FOLLOW US:

LUCASLEIVA

Lucas Leiva
Nama Lengkap : Lucas Pezzini Leiva
Tempat Lahir : Dourados, Brasil
Tanggal Lahir : 09 Januari 1987 (34 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : Lazio
Posisi : Gelandang
No Punggung : 6
Tinggi : 179 cm

Karir

Lucas Pezzini-Leiva lahir pada 9 Januari 1987, dia dikenal sebagai Lucas, adalah seorang pesepak bola Brasil yang bermain sebagai gelandang bertahan untuk klub Liga Premier Liverpool dan tim nasional Brasil. Lucas adalah keponakan dari mantan pemain sepak bola Brasil Leivinha dan dia juga memegang paspor Italia.

Lucas memulai karirnya di Grêmio sebagai gelandang box to box pada tahun 2005 . Tahun berikutnya merupakan tahun sukses baginya , saat Grêmio memenangkan Rio Grande do Sul state championship (Campeonato Gaúcho) untuk pertama kalinya sejak tahun 2001. Lucas juga menjadi pemain termuda yang pernah menerima Bola de Ouro ( Golden Ball ) dari majalah Placar, diberikan kepada pemain terbaik di Campeonato Brasileiro. suatu kehormatan yang sebelumnya dimenangkan oleh orang-orang seperti Zico , Falcão , Careca , Alex , Romario , Robinho , Kaka dan Tévez.

Performanya pada tahun 2006 membuat banyak kabar minat dari klub - klub besar Eropa termasuk penawaran dari klub papan atas spanyol dan klub Inter milan. Akhirnya Liverpool yang terbukti paling menarik perhatian pemain ini, dan pada 13 Mei 2007 klub menegaskan bahwa mereka telah mendapat tandatangan pemain dari Grêmio sebelum dimulainya musim 2007 - 08.

Biaya transfer berada di kisaran sebesar £ 6 juta. Lucas tetap bermain dengan Grêmio sampai akhir musim Copa Libertadores musim 2007. Mereka berhasil sampai ke final di mana mereka bertemu Boca Juniors. Namun, Lucas mengalami cedera, menyebabkan dia memulai leg pertama di bangku cadangan.

Dengan Grêmio tertinggal 1-0 dan Sandro Goiano diusir dari lapangan. Lucas dimasukkan untuk membantu menopang lini tengah , tetapi tidak berhasil dan Grêmio kalah 3-0 . Lucas kembali di starting line - up untuk leg kedua , tapi lagi-lagi dikalahkan Grêmio , kali ini 2-0.

Pada tanggal 26 Juli 2007, ia secara resmi diperkenalkan sebagai pemain Liverpool untuk biaya sebesar £ 5 juta dan diberikan izin internasional untuk bersaing di final Barclays Asia Trophy. Manajer Rafael Benitez senang dengan penandatanganan, ia mengatakan, "Saya menunggu untuk melihat dia mencetak gol untuk Liverpool di masa depan dan kita percaya dia memiliki mentalitas dan karakter yang anda butuhkan untuk bermain dengan baik di Inggris".  

Hari berikutnya, Lucas melakukan debut melawan Portsmouth, masuk menggantikan Mohamed Sissoko di babak kedua. Ia juga memberikan penalti dalam pertandingan melawan Everton setelah Phil Neville melakukan hand ball.

Pada akhir November, manajer Benitez memberi Lucas kesempatan untuk memulai permainan di lini tengah Liverpool. Lucas mencetak gol pertamanya untuk Liverpool pada tanggal 27 Januari 2008 ketika ia melakukan tembakan 25 - yard ke pojok atas saat pertandingan Piala FA melawan Havant and Waterlooville, menjadi pemain Brasil pertama yang mencetak gol untuk Liverpool. 

Lucas adalah mantan kapten Timnas Brasil U-20 . Dia memimpin tim untuk kemenangan di 2007 Youth Championship Amerika Selatan , mencetak 4 gol. Dia diharapkan untuk memimpin tim lagi di FIFA U-20 Piala Dunia 2007 yang diselenggarakan di Kanada pada bulan Juli 2007 dan sudah tercantum dalam skuad mereka. Namun cedera dalam sesi latihan membuatnya harus menepi selama 3 minggu, ia akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari skuad.

Pada bulan Oktober 2006 , Lucas termasuk dalam skuad senior Brasil untuk pertandingan persahabatan melawan klub Kuwait, Al-Kuwait dan Ekuador. Dia melakukan debut untuk Brasil pada 7 Oktober 2006 datang sebagai pengganti babak kedua melawan Al-Kuwait yang mana Brasil menang dengan skor 4-0. Namun, penampilan ini tidak dihitung sebagai caps pertamanya karena pertandingan itu tidak dianggap sebagai pertandingan persahabatan resmi oleh FIFA .

Lucas memperoleh caps internasional resmi pertama bersama Brazil  pada tanggal 22 Agustus 2007, datang sebagai pengganti dalam pertandingan persahabatan melawan Aljazair.  Pada bulan Juni 2008 , Lucas berada dalam skuad Brasil untuk pertandingan pemanasan olimpiade.

Pada tanggal 19 Agustus, Lucas diganjar kartu merah di semifinal olimpiade antara Brasil dan Argentina. Argentina menang 3-0. Pada bulan Agustus 2009 , Lucas dipanggil kembali ke skuad senior Brasil. Setelah kehilangan tempat di skuad Piala Dunia Brasil di Afrika Selatan , Lucas bermain 90 menit penuh dalam pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat pada tanggal 10 Agustus 2010.

Pada musim 2010/11, Lucas dianugerahi Penghargaan Pemain Terbaik Liverpool pada Mei 2011. Musim ini merupakan salah satu musim terbaik Lucas karena dianugerahi juga sebagai Man of the Match setelah mengalahkan Stoke City.

Pada 28 Februari 2016, Lucas bermain untuk Liverpool di pertahanan tengah di Final Football League Cup 2016. Namun Lucas gagal menendang pinalti pada babak adu pinalti yang berakhir kemenang untuk City.

Pada 18 Juli 2017, Lucas menyelesaikan kepindahannya ke klub Serie A Lazio seharga £5 juta, mengakhiri 10 tahun masa tinggalnya di Liverpool. Lucas membuat debut resminya untuk klub Roma dalam kemenangan 3-2 atas juara liga Juventus di Supercoppa Italiana, pada 13 Agustus.

Oleh: A. Fiekri I.
Update: 11 Maret 2022, Mohamad Luthfi

Berita Terbaru Lucas Leiva

Bagaimana Kabarnya Sekarang? Skuat Liverpool yang Pernah Pesta Gol 8-0 ke Gawang Besiktas

Bagaimana Kabarnya Sekarang? Skuat Liverpool yang Pernah Pesta Gol 8-0 ke Gawang Besiktas

22-05-2020 22:01

Liverpool pernah mencatatkan kemenangan besar dengan skor 8-0 atas wakil Turki, Besiktas, di pentas Liga Champions.

Lucas Memprediksi Trent Bakal Jadi Salah Satu Pemain Terbaik Dunia

Lucas Memprediksi Trent Bakal Jadi Salah Satu Pemain Terbaik Dunia

11-05-2020 03:28

Gelandang asal Brasil Lucas Leiva mengaku ia sudah memprediksi sejak awal bahwa Trent Alexander-Arnold akan jadi penghuni skuat utama Liverpool dan berkembang jadi salah satu pemain terbaik dunia.

Lucas Leiva Dukung Firmino Patahkan Rekornya di Liverpool

Lucas Leiva Dukung Firmino Patahkan Rekornya di Liverpool

05-02-2020 18:44

Lucas Leiva meyakini sekarang ini hanya masalah waktu saja sebelum akhirnya Roberto Firmino memecahkan rekornya sebagai pemain Brasil dengan caps terbanyak di Liverpool.

Dukungan Kawan dan Lawan Untuk Karius

Dukungan Kawan dan Lawan Untuk Karius

28-05-2018 21:20

Kiper Liverpool Loris Karius mendapatkan banyak dukungan dari banyak pihak setelah melakukan blunder di final Liga Champions.

Leg Kedua Lawan Roma, Liverpool Akan Didukung Fans Lazio dan Lucas Leiva

Leg Kedua Lawan Roma, Liverpool Akan Didukung Fans Lazio dan Lucas Leiva

25-04-2018 00:14

Lucas Leiva mengatakan dirinya, plus fans Lazio, akan mendukung Liverpool secara langsung saat The Reds menjalani pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions di Olimpico.

Lucas: Roma Agresif, Tapi Liverpool Bisa Menang

Lucas: Roma Agresif, Tapi Liverpool Bisa Menang

24-04-2018 22:54

Gelandang asal Brasil Lucas Leiva menyebut AS Roma sebagai tim yang agresif akan tetapi ia meyakini Liverpool nanti akan tetapi bisa lolos ke final Liga Champions musim ini.

Ini Sisi Positif Absennya Coutinho di Liga Champions

Ini Sisi Positif Absennya Coutinho di Liga Champions

09-01-2018 20:52

Eks gelandang Liverpool Lucas Leiva menyebut Philippe Coutinho akan bisa tampil dalam kondisi bugar di Piala Dunia 2018 karena ia absen di sisi Liga Champions musim ini.

Menurut Lucas, Lazio Kalahkan Juventus Karena Hal Ini

Menurut Lucas, Lazio Kalahkan Juventus Karena Hal Ini

17-10-2017 09:07

Gelandang Lazio, Lucas Leiva mengatakan bahwa kemampuan timnya memahami dengan baik gaya sepakbola mereka menjadikan mereka sebagai tim yang lebih baik, dan itu mengapa mereka mampu memiliki awal bagus di Serie A musim ini.

Lucas: Coutinho? Liverpool Bukan Klub yang Hobi Jual Pemain

Lucas: Coutinho? Liverpool Bukan Klub yang Hobi Jual Pemain

13-10-2017 09:30

Keputusan Liverpool menghalangi Barcelona untuk merekrut Philippe Coutinho sama sekali tak membuat terkejut mantan bintang mereka, Lucas Leiva.

Lucas: Di Italia Lebih Taktis Ketimbang Inggris

Lucas: Di Italia Lebih Taktis Ketimbang Inggris

10-08-2017 00:24

Gelandang asal Brasil Lucas Leiva baru beberapa pekan gabung Lazio, namun ia sudah bisa menyadari bahwa di Italia permainan sepakbolanya jauh lebih taktis dan rumit ketimbang di Inggris.