FOLLOW US:

Nama Lengkap : Karim Benzema
Tempat Lahir : Lyon, Perancis
Tanggal Lahir : 19 Desember 1987 (32 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Klub : Real Madrid
Posisi : Penyerang
No Punggung : 9
Tinggi : 184 cm

Karir

  • 2004 - 2006 : Lyon B
  • 2006 - 2009 : Lyon
  • 2009 - : Real Madrid

Karim Benzema adalah pemain sepak bola yang memiliki talenta luar biasa. Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar tak perlu diragukan lagi. Kecepatan dan naluri mencetak gol yang ia miliki menjadi salah satu senjata andalan pemain tim nasional Perancis ini guna menjebol gawang lawan.

Pemain bernama lengkap Karim Mostafa Benzema ini lahir dari pasangan Hafid Benzema dan Wahida Djebbara yang memiliki darah keturunan Aljazair. Atas dasar darah keturunan itulah pihak federasi sepak bola Aljazair memintanya untuk bermain membela tim nasional Aljazair.

Namun Benzema lebih memilih bermain untuk tim nasional senior Perancis dari pada Aljazair. Ia berkata bahwa Aljazair adalah tanah leluhurnya dan akan selalu ada dihati pemain kelahiran Lyon tersebut, namun ia lebih memilih Perancis untuk urusan sepak bola.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini memulai karirnya bersama dengan klub lokal di distrik tempat ia dibesarkan, Bron Terralion SC, pada usianya yang baru 8 tahun.

Benzema menarik perhatian dari official tim junior Lyon kala ia sukses melesakkan 2 gol ke dalam gawang Lyon U-10 pada sebuah pertandingan di Lyon.

Kala itu pihak official Olympique Lyonnais mendatangi presiden Bron Terrallion, Serge Santa Cruz, dan meyakinkan pihak keluarga Benzema untuk mengizinkan Karim menjalani laga trial bersama dengan klub terbesar di kota Lyon tersebut.

Tak lama setelah berakhirnya masa trial Benzema, pihak Lyon secara resmi memasukkan namanya kedalam tim akademi Lyon pada usianya yang ke 9 tahun.

Pada awal musim 2004/2005, nama Benzema dimasukkan kedalam skuat tim reserve Olympique Lyonnais, yang saat itu bermain di divisi 4 liga Perancis.

Meski ia hanya bermain saat musim gugur, ia sukses memasukkan namanya kedalam jajaran pencetak gol terbanyak tim dengan 10 golnya dan sukses membawa tim reserve Lyon finish di peringkat ke dua pada klasmen grup.

Atas pencapaian tersebut, Benzema dipromosikan ke dalam skuat utama raksasa Perancis tersebut. Keseriusannya dalam dunia sepak bola terlihat dalam sebuah tradisi yang selalu dilakukan oleh Lyon kala ada pemain yang masuk kedalam tim utama.

Kala itu Benzema diminta memperkenalkan diri dan memberikan sambutan kepada rekan-rekan barunya, namun ia tidak mengatakan lelucon seperti apa yang dilakukan pemain lain seperti Elber, Wiltord dan Diarra.

Alih-alih memberikan guyonan, Benzema malah mengatakan “Jangan tertawa! Saya berada disini untuk mengambil tempat kalian.” Pernyataan tersebut mencerminkan keseriusan pemain keturunan Aljazair tersebut dalam karirnya di dunia sepak bola.

Keseriusan ucapannya dalam acara tersebut ia tunjukkan dalam setiap laga yang ia mainkan bersama dengan tim senior Lyon. Meski tidak mencetak gol dalam pertandingan debutnya, namun Benzema sukses memberikan assist dalam gol kemenangan Lyon atas Metz.

Penampilan cemerlangnya untuk Lyon berlanjut hingga ia meninggalkan klub yang telah ia bela selama 9 tahun tersebut. Total ia membantu Lyon memboyong 4 gelar Ligue 1, 1 Coupe de France dan 1 Trophee des Champions dengan torehan 112 pertandingan dan 43 gol.

Pada awal musim 2009/2010, Benzema resmi mengenakan seragam El-Real. Ia diboyong dari Lyon dengan bandrol mencapai €35 juta. Ia dengan segera menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang dengan naluri tajam pada debutnya di pertandingan persahabatan melawan Shamrock Rovers. Ia sukses mencetak gol kemenangan Madrid kala itu.

Penampilan Benzema cenderung meningkat selama berkostum Madrid, sayangnya, permainan rekan satu timnya, Gonzalo Higuain, juga tak kalah hebat. Hal itu berakibat pada seringnya Benzema masuk sebagai pemain pengganti daripada starting eleven untuk Real.

Namun hal itu bisa ia atasi dengan performa apiknya saat ia diturunkan. Hal itu membuat kubu Madrid menjadikan pemain ini sebagai salah satu pilar utama klub.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Karim Benzema

Benzema dan Giroud Berseteru, Griezmann Ada di Pihak Siapa?

Benzema dan Giroud Berseteru, Griezmann Ada di Pihak Siapa?

02-04-2020 03:03

Dua penyerang ternama asal Prancis, Karim Benzema dan Olivier Giroud, sedang berseteru baru-baru ini. Semua dimulai dari Benzema yang melontarkan ejekan kepada pemain Chelsea tersebut.

Karim Benzema, Termometer-nya Real Madrid

Karim Benzema, Termometer-nya Real Madrid

01-04-2020 10:00

Torehan Karim Benzema musim ini searah dengan laju Real Madrid. Los Blancos tidak benar-benar konsisten di musim 2019/20 ini, begitu pula dengan Benzema yang mulai sulit mencetak gol.

Serangan Benzema Pada Giroud: Anda tak Bisa Bandingkan Formula 1 Dengan Gokart

Serangan Benzema Pada Giroud: Anda tak Bisa Bandingkan Formula 1 Dengan Gokart

30-03-2020 17:43

Bomber Real Madrid Karim Benzema tiba-tiba menyerang Olivier Giroud dengan menyatakan bahwa sebuah mobil Formula 1 jelas tidak bisa dibandingkan dengan mobil Gokart.

Pesan Benzema Pada Mbappe: Masih Harus Banyak Belajar

Pesan Benzema Pada Mbappe: Masih Harus Banyak Belajar

30-03-2020 06:47

Bomber Real Madrid Karim Benzema mengakui Kylian Mbappe memang pemain yang hebat namun ia masih harus banyak belajar lagi.

Karim Benzema, Serigala yang Kesepian

Karim Benzema, Serigala yang Kesepian

29-03-2020 13:30

Terlihat perbedaan jelas di Real Madrid sebelum dan sesudah kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus, 2018 lalu. Los Blancos melemah, khususnya perihal menjebol gawang lawan dari pekan ke pekan.

2020, Tahun yang Gelap untuk Karim Benzema

2020, Tahun yang Gelap untuk Karim Benzema

22-03-2020 06:50

Karim Benzema memulai musim 2019/20 ini dengan impresif, dia sempat rajin mencetak gol. Namun, melewati cedera pada awal Januari 2020 lalu, striker andalan Real Madrid ini kehilangan sentuhan mematikannya.

Kalau Bukan karena Benzema, Vinicius Junior Mungkin Takkan Meledak di Real Madrid

Kalau Bukan karena Benzema, Vinicius Junior Mungkin Takkan Meledak di Real Madrid

18-03-2020 05:38

Kendati usianya masih muda, namun Vinicius Junior sudah bisa mendapatkan tempat di skuat inti klub besar seperti Real Madrid. Dan penyerang berdarah Brasil itu harus berterima kasih kepada seniornya, Karim Benzema.

Sulit Bikin Gol, Karim Benzema Korban Taktik Zinedine Zidane?

Sulit Bikin Gol, Karim Benzema Korban Taktik Zinedine Zidane?

13-03-2020 11:00

Karim Benzema menutup musim 2018/19 lalu dengan 30 gol di semua kompetisi, torehan kedua terbaiknya bersama Real Madrid. Musim ini Benzema sudah berada di jalur yang tepat untuk meningkatkan angka tersebut, tapi sebulan terakhir segalanya berjalan buruk.

Karim Benzema: Real Madrid Bukan Unggulan Lawan Manchester City

Karim Benzema: Real Madrid Bukan Unggulan Lawan Manchester City

24-02-2020 17:40

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema angkat bicara terkait duel timnya melawan Manchester City di tengah pekan nanti.

Zidane Sudah Bebaskan Madrid Dari Ketergantungan Ronaldo

Zidane Sudah Bebaskan Madrid Dari Ketergantungan Ronaldo

29-01-2020 20:18

Dulu Real Madrid sangat mengandalkan seorang Cristiano Ronaldo untuk mencetak gol akan tetapi Zinedine Zidane kini telah berhasil menghapus ketergantungan itu.