FOLLOW US:

LEONARDOBONUCCI

Leonardo Bonucci
Nama Lengkap : Leonardo Bonucci
Tempat Lahir : Viterbo, Italia
Tanggal Lahir : 01 Mei 1987 (32 Tahun)
Kebangsaan : Italia
Klub : AC Milan
Posisi : Bek
No Punggung : -
Tinggi : 190 cm

Karir

Leonardo Bonucci  lahir pada 1 Mei 1987. Dia adalah pemain sepak bola Italia yang bermain sebagai bek untuk klub Serie A Juventus dan tim nasional Italia. Dia dikenal karena passing jauhnya yang akurat dan kemampuannya untuk memulai serangan dengan umpan-umpan panjang.

Bonucci memulai karirnya di Viterbese namun dipinjamkan ke Internazionale pada musim panas tahun 2005. Ia memainkan sejumlah pertandingan persahabatan pra-musim untuk tim utama Inter. Dia kemudian menjadi anggota dari tim Inter Primavera U-20.

Bonucci membuat debut Serie A pada pertandingan terakhir musim 2005-06, melawan Cagliari. Pada akhir musim, Inter langsung mempermanenkan status Bonucci.

Ia bermain pertama kali pada pertandingan Coppa Italia melawan Messina pada tanggal 9 November 2006 ketika ia datang dari bangku cadangan untuk menggantikan Fabio Grosso di menit 86. Bonucci dimainkan dalam dua Coppa Italia untuk Inter ketika dia dimasukkan untuk menggantikan Walter Samuel di babak pertama di pertandingan leg kedua perempat final melawan Empoli dan sebagai starter di pertandingan semifinal leg kedua melawan Sampdoria.

Pada bulan Juni 2008, Bonucci adalah satu-satunya pemain yang dibeli kembali oleh Inter dari Treviso tapi ia tetap di Treviso dengan status pinjaman. Bonucci telah dibeli dengan biaya transfer sekitar € 700,000 pada saat itu.

Bonucci memainkan 13 pertandingan Serie B untuk Treviso sebelum pindah ke tim lain di Serie B, Pisa Calcio dengan status pinjaman.

Pada tanggal 8 Juni 2009, Bonucci menjalani pemeriksaan medis di Genoa. Pada tanggal 1 Juli, Inter secara resmi mengumumkan Bonucci, bersama dengan Robert Acquafresca, Francesco Bolzoni dan Riccardo Meggiorini. Selain itu , Ivan Fatic yang ikut dimiliki antara Chievo dan Inter, menjadi co - ownership antara Chievo dan Genoa. Bonucci berbandrol € 3.000.000 pada saat itu.

Namun pada tanggal 2 Juli ia dipindahkan dari Genoa ke Bari, pada kesepakatan kepemilikan bersama, untuk € 1.750.000.

Di Bari ia menjadi pilihan pertama di posisi bek tengah di bawah pelatih kepala Giampiero Ventura, menunjukkan gaya defensive, namun kuat dan efektif. Ia menjadi partner yang sangat kuat dengan Andrea Ranocchia yang sangat efektif, pada pertengahan musim 2009-10, Bari memiliki rekor pertahanan terbaik kedua di Serie A.

Pada bulan Juli 2010 Leonardo Bonucci dikontrak oleh Juventus pada durasi empat tahun dengan total biaya 15.500.000 € dari Genoa dan Siena. Dia diberikan jersey bernomor punggung 19.

Bermitra dengan rekan setimnya di Azzuri, Giorgio Chiellini, Bonucci langsung direkrut menjadi starting line - up untuk pertandingan pertama musim ini. Dia mencetak gol pertamanya untuk Juventus di Liga Europa play- off pertandingan melawan Sturm Graz.

Bonucci memenangkan gelar besar pertamanya, Scudetto 2011-12, dan menyumbang dua gol saat Juventus menyelesaikan musim tak terkalahkan dan dengan salah satu catatan defensif yang terbaik di lima liga Eropa.

Bonucci membuat debut Liga Champions melawan Chelsea di babak penyisihan grup dan mencetak gol pertamanya dalam kompetisi melawan Shaktar Donetsk pada Oktober 2012 di pertandingan yang berakhir imbang 1-1. Pada Desember 2012 Bonucci dikritik karena diving dalam pertandingan liga melawan Palermo yang digambarkan oleh sejumlah wartawan sebagai "diving terburuk yang pernah ada". Kemudian dia diberi larangan bermain satu pertandingan dan denda € 2.000.

Bonucci melakukan debut dengan tim senior Italia pada tanggal 3 Maret 2010, sebelumnya dia juga di panggil oleh Timnas Italia U-20, namun dia tidak pernah dimainkan. Di timnas senior, dia bermain dalam pertandingan persahabatan melawan Kamerun, dan menjadi salah satu dari beberapa debutan yang tidak pernah memainkan pertandingan resmi internasional sebelumnya. Dia dimasukkan oleh Marcello Lippi dalam starting line- up bersama dengan pemain reguler lain macam Fabio Cannavaro dan Giorgio Chiellini untuk membentuk garis pertahanan dalam formasi 3-4-3.

Kemudian ia termasuk dalam skuad untuk Piala Dunia FIFA 2010. Dia mencetak gol pertamanya pada tanggal 3 Juni 2010, pada kekalahan 1-2 melawan Meksiko. Di Piala Dunia, ia tidak pernah diturunkan di semua pertandingan Italia.


Oleh: A.Fiekri I.

Berita Terbaru Leonardo Bonucci

Tak Ada Persaingan, Bonucci Sambut De Ligt dengan Hangat

Tak Ada Persaingan, Bonucci Sambut De Ligt dengan Hangat

21-07-2019 17:00

Kedatangan dua bek muda berpotensi tidak membuat pemain veteran Juventus, Leonardo Bonucci, merasa tersaingi. Malah sebaliknya, pria berumur 32 tahun tersebut menyambut mereka dengan tangan yang terbuka.

Kecerdasan Maurizio Sarri buat Bek Juventus Ini Terpana

Kecerdasan Maurizio Sarri buat Bek Juventus Ini Terpana

21-07-2019 16:30

Waktu dua bulan sudah cukup bagi Maurizio Sarri untuk membuat para pemain Juventus terpukau dengan kejeniusannya saat meramu taktik. Salah satu sosok yang mengaku terpana dengan eks nahkoda Chelsea tersebut adalah Leonardo Bonucci.

De Ligt Datang, Leonardo Bonucci Tersingkir dari Juventus?

De Ligt Datang, Leonardo Bonucci Tersingkir dari Juventus?

18-07-2019 05:00

Kedatangan Matthijs De Ligt membuat Juventus kini memiliki kuantitas yang berlimpah di lini belakangnya, dan diyakini harus segera dikurangi. Satu pemain yang dikabarkan akan dikorbankan oleh tim asuhan Maurizio Sarri itu adalah Leonardo Bonucci.

Leonardo Bonucci Masuk Radar Manchester City

Leonardo Bonucci Masuk Radar Manchester City

01-07-2019 21:00

Juara Premier League, Manchester City diberitakan turut mengincar tanda tangan bek Juventus, Leonardo Bonucci.

Leonardo Bonucci Dukung Revolusi Roberto Mancini di Timnas Italia

Leonardo Bonucci Dukung Revolusi Roberto Mancini di Timnas Italia

11-06-2019 19:00

Bek Timnas Italia, Leonardo Bonucci mengakui senang dengan kebijakan Roberto Mancini membawa banyak pemain muda ke Timnas Italia.

Dipuji Giorgio Chiellini, Kostas Manolas Buka Peluang Gabung Juventus

Dipuji Giorgio Chiellini, Kostas Manolas Buka Peluang Gabung Juventus

08-06-2019 22:40

Ada secercah harapan bahwa Kostas Manolas bersedia untuk bergabung dengan Si Nyonya Tua musim depan.

Bonucci Semakin Menikmati Kehidupan Indahnya di Juventus

Bonucci Semakin Menikmati Kehidupan Indahnya di Juventus

03-05-2019 02:00

Bek Juventus, Leonardo Bonucci, sepertinya tidak menyesali keputusannya meninggalkan AC Milan demi kembali ke Turin. Pengakuannya, bek berusia 32 tahun tersebut sedang menikmati kehidupannya di kota tersebut.

Bonucci: Rasisme adalah Skandal, Tak Boleh Dibiarkan!

Bonucci: Rasisme adalah Skandal, Tak Boleh Dibiarkan!

08-04-2019 22:30

Bek Juventus, Leonardo Bonucci, menjawab serangkaian kritik yang tertuju kepadanya pasca laga kontra Cagliari di ajang Serie A pekan lalu. Ia kembali menegaskan bahwa tindakan rasis adalah sebuah skandal yang tak boleh dibiarkan.

Allegri: Rasisme Tak Bisa Dibenarkan, Maka Bonucci Pun Salah

Allegri: Rasisme Tak Bisa Dibenarkan, Maka Bonucci Pun Salah

05-04-2019 23:30

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, menyalahkan Leonardo Bonucci atas pernyataan yang terlontar dari mulutnya perihal kasus rasisme yang menimpa pemain asuhannya yang lain, Moise Kean. Sebab menurutnya, tindakan rasis tak bisa dibenarkan.

Bos Chelsea Anggap Komentar Bonucci Hanya Perkara Salah Ngomong Saja

Bos Chelsea Anggap Komentar Bonucci Hanya Perkara Salah Ngomong Saja

05-04-2019 22:30

Komentar Leonardo Bonucci soal kasus rasisme yang menimpa rekan setimnya di Juventus, Moise Kean, mengundang banyak perhatian. Salah satunya datang dari pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, yang menganggap bahwa itu hanya perkara salah ngomong saja.