat bagus.