JUANJESUS

Juan Jesus
Nama Lengkap : Juan Guilherme Nunes Jesus
Tempat Lahir : Belo Horizonte, Brasil
Tanggal Lahir : 10 Juni 1991 (26 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : AS Roma
Posisi : Bek
No Punggung : -
Tinggi : 185 cm

Karir

Juan Guilherme Nunes Jesus merupakan salah satu pemain belakang yang memiliki gaya permainan agresif. Ia kerap maju meninggalkan pos penjagaannya, baik untuk membantu serangan maupun membendung serangan lawan dari posisi lapangan tengah. Pemain yang lahir di Belo Horizonte ini merupakan salah satu bek yang memiliki fisik prima dan menjadi andalan baik di level klub maupun level timnas.

Awal karir dari pemain asal Brazil ini sebenarnya bukan dari murni sepak bola. Ia dulunya adalah seorang pemain futsal yang dikenal dengan kecepatan intercept dan kemampuan fisiknya yang prima. Kemampuannya menjaga pemain lawan dalam tempo permainan yang tinggi di pertandingan futsal menjadi andalan bagi timnya. Atas dasar kemampuan tersebut, Juan diikutkan dalam tim futsal Brazil. Tak lama setelah itu, tepatnya pada tahun 2007, ia bergabung bersama dengan tim junior klub Brazil, Internacional.

Juan menjajal atmosfir pertandingan sepak bola bersama dengan akademi klub asar Brazil, Internacional. Kala bermain di level junior, ia dengan segera menempati posisi utama dalam skuat tim junior Internacional. Pengalaman dan kemampuannya kala bermain futsal menjadi modal berharga bagi pemain yang memilih untuk bermain di posisi pemain belakang tersebut.
Kemampuan intercept dan penjagaan yang ia latih dalam pertandingan bertempo cepat ala futsal menjadi kelebihan tersendiri bagi Juan. Hal tersebut membuatnya lebih cepat beradaptasi dan menjadi pemain utama bagi tim junior Internacional.

Setelah 3 tahun bermain untuk tim junior, Juan dipromosikan untuk bermain dalam tim senior Internacional. Debutnya untuk tim senior terjadi pada tahun 2010. Kala itu bermain dengan cukup efektif untuk posisinya sebagai seorang pemain belakang. Ia sukses melakukan penjagaan terhadap pemain lawan dengan baik dan juga kerap membantu penyerangan Internacional.

Pemain yang mengidolakan bek tim samba, Lucio, ini menjadi pemain yang berperan dalam raihan juara Copa Libertadores yang direbut oleh Internacional pada musim debutnya 2010 silam. Bersama dengan Internacional, pemain bernama lengkap Juan Guilherme Nunes Jesus ini turut membantu memboyong beberapa gelar untuk tim yang bermarkas di Beira Rio tersebut.

Tercatat gelar Copa Libertadores, Campeonato Gaucho dan Recopa Sudamericana turut ia sumbangkan dalam kurun 2010 hingga 2012 sebelum kepindahannya ke raksasa Italia, Internazionale.

Inter mengumumkan pembelian mereka atas Juan secara resmi pada 30 Januari 2012. Namun ia masih harus bermain untuk tim reserve sebelum ia mendapat debutnya pada 13 Mei 2012 kala Inter kalah 1 - 3 atas tim ibu kota Italia, Lazio.

Pada pertandingan tersebut, Juan hanya bermain selama beberapa menit setelah dimasukkan pada menit – menit akhir babak kedua guna menggantikan Diego Milito.

Pada musim kompetisi 2012 / 2013, Juan menjadi pemain penting untuk barisan pertahanan Inter Milan. Ia merupakan pemain belakang yang hamper selalu dimainkan dan menjadi andalan Inter dalam skema 3 – 5 – 2 yang mereka gunakan.

Bersama dengan Andrea Ranochia dan Walter Samuel, Juan menjadi sosok sentral bagi barisan pertahanan Inter Milan. Perannya bersama dengan Inter sama dengan peran idolanya kala Lucio bermain untuk Inter dan tim nasional Brazil. Ia diplot sebagai pemain belakang yang bermain taktis guna menghentikan serangan lawan.

Namun meski permainannya sigap dan taktis, ia juga merupakan pemain yang memiliki tempramen tinggi. Tak jarang ia terlihat bersitegang dengan pemain lawan pada suatu pertandingan. Untunggnya, tempramen tinggi yang ia miliki masih bisa ia tutupi dengan permainan apik kala berlaga di atas lapangan.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Juan Jesus

Totti Ternyata Ingin Gagal Penalti di Laga Terakhirnya di Roma

Totti Ternyata Ingin Gagal Penalti di Laga Terakhirnya di Roma

10-06-2017 02:21

Sebuah fakta mengejutkan datang dari Francesco Totti yang di laga pamungkas Serie A musim 2016/17 kemarin mengakhiri kebersamaannya sebagai pemain bersama AS Roma.

Menurut Jesus, Inter Tak Bisa Saingi Juventus Karena Hal Ini

Menurut Jesus, Inter Tak Bisa Saingi Juventus Karena Hal Ini

13-04-2017 15:45

Bek AS Roma, Juan Jesus percaya bahwa dirinya tahu bahwa alasan mengapa mantan klubnya, Inter Milan terus saja berjuang dengan masalah konsistensi dalam setiap musim.

Edin Dzeko Penyerang Terkuat di Serie A

Edin Dzeko Penyerang Terkuat di Serie A

20-02-2017 20:48

Bek AS Roma, Juan Jesus memberikan sebuah pujian kepada rekan satu timnya yakni penyerang Edin Dzeko. Menurutnya, Dzeko adalah sosok penyerang yang paling kuat dibandingkan dengan para penyerang lain di Serie A.

Menang Tanpa Kebobolan, Bek AS Roma Ini Senang

Menang Tanpa Kebobolan, Bek AS Roma Ini Senang

20-01-2017 10:25

Bek AS Roma, Juan Jesus mengaku senang dengan kemenangan telak yang diraih timnya saat melawan Sampdoria di ajang Coppa Italia, Jumat (20/1) dini hari tadi.

Roma Dijamin Siap Hadapi Porto

Roma Dijamin Siap Hadapi Porto

11-08-2016 11:00

AS Roma akan menghadapi tuan rumah Porto di leg pertama babak play-off kualifikasi Liga Champions 2016/17, Kamis (18/8) depan. Pelatih Roma Luciano Spalletti menjamin timnya pasti akan siap untuk partai penting di Estadio do Dragao tersebut.

Skuat Roma Untuk Play-off Liga Champions Kontra Porto

Skuat Roma Untuk Play-off Liga Champions Kontra Porto

09-08-2016 12:11

AS Roma akan melawan Porto di babak play-off kualifikasi Liga Champions 2016/17. Pelatih Roma Luciano Spalletti sudah memilih 23 pemain untuk didaftarkan ke UEFA.

Juan Jesus: Jangan Takut, Juventus Bisa Dikalahkan

Juan Jesus: Jangan Takut, Juventus Bisa Dikalahkan

31-07-2016 23:47

Materi pemain bintang yang dikumpulkan oleh Juventus pada musim 2016/17 ini membuat banyak tim di lain di Serie A keder. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Juan Jesus, bek anyar milik klub AS Roma.

Juan Jesus Resmi Gabung Roma

Juan Jesus Resmi Gabung Roma

15-07-2016 09:35

Bek 25 tahun Brasil Juan Jesus resmi bergabung dengan AS Roma dari Inter Milan. Dia datang dengan status awal sebagai pemain pinjaman.

Spalletti: Juan Jesus Pemain Top

Spalletti: Juan Jesus Pemain Top

13-07-2016 11:46

Bek 25 tahun Brasil Juan Jesus bakal segera bergabung dengan AS Roma dari Inter Milan. Pelatih Roma Luciano Spalletti memuji kualitas yang dimilikinya.

Ausilio: Inter dan Roma Bahas Transfer Juan Jesus

Ausilio: Inter dan Roma Bahas Transfer Juan Jesus

12-07-2016 10:15

Direktur Olahraga Inter Milan, Piero Ausilio membenarkan bahwa pihaknya tengah melakukan pembicaraan dengan AS Roma tentang kepindahan Juan Jesus.