JOSEENRIQUE

Jose Enrique
Nama Lengkap : Jose Enrique Sanchez Diaz
Tempat Lahir : Valencia, Spanyol
Tanggal Lahir : 23 Januari 1986 (30 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : -
Posisi : Bek
No Punggung : -
Tinggi : 184 cm

Karir

Jose Enrique Sanchez Diaz, pemain berkewarganegaraan Spanyol ini sudah mengenal sepak bola sejak bergabung dengan klub Levante UD.

Awalnya, sejak berumur 7 tahun, Enrique, panggilan akrabnya, adalah atlit lari yang memiliki kecepatan yang tak diragukan. Sempat bergabung dengan klub lari di Valencia, Enrique juga diperkirakan memiliki prospek yang sangat bagus di bidangnya. Ketika dia beranjak 16 tahun, dia menghadapi dilema dalam melanjutkan karir sebagai atlit pelari cepat atau menjadi pemain sepak bola. Pada akhirnya, Enrique memilih untuk melanjutkan karir sebagai pemain sepak bola dan bergabung bersama Levante.

Setelah itu, Enrique bergabung dengan tim di kota kelahirannya, Valencia CF, untuk musim 2005-2006. Valencia mengirimnya untuk bermain bersama Celta de Vigo dengan status sebagai pemain pinjaman dalam jangka waktu yang cukup lama.

Setelah bermain dengan sangat brilian di beberapa pertandingan di de Vigo, pemuda yang lahir pada 23 Januari 1986 ini hengkang dari Valencia dan resmi bergabung dengan klub Spanyol lainnya, Villarreal. Namanya pun semakin di kenal di kancah sepak bola Spanyol seiring dengan talentanya yang semakin berkembang selama musim 2006-2007.

Pada awal Agustus 2007, telah dikonfirmasi bahwa Enrique telah bergabung secara resmi dengan klub asal Inggris, Newcastle United, dengan jangka waktu kontrak 5 tahun. Penampilan debutnya bersama Newcastle saat melawan Barnsley dan bermain selama 90 menit dengan hasil akhir kemenangan 2-0 bagi klub. Debutnya di Liga Premier adalah pada 23 September 2007 sebagai pemain pengganti melawan Wet Ham United.

Namun, penampilan Enrique di musim 2007-2008 bisa dibilang sangat jarang. Manajer klub mengungkapkan dengan alasan Enrique saat itu masih sangat muda.

Ketika dimainkan, Enrique menunjukkan bahwa dia adalah pemain yang cakap dan memiliki kemampuan tackling yang cukup baik. Dia juga mendapat pujian atas kemampuan passing jauhnya yang sangat akurat dengan kaki kirinya.

Saat Newcastle mengalami degradasi dan menjual beberapa pemain andalannya, Enrique menolak untuk bergabung dengan klub lain dan tetap gigih membela klubnya.

Performa Enrique mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari fans Newcastle hingga dia mendapat penghargaan sebagai Player of the Season di klub pada musim 2009-2010.

Enrique mencetak gol pertama dan semata wayangnya untuk klub melawan Nottingham Forest dengan hasil akhir 2-0 dan membuahkan kemenangan pada 29 Maret 2010.

Pada 11 Agustus 2011, telah dikonfirmasi di website resmi Liverpool bahwa Enrique resmi bergabung klub. Sebelum bermain, Enrique dan pihak klub menyetujui bahwa dia akan menjalani bebeapa tes medis di Merseyside.

Dua hari setelah resmi bergabung, Enrique melakukan debutnya untuk Liverpool di pertandingan pertama musim 2011-2012, melawan Sunderland dengan hasil akhir imbang 1-1. Di pertandingan keduanya, Enrique mendapatkan gelar Man of the Match setelah klub menang 2-0 melawan Arsenal di Stadion Emirates.

Keberadaannya di klub mampu memberikan kontribusi yang baik untuk kemenangan Liverpool di beberapa pertandingan. Beberapa penghargaan pun diterima Enrique selama membela Liverpool. Ia terpilih menjadi pemain terbaik yang dikontrak Liverpool dengan prosentase 74.5% voting dari fans.

Di samping itu, Enrique juga terpilih salah satu Pemain Terbaik di paruh musim Liga Premier oleh ESPN.com. Liverpool berhasil menyabet gelar juara League Cup kedua kalinya pada Februari 2012.

Pada April 2012, Enrique pernah dimainkan di posisi penjaga gawang karena penjaga gawang Liverpool saat itu, Pepe Reina, dikeluarkan setelah insiden Head-butt dengan pemain Newcastle.

Gol pertamanya untuk Liverpool tercipta di menit 65 saat melawna Wigan Athletic pada pertengahan November 2012.

Pengalamannya di kancah internasional sudah dirintis ketika dia menjadi salah satu pemain tim nasional Spanyol U-16 pada 2001. Kontribusinya untuk tim negaranya pun tetap berlanjut saat dia memperkuat tim Spanyol U-20 dan U-21 hingga tahun 2008.


Sejauh ini, Enrique masih belum mendapat panggilan untuk bergabung bersama Timnas 184senior Spanyol.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Jose Enrique

Dibuang Liverpool, Enrique Ditampung Zaragoza

Dibuang Liverpool, Enrique Ditampung Zaragoza

08-09-2016 04:41

Jose Enrique akhirnya memilih bergabung dengan Real Zaragoza.

Dilepas Liverpool, Jose Enrique Diminati Tiga Klub EPL

Dilepas Liverpool, Jose Enrique Diminati Tiga Klub EPL

29-07-2016 11:10

Bek berusia 30 tahun ini dikabarkan diminati oleh tiga klub Premier League, yaitu West Bromwich Albion, Crystal Palace, dan West Ham United.

Sambut Musim Baru, Mamadou Sakho Ganti Nomer Punggung

Sambut Musim Baru, Mamadou Sakho Ganti Nomer Punggung

19-07-2016 10:17

Ia akan menangggalkan nomer 17 yang selama ini ia pakai dan menggantinya ke nomer punggung 3.

Deretan WAGs Cantik Liverpool Meriahkan Pesta Ulang Tahun Enrique

Deretan WAGs Cantik Liverpool Meriahkan Pesta Ulang Tahun Enrique

30-01-2016 05:29

Jose Enrique mungkin sudah jarang bermain bagi tim utama Liverpool, terutama di musim ini. Meski demikian, ia masih menjalin hubungan dekat dengan para pemain The Reds lainnya.

Liverpool Incar Bek Muda Portugal

Liverpool Incar Bek Muda Portugal

04-01-2016 02:09

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, dikabarkan bakal berusaha memboyong bek kiri muda asal Portugal, Raphael Guerreiro, pada Januari 2016 ini.

Enrique Anggap Ibe Lebih Hebat Ketimbang Sterling

Enrique Anggap Ibe Lebih Hebat Ketimbang Sterling

14-08-2015 00:54

Jose Enrique menyebut kepergian Raheem Sterling bakal bisa tergantikan oleh Jordon Ibe yang dinilainya memiliki skill lebih hebat.

Enrique Sebut Benteke & Sturridge Akan Jadi Duet Maut di EPL

Enrique Sebut Benteke & Sturridge Akan Jadi Duet Maut di EPL

14-08-2015 00:29

Christian Benteke disebut Jose Enrique bakal cocok bermain dengan Daniel Sturridge dan keduanya akan menjadi salah satu duet penyerang terbaik di Premier League.

Enrique: Gerrard Harus Digantikan Pemain Selevel Messi

Enrique: Gerrard Harus Digantikan Pemain Selevel Messi

14-08-2015 00:02

Jose Enrique menyebut untuk bisa menggantikan pemain seperti Steven Gerrard, Liverpool harus mendatangkan pemain yang selevel dengan superstar Barcelona, Lionel Messi.

Enrique: Liverpool Telah Mengasingkan Saya, Balotelli dan Borini

Enrique: Liverpool Telah Mengasingkan Saya, Balotelli dan Borini

13-08-2015 08:25

Defender Liverpool Jose Enrique mengkritik kebijakan klub yang telah mengasingkan dirinya serta dua rekan setimnya Mario Balotelli dan juga Fabio Borini.

Enrique: Suarez Masuk Lima Besar Pemain Terbaik Dunia

Enrique: Suarez Masuk Lima Besar Pemain Terbaik Dunia

13-08-2015 02:46

Bek Liverpool, Jose Enrique, menyebut Luis Suarez masuk dalam daftar lima pemain terbaik dunia saat ini.