FOLLOW US:

Nama Lengkap : Juan Manuel Mata Garcia
Tempat Lahir : Ocon de Villafranca, Spanyol
Tanggal Lahir : 28 April 1988 (31 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Posisi : Gelandang
No Punggung : 8
Tinggi : 170 cm

Karir

Pemain yang juga merupakan langganan tim nasional Spanyol diberbagai level ini merupakan pemain yang pergerakannya harus diwaspadai oleh pemain belakang tim lawan. Dengan akurasi umpan yang apik dan kemampuan dribel diatas rata-rata, Mata sukses merebut hati para fans Spanyol dengan kontribusinya bersama dengan tim nasional Spanyol.

Bakat sepak bola Mata ia warisi dari sang ayah yang juga seorang pemain sepak bola profesional yang pernah bermain pada era 1980an dan awal 1990an. Melihat potensi dari pada Mata, sang ayah, Juan Manuel Mata Rodriguez, memasukkannya ke akademi klub Real Oveido pada 1998.

Tiga tahun setelah menimba ilmu di Real Oveido, Mata Jr. bergabung bersama akademi Real Madrid, La Fabrica, pada usianya yang ke 15. Di sinilah bakat dan kemampuan Mata mulai terasah.

Mata bermain dengan baik selama masih berstatus sebagai pemain di tim akademi. Ia adalah pemain tetap pada starting eleven tim akademi Madrid diberbagai level. Mulai dari level Cadete A hingga ke Juvenil A.

Perkembangan pesat yang ditunjukkan oleh pemain bernama lengkap Juan Manuel Mata Garcia ini mendapat perhatian khusus dari pihak akademi klub.

Pada awal musim 2006/2007, Mata resmi dipromosikan ke Real Madrid Castilla. Ia bermain apik di setiap laga yang dijalani oleh tim. Tercatat Mata mengoleksi 39 kali penampilan dalam semusimnya berseragam Real Madrid Castilla.

Meski pada akhirnya Castilla harus terdegradasi dari Segunda Division, Mata sukses menjadi pemain paling subur nomor 2 di Castilla dengan 10 golnya pada usianya yang ke 18. Ia hanya kalah dari torehan Alvaro Negredo yang mencetak 18 gol bagi Castilla.

Pada musim selanjutnya, pihak manajemen klub tidak memberinya perpanjangan kontrak. Hal itu dimanfaatkan oleh tim LA Liga lainnya, Valencia, untuk memboyongnya ke Mestalla pada Maret 2007. Keputusan tersebut terbukti tepat. Dengan cederanya Vicente Rodriguez, Juan Mata menjadi piliha utama diposisi sayap kiri El-Che pada musim pertamanya.

Gaya bermainnya yang mengandalkan kecepatan dan umpan akurat membuat Valencia sukses menjadi tim dengan pola menyerang yang variatif di La Liga. Kerja samanya dengan sang striker, David Villa, sering kali dipuji oleh fans Valencia.

Terbukti kerja sama keduanya sukses memboyong trofi Copa del Rey bagi El-Che. Mata juga sukses memberikan banyak assist bagi rekan setimnya. Total ada 13 assist yang sukses dikonversi menjadi gol oleh rekan-rekannya. Ia hanya kalah dari Xavi dalam hal jumlah assist di La Liga.

Penampilan impresif yang ia tunjukkan terus berlanjut hingga beberapa musim selanjutnya. Mata menjelma menjadi salah satu penyerang sayap berbahaya di La Liga. Sayangnya, karena alasan masalah finansial yang diderita Valencia, pihak klub terpaksa harus melepas pemain kelahiran 28 April tersebut.

Chelsea lah yang berhasil mendapatkan jasa sang pemain dengan mahar sebesar €23,5 juta. Ia menjadi pemain Spanyol ketiga yang dibeli the Blues setelah Fernando Torres didatangkan dari Liverpool dan Oriel Romeu dari Barcelona.

Bersama Chelsea, Mata mengenakan kostum bernomor 10 yang menjadi nomor favoritnya. Gaya bermainnya yang cepat dan effisien membuat pemain ini bisa beradaptasi dengan cepat di Chelsea. Ia di plot sebagai playmaker dalam setiap serangan yang dibangun oleh kubu the Blues.

Selain sebagai playmaker, ia juga merupakan pemain yang diandalkan dalam hal mencetak gol. Kontribusi pemain Spanyol ini untuk the Blues terbilang cukup vital. Ia sukses memberikan trofi piala FA, piala Europa League, dan trofi Liga Champion untuk kubu the Blues.

Di level tim nasional, Juan Mata menjadi bagian dari skuad Timnas Spanyol saat menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Ia juga bermain untuk timnas U21, dan turut andil membawa Spanyol menjadi juara di kejuaraan Eropa tahun 2011.

Mata terpilih untuk mengikuti Euro 2012, dan dia bermain sekali yaitu di babak final dan dia menyelesaikan turnamen dengan sempurna ketika mencetak gol keempat Spanyol usai menerima umpan Fernando Torres dan Spanyol menang 4-0 atas Italia.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Juan Mata

Liverpool Bisa Ubah Peruntungan Manchester United

Liverpool Bisa Ubah Peruntungan Manchester United

16-10-2019 19:20

Playmaker Manchester United, Juan Mata mengaku sangat antusias menghadapi Liverpool di akhir pekan nanti.

AC Milan Ajak Juan Mata Pindah ke Italia

AC Milan Ajak Juan Mata Pindah ke Italia

14-10-2019 21:40

Playmaker Manchester United itu mendapatkan ajakan dari AC Milan untuk melanjutkan karirnya di Serie A.

Anthony Martial Diprediksi Jadi Pemain Besar Manchester United

Anthony Martial Diprediksi Jadi Pemain Besar Manchester United

11-10-2019 20:00

Playmaker Manchester United itu meyakini bahwa Martial bakal menjadi pemain besar untuk Manchester United di masa depan.

Ini Arti Penting Pemain Senior di Skuat Manchester United

Ini Arti Penting Pemain Senior di Skuat Manchester United

09-10-2019 17:00

Playmaker Manchester United, Juan Mata menilai bahwa pemain senior memiliki tugas yang penting di timnya.

Juan Mata Akui Manchester United Sulit Mencapai Empat Besar Musim Ini

Juan Mata Akui Manchester United Sulit Mencapai Empat Besar Musim Ini

09-10-2019 11:20

Juan Mata mengakui Manchester United harus bekerja keras jika ingin menembus empat besar klasemen akhir Premier League 2019/20 ini. Dia menyadari persaingan di liga semakin ketat.

Juan Mata Masih Percaya Manchester United Bisa Meraih Trofi

Juan Mata Masih Percaya Manchester United Bisa Meraih Trofi

03-10-2019 04:26

Keterpurukan yang sedang dialami Manchester United tidak membuat salah satu pemainnya, Juan Mata, patah arang. Bahkan ia cukup yakin bisa mempersembahkan gelar sebelum gantung sepatu.

Mata Klaim Manchester United Makin Dekat Kembali ke Jalur Juara

Mata Klaim Manchester United Makin Dekat Kembali ke Jalur Juara

29-09-2019 22:37

Juan Matamembela keputusannya gabung Manchester United dan menegaskan Setan Merah kini makin dekat untuk kembali ke jalur juara.

Sedihnya Kehidupan Juan Mata di Manchester United

Sedihnya Kehidupan Juan Mata di Manchester United

28-09-2019 06:00

Juan Mata memiliki kisah memilukan selama berseragam Manchester United. Terlebih saat the Red Devils sedang menjalani masa-masa keterpurukan seperti yang terjadi belakangan ini.

Juan Mata Berterima Kasih kepada Jurgen Klopp, Untuk Apa?

Juan Mata Berterima Kasih kepada Jurgen Klopp, Untuk Apa?

27-09-2019 08:03

Gelandang Manchester United, Juan Mata, secara terbuka memberi ucapan terima kasih kepada Jurgen Klopp. Sebab pelatih Liverpool tersebut menjadi orang tersohor dalam dunia sepak bola yang ikut terjun dalam badan amal Common Charity.

Juan Mata Kenang Cara Berkelas David Moyes Saat Tinggalkan MU

Juan Mata Kenang Cara Berkelas David Moyes Saat Tinggalkan MU

25-09-2019 13:30

Juan Mata menjelaskan bagaimana reaksi David Moyes ketika dipecat Manchester United beberapa tahun lalu. Menurutnya, era Moyes terlalu singkat untuk disebut sebagai usaha pembangunan tim.