JEREMYMENEZ

Jeremy Menez
Nama Lengkap : Jeremy Menez
Tempat Lahir : Longjumeau, Prancis
Tanggal Lahir : 07 Mei 1987 (30 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Klub : Bordeaux
Posisi : Penyerang
No Punggung : 7
Tinggi : 181 cm

Karir

Jérémy Ménez lahir di Longjumeau, sebuah desa kecil di pinggiran kota Paris. Ia biasa beroperasi sebagai penyerang dan juga pemain sayap. Ménez dianggap sebagai pemain yang memiliki kemampuan tendangan yang sama baiknya antara kaki kiri dan kanan.

Ménez saat ini bermain di raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain. Ménez mewarisi bakat dan minat sepakbolanya dari ayah dan juga kakak kandungnya yang juga bermain sepakbola di klubnya masins-masing.

Ménez yang dari kecil sudah mendukung Paris Saint-Germain, kemudian bergabung dengan klub CA Vitry. Berada setahun di CA Vitry, kemudian Ménez berpindah menuju Centre de Formation de Paris untuk lebih memfokuskan permainannya. Saat itu, CFF Paris adalah sebuah klub yang berfokus pada pembinaan pemain berusia dibawah 19 tahun.

Di CFF Paris, ia sempat berselisih dengan pelatih yang membuatnya memutuskan untuk pindah setelah lima tahun disana. Ménez menuju CSF Brétigny, klub lokal Paris yang juga pernah melatih Patrice Evra dan Jimmy Briand.

Kemudian ia berpindah ke klub yang lebih besar, Sochaux. 3 tahun berada di tim muda Sochaux, Ménez berhasil menembus tim utama dan menandatangani kontrak 3 tahun pada 24 Maret 2004. Sebelum masuk ke tim senior, Ménez sudah menarik perhatian klub Eropa seperti Arsenal dan Manchester United. Bahkan Manchester United dianggap sudah melakukan pendekatan personal.

Ménez memutuskan tidak pindah kemanapun dan menetap di Sochaux. Ia kemudian menjalani laga perdananya bersama tim senior pada musim 2004-2005 dan menjadi pemain termuda yang menandatangani kontrak profesional dan bermain di Ligue 1.

Rekor pun kembali Ménez torehkan saat ia mencetak hattrick ke gawang Bordeaux. Ia menjadi pemain termuda dalam sejarah liga yang melakukannya hanya dalam kurun waktu 7 menit. Ménez sudah menjadi pemain reguler meskipun terkadang ia memulai dari bangku cadangan.

Menjalani peran yang lebih sentral pada musim 2005-2006, Ménez hanya mampun membawa Sochaux duduk di peringkat 15. Ini membuat isu kepindahan Ménez menguat. Ketertarikan dari beberapa klub Perancis dan raksasa Inggris, Arsenal pun terungkap.

Ménez pun akhirnya pindah ke Monaco pada Juni 2006. Di Monaco, ia bermain selama 2 musim. Gol pertamanya ia cetak saat Monaco mengalahkan Le Mans 2-1 pada 30 September. Manchester United dan Liverpool sempat dikabarkan berminat saat Ménez kesulitan untuk tampil reguler dibawah pelatih baru Monaco.

Akan tetapi Ménez tidak pergi kemana-mana. Di tahun berikutnya, Ménez mulai menemukan performanya meskipun sempat terganggu oleh cedera selakangan yang memaksanya absen 2 bulan. Di musim terakhirnya, Ménez sempat mengalami cedera lagi yang membuatnya istirahat selama 4 bulan.

Pada Agustus 2008, dikabarkan bahwa sudah terjadi kesepakatan antara AS Roma dan Monaco untuk Ménez. Dengan kontrak 4 tahun, Ménez menjalani laga debutnya saat melawan Napoli. Gol debutnya terjadi 6 Desember saat AS Roma mengalahkan Chievo 1-0.

Ménez sempat menjalani karir musim terendah pada musim 2009-2010 dan mendapat kritikan dari rekan setim serta pelatih. Isu transfer pun berkembang, tapi Ménez lebih memilih tinggal.

Musim selanjutnya juga bukanlah musim yang baik baginya. Di bawah asuhan 2 pelatih, Claudio Ranieri dan Vincenzo Montella, Ménez banyak memulai permainannya dari bangku cadangan. Bahkan pada 21 April 2011, ia sempat berselisih dengan Montella. Mobilnya pun juga pernah dirusak saat setelah hasil imbang Roma melawan Inter Milan.

25 Juli 2011, Ménez kemudian berpindah klub dan kembali ke Perancis bergabung dengan Paris Saint-Germain. Dibawah asuhan pelatih Antoine Kombouare yang kemudian digantikan Carlo Ancelotti, Ménez menjalani musim yang bagus dengan mencetak 7 gol dan 12 assist dari 33 pertandingan.

Selama menjalani karirnya sebagai pemain muda, Ménez pernah membela Timnas Perancis di berbagai level, mulai dari U-16 sampai U-21. Di tim muda Perancis, Ménez di kenal sebagai Génération 1987 bersama Hatem Ben Arfa, Karim Benzema, dan Samir Nasri. Karirnya di timnas cukup sukses karena ia pernah memenangi UEFA Europe U-17 Championship.

Ménez kemudian dipanggil ke Timnas senior pada 5 Agustus 2010 dan menandai debutnya di laga persahabatan melawan Norwegia. Gol pertamanya ia cetak di laga persahabatan lainnya melawan Estonia yang berakhir dengan kemenangan Perancis 4-0.   
 
Oleh: Faris Faishal
 

Berita Terbaru Jeremy Menez

Nasri Tolak AC Milan Karena Menez

Nasri Tolak AC Milan Karena Menez

10-10-2017 21:28

Eks gelandang Manchester City Samir Nasri mengaku pernah menolak tawaran dari AC Milan demi gabung dengan klub Turki Antalyaspor berkat bujukan Jeremy Menez.

Pindah ke PSG, Neymar Dianggap Bijaksana

Pindah ke PSG, Neymar Dianggap Bijaksana

26-09-2017 08:20

Bintang muda Bordeaux, Malcolm, percaya bahwa kompatriotnya, Neymar, sudah membuat keputusan bijak dengan meninggalkan Barcelona untuk bergabung bersama PSG.

Jeremy Menez Resmi Gabung Klub Turki Antalyaspor

Jeremy Menez Resmi Gabung Klub Turki Antalyaspor

10-06-2017 02:52

Jeremey Menez resmi gabung dengan klub Turki Antalyaspor dari Bordeaux. Tak diungkapkan berapa dana yang harus dikeluarkan untuk mendapat servis pemain asal Prancis ini.

Head-to-head: AC Milan vs Cagliari

Head-to-head: AC Milan vs Cagliari

05-01-2017 16:04

Milan selalu menang dalam 11 laga kandang terakhirnya melawan Cagliari di Serie A atau sejak musim 2004/05. Terakhir, pada musim 2014/15, Milan menang 3-1 di San Siro berkat gol-gol Jeremy Menez (2) dan Philippe Mexes.

Bikin Telinga Menez Putus, Ndong Minta Maaf

Bikin Telinga Menez Putus, Ndong Minta Maaf

04-08-2016 18:30

Gelandang Lorient, Didier Ndong, mengucapkan permintaan maaf secara resmi pada Bordeaux dan Jeremy Menez atas terjadinya insiden yang membuat telinga striker tersebut putus.

Mengerikan, Telinga Menez Putus Saat Jalani Debut di Bordeaux!

Mengerikan, Telinga Menez Putus Saat Jalani Debut di Bordeaux!

04-08-2016 07:17

Sungguh apes nasib Jeremy Menez. Penyerang sayap Prancis tersebut harus mengalami cedera mengerikan saat menjalani debut di klub barunya, Bordeaux dini hari tadi.

Menez Dikontrak Bordeaux Tiga Tahun, Diberi Nomor 7

Menez Dikontrak Bordeaux Tiga Tahun, Diberi Nomor 7

02-08-2016 14:32

Jeremy Menez resmi bergabung dengan Bordeaux dari AC Milan. Penyerang Prancis itu pun sudah menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan klub barunya.

Jeremy Menez Resmi Hengkang Dari AC Milan

Jeremy Menez Resmi Hengkang Dari AC Milan

01-08-2016 09:54

Striker 29 tahun ini resmi dipinang oleh klub asal Prancis, Bordeaux beberapa saat yang lalu.

Diminati Tim Gurem, Menez Ogah Tinggalkan Milan

Diminati Tim Gurem, Menez Ogah Tinggalkan Milan

20-07-2016 17:26

Jeremy Menez dalam beberapa kesempatan mengatakan bahwa ia ingin segera meninggalkan AC Milan pada bursa transfer.

Menez Kemungkinan Besar Akan Tinggalkan AC Milan

Menez Kemungkinan Besar Akan Tinggalkan AC Milan

22-06-2016 02:49

Agen dari Jeremy Menez mengungkapkan bahwa musim depan kliennya itu kemungkinan besar tak akan bermain lagi bagi AC Milan.