FOLLOW US:

Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (55 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

Mourinho Tegaskan Tak Akan Gila-gilaan Musim Panas Mendatang

Mourinho Tegaskan Tak Akan Gila-gilaan Musim Panas Mendatang

15-04-2018 19:38

Manajer Manchester United Jose Mourinho menegaskan timnya tak akan beraktivitas gila-gilaan di bursa transfer pemain musim panas nanti hanya demi menutup jarak kualitas timnya dengan Manchester City.

Blind Pede Dipertahankan Mourinho

Blind Pede Dipertahankan Mourinho

15-04-2018 03:15

Blind menilai ia masih mendapat kepercayaan penuh dari Jose Mourinho sehingga ia hanya perlu berjuang untuk merebut tempatnya kembali.

Mourinho Indikasikan MU Tidak Beli Striker Lagi

Mourinho Indikasikan MU Tidak Beli Striker Lagi

15-04-2018 01:00

Mourinho menyebut bahwa ia kemungkinan tidak membeli striker lagi karena ingin memaksimalkan sumber daya yang ada.

Mourinho: MU Harus Amankan Runner Up

Mourinho: MU Harus Amankan Runner Up

15-04-2018 00:45

Mourinho menyebut timnya perlu konsisten meraih tiga poin agar mengamankan status runner up.

Mourinho: West Brom Akan Buat MU Kesulitan

Mourinho: West Brom Akan Buat MU Kesulitan

15-04-2018 00:30

Mourinho menilai West Brom tengah berada dalam situasi yang sulit, sehingga mereka akan tampil all out untuk keluar dari posisi tersebut.

Hadapi West Brom, MU Nyaris Full Team

Hadapi West Brom, MU Nyaris Full Team

15-04-2018 00:15

Setan Merah dikabarkan bisa menurunkan susunan tim terbaik mereka saat menjamu West Bromwich Albion nanti malam.

MU Kalahkan Man City, Mourinho Masih Belum Puas

MU Kalahkan Man City, Mourinho Masih Belum Puas

14-04-2018 15:00

Manchester United sukses melancarkan epic comeback saat melawan Manchester City pekan lalu. Tertinggal dua gol hingga paruh waktu, MU kemudian membalas tiga gol di babak kedua dan mencuri poin penuh dari Etihad Stadium.

Ditanya Soal Tuntutan Main Martial, Ini Jawaban Mourinho

Ditanya Soal Tuntutan Main Martial, Ini Jawaban Mourinho

14-04-2018 07:40

Jose Mourinho memilih menanggapi rumor protes Anthony Martial dengan santai.

MU Hanya Bagus Saat Kepepet

MU Hanya Bagus Saat Kepepet

13-04-2018 14:43

Crook menilai setan merah terlalu cepat puas saat unggul sehingga mereka tidak tampil maksimal dan hanya tampil bagus saat mereka tersudut.

Lagi, Willian Tolak Halus Tawaran MU

Lagi, Willian Tolak Halus Tawaran MU

13-04-2018 12:51

Willian memberikan indikasi akan menolak tawaran itu karena ia merasa bahagia berada di Chelsea.