Nama Lengkap : Charles Joseph John Hart
Tempat Lahir : Shrewsbury, Inggris
Tanggal Lahir : 19 April 1987 (30 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Klub : West Ham
Posisi : Kiper
No Punggung : 1
Tinggi : 196 cm

Karir

Penjaga gawang yang memiliki visi baik di lapangan ini kerap menjadi penyelamat bagi timnya. Kemampuannya mengatur lini belakang tim menjadi nilai lebih yang dimiliki oleh penjaga gawang kelahiran Shrewsbury ini. Tak jarang reflek dan kemampuannya mengorganisir lini belakang sukses membawa tim yang ia bela memenangi pertandingan.

Joe Hart mengawali karirnya bersama dengan klub asal kota kelahirannya, Shrewsbury Town. Ia sudah bermain untuk Shrewsbury sejak di tim akademi dan memperlihatkan prospek dan perkembangan yang positif. Hart kerap berlatih dan turut serta dalam rombongan Shrewsbury Town sejak usianya masih 15 tahun. Meski demikian, Hart belum dimainkan di tim utama hingga usianya yang ke 17 tahun.

Debutnya bersama tim utama Shrewsbury Town terjadi pada 20 April 2004, hanya berselang 1 hari setelah ulang tahunnya yang ke 17. Meski sudah menunjukkan performa positif di usia muda, namun penampilan Joe Hart di level utama masih belum teruji. Ia masih kalah pengalaman dengan pemain-pemain lain. Hal itu terbukti dari jumlah gol yang masuk ke gawangnya pada laga debutnya. 3 gol melesat ke gawangnya tanpa bisa ia hadang.

Pada musim 2005/2006, Hart mulai menunjukkan kemampuannya. Perlahan tapi pasti ia mulai bisa menembus starting eleven Shrewsbury dan pada akhirnya menjadi pilihan utama untuk posisi penjaga gawang. Meski ia memiliki rata-rata jumlah kebobolan lebih dari 1 gol tiap pertandingan, namun prformanya di lapangan mendapat pujian dari banyak pihak.

Ia juga dimasukkan kedalam skuat Inggris U-19 yang akan berlaga pada laga fase kualifikasi UEFA U-19. Hal itu membuat banyak klub liga Premier tertarik untuk mendatangkannya. Sebut saja Everton, Arsenal, Manchester City dan Chelsea yang serius menunjukkan minatnya terhadap kiper muda ini.

Kala Hart sibuk mempersiapkan diri bersama dengan tim nasional Inggris U-19, pihak Manchester City mengumumkan tuntasnya proses transfer Hart ke kubu Manchester biru. Kala berseragam The Citizens, Hart menjalani laga debutnya kala kiper-kiper City, Andreas Isaksson dan Nicky Weaver, mengalami cedera sebelum laga melawan Sheffield United. Pada laga tersebut, Hart sukses menjaga keperawanan gawangnya.

Pada 2007, karir Hart dipenuhi dengan status pinjaman. Januari 2007, Joe Hart resmi dipinjamkan ke Tranmere Rovers. Meski ia hanya bermain 6 kali dan kebobolan hingga 8 gol, penampilannya cukup memuaskan sehingga namanya juga turut dimasukkan ke dalam sususan pemain tim nasional Inggris U-21 dibawah arahan Stuart Pearce.

Pada April 2007, Hart bergabung bersama dengan Blackpool dengan status pinjaman. Bersama dengan Blackpool, ia bermain 5 kali dengan kesemuanya berakhir dengan kemenangan, termasuk pertandingan debutnya bersama dengan Blackpool yang berakhir dengan clean sheet kala Blackpool mengalahkan Huddersfield Town.

Sekembalinya dari masa peminjaman, Hart pulang ke markas City dan mengambil posisi utama penjaga gawang. Hal itu didasari oleh penampilan imresifnya selama masa peminjaman. Setelah Isaksson hijrah ke PSV, Hart mengambil alih nomor 1 di skuat The Citizens.

Sayangnya, dengan datangnya Shay Given pada Juni 2009, Hart yang masih terbilang muda harus rela dipinjamkan ke Birmingham. Penampilannya bersama dengan Birmingham terbilang sangat impresif dengan mengemas 36 penampilan sepanjang musim. Berkat penampilan apiknya, Hart dinominasikan sebagai PFA Young Player of the Year pada 2010 bersama dengan Rooney, Fabregas dan Milner.

Setelah ia kembali dari masa peminjaman yang impresif di Birmingham, Hart kembali ke City dan kembali mengambil posisi utama dari Shay Given. Ia tampil apik dengan menjadi man of the match pada pertandingan pembukaan musim 2010/2011 kala berlaga melawan Tottenham. Bersama dengan City, Hart sukses membantu the Citizens memboyong trofi Premier League musim 2011/2012 dan piala FA musim 2010/2011.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Joe Hart

Legenda Inggris Dukung Joe Hart Jadi Bintang di Piala Dunia

Legenda Inggris Dukung Joe Hart Jadi Bintang di Piala Dunia

25-10-2017 15:10

Legenda Arsenal, David Seaman, mendukung kiper West Ham, Joe Hart, untuk menjadi bintang bersama timnas Inggris di Piala Dunia 2018.

Sering Jadi Sasaran Kritik, Hart Dibela Sang Bos

Sering Jadi Sasaran Kritik, Hart Dibela Sang Bos

13-10-2017 15:00

Manajer West Ham, Slaven Bilic, mendukung Joe Hart, mengatakan bahwa sang kiper sudah dikritik dengan tidak adil dan menjadi target mudah bagi media Inggris.

Inggris ke Rusia 2018, Hart Klaim Tak Peduli Kritik

Inggris ke Rusia 2018, Hart Klaim Tak Peduli Kritik

06-10-2017 07:10

Joe Hart berkeras bahwa ia tidak terlalu peduli dengan kritik usai menunjukkan penampilan terbaik ketika Inggris memastikan lolos ke Piala Dunia.

Hart: Harry Kane is Hot!

Hart: Harry Kane is Hot!

04-10-2017 21:43

Ketajaman yang ditunjukkan oleh Harry Kane di level klub diharapkan bisa menular ke timnas Inggris. Sang bomber pun diharap bisa membawa Inggris meraih kemenangan di laga Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Hart Klaim City Bikin Masa Depannya Suram

Hart Klaim City Bikin Masa Depannya Suram

04-10-2017 15:40

Kiper West Ham, Joe Hart, mengatakan bahwa Manchester City sudah membuat masa depan karirnya semakin suram.

Diakui Messi Terbaik, Kiper Ini Akui Karirnya Gagal

Diakui Messi Terbaik, Kiper Ini Akui Karirnya Gagal

03-10-2017 11:10

Joe Hart, penjaga gawang yang dianggap Lionel Messi sebagai salah satu kiper terbaik dunia, mengatakan bahwa karirnya di timnas Inggris tak bisa dianggap sukses hingga ia membantu timnya meraih sukses di sebuah turnamen.

Hart: Guardiola Tak Beri Saya Kesempatan yang Adil

Hart: Guardiola Tak Beri Saya Kesempatan yang Adil

03-10-2017 08:50

Joe Hart berkeras ia tidak peduli soal alasan mengapa Josep Guardiola menyingkirkannya dari Manchester City, karena hal tersebut takkan berpengaruh apapun pada kehidupannya.

Tampil Buruk, Hart Dibela Mantan Kiper Chelsea

Tampil Buruk, Hart Dibela Mantan Kiper Chelsea

26-09-2017 08:00

Mark Schwarzer mendukung Joe Hart untuk bermain bagus di West Ham, usai mencatat start sulit sejak kembali ke Premier League.

Neville: Klopp Seharusnya Beli Hart

Neville: Klopp Seharusnya Beli Hart

16-09-2017 17:30

Neville menilai Hart bisa menjadi tambahan yang bagus bagi sektor penjaga gawang The Reds.

Hart Ingatkan Dele Alli Soal Gestur Jari Tengah

Hart Ingatkan Dele Alli Soal Gestur Jari Tengah

06-09-2017 12:00

Kiper Inggris, Joe Hart, memberikan peringatan pada rekannya Dele Alli, usai sang gelandang tertangkap kamera TV mengacungkan jari tengahnya.