FOLLOW US:

Nama Lengkap : Karim Benzema
Tempat Lahir : Lyon, Perancis
Tanggal Lahir : 19 Desember 1987 (31 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Klub : Real Madrid
Posisi : Penyerang
No Punggung : 9
Tinggi : 184 cm

Karir

  • 2004 - 2006 : Lyon B
  • 2006 - 2009 : Lyon
  • 2009 - : Real Madrid

Karim Benzema adalah pemain sepak bola yang memiliki talenta luar biasa. Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar tak perlu diragukan lagi. Kecepatan dan naluri mencetak gol yang ia miliki menjadi salah satu senjata andalan pemain tim nasional Perancis ini guna menjebol gawang lawan.

Pemain bernama lengkap Karim Mostafa Benzema ini lahir dari pasangan Hafid Benzema dan Wahida Djebbara yang memiliki darah keturunan Aljazair. Atas dasar darah keturunan itulah pihak federasi sepak bola Aljazair memintanya untuk bermain membela tim nasional Aljazair.

Namun Benzema lebih memilih bermain untuk tim nasional senior Perancis dari pada Aljazair. Ia berkata bahwa Aljazair adalah tanah leluhurnya dan akan selalu ada dihati pemain kelahiran Lyon tersebut, namun ia lebih memilih Perancis untuk urusan sepak bola.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini memulai karirnya bersama dengan klub lokal di distrik tempat ia dibesarkan, Bron Terralion SC, pada usianya yang baru 8 tahun.

Benzema menarik perhatian dari official tim junior Lyon kala ia sukses melesakkan 2 gol ke dalam gawang Lyon U-10 pada sebuah pertandingan di Lyon.

Kala itu pihak official Olympique Lyonnais mendatangi presiden Bron Terrallion, Serge Santa Cruz, dan meyakinkan pihak keluarga Benzema untuk mengizinkan Karim menjalani laga trial bersama dengan klub terbesar di kota Lyon tersebut.

Tak lama setelah berakhirnya masa trial Benzema, pihak Lyon secara resmi memasukkan namanya kedalam tim akademi Lyon pada usianya yang ke 9 tahun.

Pada awal musim 2004/2005, nama Benzema dimasukkan kedalam skuat tim reserve Olympique Lyonnais, yang saat itu bermain di divisi 4 liga Perancis.

Meski ia hanya bermain saat musim gugur, ia sukses memasukkan namanya kedalam jajaran pencetak gol terbanyak tim dengan 10 golnya dan sukses membawa tim reserve Lyon finish di peringkat ke dua pada klasmen grup.

Atas pencapaian tersebut, Benzema dipromosikan ke dalam skuat utama raksasa Perancis tersebut. Keseriusannya dalam dunia sepak bola terlihat dalam sebuah tradisi yang selalu dilakukan oleh Lyon kala ada pemain yang masuk kedalam tim utama.

Kala itu Benzema diminta memperkenalkan diri dan memberikan sambutan kepada rekan-rekan barunya, namun ia tidak mengatakan lelucon seperti apa yang dilakukan pemain lain seperti Elber, Wiltord dan Diarra.

Alih-alih memberikan guyonan, Benzema malah mengatakan “Jangan tertawa! Saya berada disini untuk mengambil tempat kalian.” Pernyataan tersebut mencerminkan keseriusan pemain keturunan Aljazair tersebut dalam karirnya di dunia sepak bola.

Keseriusan ucapannya dalam acara tersebut ia tunjukkan dalam setiap laga yang ia mainkan bersama dengan tim senior Lyon. Meski tidak mencetak gol dalam pertandingan debutnya, namun Benzema sukses memberikan assist dalam gol kemenangan Lyon atas Metz.

Penampilan cemerlangnya untuk Lyon berlanjut hingga ia meninggalkan klub yang telah ia bela selama 9 tahun tersebut. Total ia membantu Lyon memboyong 4 gelar Ligue 1, 1 Coupe de France dan 1 Trophee des Champions dengan torehan 112 pertandingan dan 43 gol.

Pada awal musim 2009/2010, Benzema resmi mengenakan seragam El-Real. Ia diboyong dari Lyon dengan bandrol mencapai €35 juta. Ia dengan segera menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang dengan naluri tajam pada debutnya di pertandingan persahabatan melawan Shamrock Rovers. Ia sukses mencetak gol kemenangan Madrid kala itu.

Penampilan Benzema cenderung meningkat selama berkostum Madrid, sayangnya, permainan rekan satu timnya, Gonzalo Higuain, juga tak kalah hebat. Hal itu berakibat pada seringnya Benzema masuk sebagai pemain pengganti daripada starting eleven untuk Real.

Namun hal itu bisa ia atasi dengan performa apiknya saat ia diturunkan. Hal itu membuat kubu Madrid menjadikan pemain ini sebagai salah satu pilar utama klub.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Karim Benzema

Meski Benzema Bersinar, Madrid Tetap Harus Beli Striker Baru

Meski Benzema Bersinar, Madrid Tetap Harus Beli Striker Baru

23-04-2019 00:31

Jorge Valdano menyarankan pada Real Madrid agar tetap membeli striker baru musim panas mendatang meski Karim Benzema telah kembali menunjukkan ketajamannya.

Zidane: Benzema No. 9 Terbaik di Dunia

Zidane: Benzema No. 9 Terbaik di Dunia

22-04-2019 02:28

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memuji Karim Benzema sebagai striker terbaik di dunia.

Gelar Pemain Terbaik Madrid Musim Ini Disematkan Pada Benzema

Gelar Pemain Terbaik Madrid Musim Ini Disematkan Pada Benzema

16-04-2019 20:46

Dani Carvajal memuji performa Karim Benzema dan menobatkannya sebagai pemain terbaik Real Madrid pada musim 2018-19 ini.

Jadi Penyelamat Real Madrid, Zidane Puji Mental Baja Karim Benzema

Jadi Penyelamat Real Madrid, Zidane Puji Mental Baja Karim Benzema

16-04-2019 20:20

Zidane menilai sang striker sudah membuktikan bahwa ia memiliki mental yang kuat sehingga bisa menjadi juru selamat Real Madrid.

Madrid Butuh Striker Anyar, Zidane Justru Puji Kualitas Benzema

Madrid Butuh Striker Anyar, Zidane Justru Puji Kualitas Benzema

15-04-2019 09:00

Bos Real Madrid, Zinedine Zidane tampaknya tidak terlalu senang dengan gagasan mengganti Karim Benzema dengan striker lainnya. Zidane dengan tegas mengaku kagum pada kemampuan Benzema, yang bisa mendongkrak performa pemain-pemain di sekitarnya.

Real Madrid dan Misi Menemukan Striker Baru

Real Madrid dan Misi Menemukan Striker Baru

12-04-2019 13:00

Real Madrid bakal memasuki bursa transfer musim panas mendatang dengan tujuan mendatangkan striker baru. Madrid sudah melewati satu dekade tanpa mendatangkan striker murni nomor 9.

Benzema Apik, Madrid Batal Datangkan Penyerang Anyar?

Benzema Apik, Madrid Batal Datangkan Penyerang Anyar?

09-04-2019 04:10

Pelan tapi pasti, performa Karim Benzema bersama Real Madrid di musim ini mulai menanjak. Hal itu disebut sebagai alasan utama mengapa presiden klub, Florentino Perez, memutuskan untuk tidak mendatangkan striker anyar pada musim panas nanti.

Pujian Zinedine Zidane untuk Karim Benzema

Pujian Zinedine Zidane untuk Karim Benzema

07-04-2019 20:40

Zidane menilai sang striker sudah menjadi pahlawan Real Madrid saat mereka mengalahkan Eibar kemarin.

Cetak Dua Gol, Benzema Dapat Pujian dari Nacho

Cetak Dua Gol, Benzema Dapat Pujian dari Nacho

07-04-2019 02:15

Karim Benzema tampil cemerlang saat Real Madrid mengalahkan Eibar.

Hasil Pertandingan Real Madrid vs Eibar: Skor 2-1

Hasil Pertandingan Real Madrid vs Eibar: Skor 2-1

06-04-2019 23:12

Real Madrid berhasil mengalahkan Eibar dengan skor 2-1 pada jornada ke-31 La Liga 2018, Sabtu (6/4) malam WIB. Sempat tertinggal terlebih dahulu, Madrid menyuguhkan comeback dramatis yang dipimpin oleh Karim Benzema. Kemenangan ini penting bagi kepercayaan diri skuat Madrid.