FOLLOW US:

Nama Lengkap : Luka Modric
Tempat Lahir : Zadar, SFR Yugoslavia
Tanggal Lahir : 09 September 1985 (33 Tahun)
Kebangsaan : Kroasia
Klub : Real Madrid
Posisi : Gelandang
No Punggung : 19
Tinggi : 174 cm

Karir

  • 2003 - 2004 : Zrinjski Mostar
  • 2003 - 2008 : Dinamo Zagreb
  • 2004 - 2005 : Inter Zapresic
  • 2008 - 2012 : Tottenham Hotspur
  • 2012 - : Real Madrid

Luka Modric merupakan pemain sepakbola yang lahir di Zadar, Yugoslavia dan berkewarganegaraan Kroasia pada 9 September 1985. Selama karirnya ia sering dimainkan sebagai gelandang tengah, namun ia juga mampu bermain sebagai gelandang serang maupun di posisi sayap.

Setelah menunjukkan performa yang baik selama bergabung di skuat muda Zadar, ia ditarik oleh GNK Dinamo Zagreb pada tahun 2002. Karir internasional Modric dimulai sejak kontrak peminjamannya kepada Zrinjski Mostar dan Inter Zapresic.

Saat bermain untuk GNK Dinamo Zagreb, Modric mampu mengantarkan klubnya memenangkan tiga gelar juara konsekutif dan beberapa turnamen domestik. Pada tahun 2007, Modic mendapatkan gelar Player of the Year dari Prva HNL.

Modric telah berpartisipasi di tiga turnamen utama dunia, yakni FIFA World Cup 2006, UEFA Euro 2008 dan 2012. Pada Euro 2008, Tottenham Hotspur mendapatkan gelar Team of the Tournament, dan menjadikan Modric sebagai pemain Kroasia kedua yang pernah mendapatkan penghargaan tersebut.

Di usia anak-anak, Modric menjadi saksi sejarah Perang Kroasia yang merenggut nyawa kakeknya dan menghalanginya untuk bermain sepakbola. Keluarga Modric akhirnya mendaftarkannya ke sekolah menengah dan akademi olahraga lokal dengan kesulitan ekonomi yang mereka derita karena perang.

Di usia 16 tahun akhirnya Modric diterima untuk bergabung di Dinamo Zagreb setelah menunjukkan performa yang baik selama bermain untuk skuat muda NK Zadar.

Setelah satu musim bersama tim muda Dinamo Zagreb, pada 2003 ia dipinjamkan ke Zrinjski Mostar unttuk bermain di turnamen Premier League of Bosnia and Herzegovina. Selama kontrak peminjaman tersebut, Modric menunjukkan gaya bermain yang memukau dan mendapatkan gelar Bosnian and Herzegovinian League Player of the Year di usia 18 tahun.

Di tahun berikutnya, ia kembali dipinjamkan ke Inter Zapresic yang bermarkas di negara asalnya. Ia bermain selama satu musim untuk Inter Zapresic dan mengantarkan klub tersebut menduduki posisi kedua di klasemen liga pertama Kroasia, juga memastikan posisi Inter Zapresic untuk tampil di babak penyisihan turnamen UEFA Cup. Pada tahun 2004 Modric juga dianugerahi penghargaan Croatian Football Hope of the Year. Kemudian ia kembali ke Zagreb pada tahun 2005.

Di tahun 2005, Modric memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan masa panjang yakni 10 tahun bergabung bersama Dinamo Zagreb. Modric menunjukkan karir yang cemerlang selama enam tahun bergabung dalam Dinamo Zagreb, mencetak 31 gol dan berkontribusi cukup besar pada musim 2007-2008 saat Dinamo menjadi juara Croatian Cup.

Modric setuju untuk ditransfer ke Tottenham Hotspur pada April 2008 dan menandatangani kontrak enam tahun dengan manajemen tim. Selama bermain untuk Tottenham Hotspur, ia sering diturunkan sebagai playmaker di posisi gelandang tengah, biasanya dipasangkan dengan Jermaine Jenas untuk mengoptimalkan jangkauan tendangan dan kreativitas teknik.

Di musim 2008-2009, Modric mengalami cidera pada lututnya dan dikritik oleh beberapa media karena penurunan berat badannya. Faktor tersebut menurunkan performanya dan menjadikannya kurang efektif di atas lapangan.

Di awal musim 2009-2010, mantan kapten Tottenham Hotspur, Jamie Redknapp berbicara tentang Modric pada media, “Dia adalah seorang pemain yang sangat baik dan merupakan harapan sang menajer. Ia berlatih seperti setan dan tidak pernah memberikan komplain, ia akan bermain di atas lapangan dengan ataupun tanpa bola dan mampu melumpuhkan sisi pertahanan lawan dengan triknya. Dia bisa masuk ke dalam empat tim terbaik dunia dan akan menjadi lebih baik lagi pada musim ini.”

Pada Mei 2010, Modric menerima perpanjangan kontrak dari Tottenham Hotspur yang akan berakhir pada tahun 2016.

Modric bermain pada 32 pertandingan di turnamen Premier League selama musim 2010-2011, mencetak tiga gol dan mencapai akurasi tendangan sampai 87.4%. Di akhir musim tersebut, Modic mendapatkan pengahragaan Tottenham Hotspur F.C. Player of the Year.

Pada musim panas 2011, Modric diincar oleh Chelsea yang menjanjikan gaji transfer sebesar 22 juta Euro dan 27 juta Euro, dan kedua tawaran tersebut ditolak.

Pada Agustus 2012, Real Madrid mengumumkan bahwa manajemen mereka telah menyetujui transfer Modric dari Tottenham Hotspur dengan bayaran 33 juta Euro. Modric menandatangani kontrak lima tahun dengan klub Spanyol tersebut.

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Luka Modric

Bernardo Silva Jadi Target Nomor Satu Real Madrid

Bernardo Silva Jadi Target Nomor Satu Real Madrid

20-01-2019 19:40

Gelandang serbabisa Manchester City Bernardo Silva dikabarkan menjadi buruan nomor satu Real Madrid musim panas mendatang.

Kalahkan Sevilla, Real Madrid Belum Mau Pikirkan Barcelona

Kalahkan Sevilla, Real Madrid Belum Mau Pikirkan Barcelona

20-01-2019 16:00

Modric menyebut timnya tidak boleh memikirkan tim-tim yang berada di atas mereka dan terus fokus meraih kemenangan.

Tepis Rumor, Luka Modric Siap Bertahan Lama di Real Madrid

Tepis Rumor, Luka Modric Siap Bertahan Lama di Real Madrid

20-01-2019 15:40

Modric menyebut ia bahagia berada di Santiago Bernabeu dan ia ingin bertahan lebih lama di sana.

Inter Milan Siapkan Skema Perekrutan Luka Modric

Inter Milan Siapkan Skema Perekrutan Luka Modric

17-01-2019 20:00

Klub berjuluk La Beneamata itu dikabarkan tengah menyiapkan rencana untuk memboyong sang gelandang di musim dingin nanti.

Modric Tak Mau Madrid Terus Alami Kesengsaraan

Modric Tak Mau Madrid Terus Alami Kesengsaraan

07-01-2019 20:54

Luka Modric menyebut apa yang terjadi di Los Blancos saat ini tidak normal dan ia mengajak semua orang untuk mencari solusi agar Real Madrid tidak terus sengsara.

Madrid Keok, Modric Minta Jangan Salahkan Solari

Madrid Keok, Modric Minta Jangan Salahkan Solari

07-01-2019 09:33

Real Madrid menelan kekalahan saat menjamu Real Sociedad dalam ajang La Liga.

Luka Modric Sulit, Inter Milan Coba Bajak Mateo Kovacic

Luka Modric Sulit, Inter Milan Coba Bajak Mateo Kovacic

01-01-2019 03:03

Klub berjuluk Nerrazurri itu dikabarkan tertarik merekrut kompariot Modric, Mateo Kovacic.

Nani Anggap Ballon d'Or 2018 Seharusnya Diberikan ke Ronaldo, Bukan Modric

Nani Anggap Ballon d'Or 2018 Seharusnya Diberikan ke Ronaldo, Bukan Modric

27-12-2018 02:00

Tidak sedikit orang yang menyayangkan gelar Ballon d'Or 2018 jatuh ke tangan gelandang Real Madrid, Luka Modric. Pemain asal Portugal, Nani, merasa trofi tersebut lebih pantas diberikan kepada bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Modric: Sepakbola Tidak Melulu Soal Gol

Modric: Sepakbola Tidak Melulu Soal Gol

21-12-2018 22:12

Luka Modric mengaku dirinya sangat senang bisa mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam perebutan trofi Ballon d'Or untuk membuktikan bahwa sepakbola tidak melulu soal mencetak banyak gol.

Luka Modric Jelaskan Pentingnya Trofi Piala Dunia Antarklub

Luka Modric Jelaskan Pentingnya Trofi Piala Dunia Antarklub

18-12-2018 10:40

Real Madrid akan melawan Kashima Antlers pada semifinal Club World Cup alias Piala Dunia Antarklub, Rabu (18/12) malam WIB. Laga itu begitu penting bagi Madrid yang membutuhkan kemenangan untuk mempertahankan semangat skuat.