FOLLOW US:

Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Felix Mourinho (The Special One)
Tempat Lahir : Setubal, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963 (56 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Klub : -
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 174 cm

Karir

Jose Mario dos Santos Felix Mourinho yang lebih dikenal dengan panggilan Jose Mourinho, lahir di Setuba, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963. Dia adalah putra dari kiper berkebangsaan Portugal, Felix. Mourinho memulai karirnya sebagai pemain tetapi dia tidak puas karirnya dan lebih memilih beralih ke urusan manajerial.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai asisten manajer dan pelatih tim muda di awal tahun 90-an, dia menjadi penerjemah bagi Bobby Robson. Mourinho belajar banyak dari pelatih veteran tersebut dan bekerja bersamanya di klub besar Portugal seperti Sporting Clube de Portugal, FC Porto, dan klub raksasa Spanyol Barcelona.

Kemudian dia mulai fokus untuk melatih dan menorehkan sukses dalam kepelatihan singkatnya di Benfica dan Uniao de Leiria. Mourinho kembali ke Porto pada tahun 2002, dan kali ini sebagai pelatih kepala. Tidak lama kemudian dia sukses membawa Porto menjadi juara Liga POrtugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Mourinho pindah ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil memenangkan gelar Liga Inggris 2 tahun berturut-turut pada 2005 dan 2006, beserta gelar domestik lainnya. Dia sering menyulut kontroversi dengan keterus-terangannya. Tetapi kegemilangannya di Porto dan Chelsea menjadikannya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia, yang diakui oleh rekan dan media. Dia dinobatkan menjadi manajer terbaik di dunia oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) untuk musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Setelah berselisih dengan para tetinggi Chelsea, dia pindah ke Seri A dan menandatangani kontrak 3 tahun dengan Inter Milan pada pertengahan tahun 2008. Dalam 3 bulan, Mourinho berhasil memenangkan Piala Super Italia sebagai gelar pertamanya di Italia. Dia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan memenangkan gelar juara Liga Italia Seri A.

Sukses bersama dengan Inter Milan, Mourinho kemudian melanjutkan kiprahnya ke Liga Spanyol bersama dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua. Sayang hubungan tidak harmonis antara Mou dengan pemain membuat pelatih asal Portugal ini harus mengakhiri kerjasama dengan Los Blancos lebih awal di tahun 2013 dan kembali ke Inggris untuk menangani Chelsea.

Berita Terbaru Jose Mourinho

Diisukan Incar Mourinho, Presiden Lyon: Kami Tak Sanggup Bayar!

Diisukan Incar Mourinho, Presiden Lyon: Kami Tak Sanggup Bayar!

05-04-2019 00:30

Rumor mengenai kedekatan Lyon dengan Jose Mourinho ditampik langsung oleh sang presiden, Jean-Michel Aulas. Ia mengklaim bahwa kondisi ekonomi timnya tak memungkinkan untuk membayar pelatih berjuluk 'The Special One' tersebut.

Mourinho Bongkar Awal Mula Perseteruannya dengan 'Yang Mulia' Pogba

Mourinho Bongkar Awal Mula Perseteruannya dengan 'Yang Mulia' Pogba

03-04-2019 21:30

Belum banyak yang tahu alasan dibalik perseteruan antara Jose Mourinho dengan Paul Pogba di Manchester United dulu. Dan belum lama ini, pelatih asal Portugal tersebut membongkar semua cerita yang belum diketahui oleh publik.

Jose Mourinho Ingin Jajal Bundesliga Bersama Munchen

Jose Mourinho Ingin Jajal Bundesliga Bersama Munchen

03-04-2019 01:00

Mulai dari Italia, Inggris, hingga Spanyol telah dijamah Jose Mourinho dalam karirnya di dunia kepelatihan. Kali ini, pria asal Portugal itu mengaku ingin menjajal kerasnya kompetisi Bundesliga bersama salah satu tim terkuatnya, Bayern Munchen.

Jose Mourinho Merapat ke PSG?

Jose Mourinho Merapat ke PSG?

01-04-2019 16:00

Pelatih asal Portugal itu dikabarkan tengah menjalin kontak dengan klub kaya raya asal Prancis, PSG.

Bicara Soal Mourinho, Inter: Hormatilah Spalletti!

Bicara Soal Mourinho, Inter: Hormatilah Spalletti!

31-03-2019 19:00

Javier Zanetti tampaknya mulai jengah mendengar rumor yang terus mengaitkan Inter Milan dengan Jose Mourinho. Sang wakil presiden tim tersebut menganggapnya sebagai bentuk tak hormat terhadap pelatih Nerazzurri saat ini, Luciano Spalletti.

Bayern Munchen Pertimbangkan Rekrut Jose Mourinho

Bayern Munchen Pertimbangkan Rekrut Jose Mourinho

29-03-2019 19:20

Juara bertahan Bundesliga itu dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk merekrut Jose Mourinho sebagai manajer baru mereka.

Serangan Balik Neville pada Van Gaal yang Sebut Solskjaer Mirip Mourinho

Serangan Balik Neville pada Van Gaal yang Sebut Solskjaer Mirip Mourinho

28-03-2019 21:51

Legenda Manchester United Gary Neville memberikan pembelaan pada Ole Gunnar Solskjaer dengan menyebut gaya sepakbola Louis Van Gaal merupakan yang terburuk yang pernah ia lihat dalam hidupnya.

Klaim Van Gaal, Solskjaer Sukses karena Mourinho Juga

Klaim Van Gaal, Solskjaer Sukses karena Mourinho Juga

27-03-2019 04:10

Jika publik menilai Jose Mourinho sebagai biang keterpurukan Manchester United pada musim ini, tidak demikian dengan Louis Van Gaal. Pria asal Belanda tersebut malah menganggap kesuksesan The Red Devils saat ini tak bisa lepas dari andilnya.

Untuk Mereka yang Dambakan Mbappe, Mourinho: Semoga Beruntung!

Untuk Mereka yang Dambakan Mbappe, Mourinho: Semoga Beruntung!

25-03-2019 07:00

Kylian Mbappe sudah membuktikan kualitasnya, dan umurnya yang masih sangat muda diyakini membuat pemain PSG itu masih mengantongi segudang potensi. Maka dari itu, Jose Mourinho percaya bahwa tim-tim lain akan kesulitan untuk mengubernya.

Mourinho: Zidane Memang Cocok untuk Madrid

Mourinho: Zidane Memang Cocok untuk Madrid

25-03-2019 06:30

Kembalinya Zinedine Zidane ke kursi kepelatihan Real Madrid mendapat tanggapan positif dari Jose Mourinho, yang pernah masuk dalam kandidat pelatih Los Merengues berikutnya. Ia menyebut pria asal Prancis itu sebagai sosok yang tepat untuk Madrid.