FOLLOW US:

Nama Lengkap : Luka Modric
Tempat Lahir : Zadar, SFR Yugoslavia
Tanggal Lahir : 09 September 1985 (34 Tahun)
Kebangsaan : Kroasia
Klub : Real Madrid
Posisi : Gelandang
No Punggung : 19
Tinggi : 174 cm

Karir

  • 2003 - 2004 : Zrinjski Mostar
  • 2003 - 2008 : Dinamo Zagreb
  • 2004 - 2005 : Inter Zapresic
  • 2008 - 2012 : Tottenham Hotspur
  • 2012 - : Real Madrid

Luka Modric merupakan pemain sepakbola yang lahir di Zadar, Yugoslavia dan berkewarganegaraan Kroasia pada 9 September 1985. Selama karirnya ia sering dimainkan sebagai gelandang tengah, namun ia juga mampu bermain sebagai gelandang serang maupun di posisi sayap.

Setelah menunjukkan performa yang baik selama bergabung di skuat muda Zadar, ia ditarik oleh GNK Dinamo Zagreb pada tahun 2002. Karir internasional Modric dimulai sejak kontrak peminjamannya kepada Zrinjski Mostar dan Inter Zapresic.

Saat bermain untuk GNK Dinamo Zagreb, Modric mampu mengantarkan klubnya memenangkan tiga gelar juara konsekutif dan beberapa turnamen domestik. Pada tahun 2007, Modic mendapatkan gelar Player of the Year dari Prva HNL.

Modric telah berpartisipasi di tiga turnamen utama dunia, yakni FIFA World Cup 2006, UEFA Euro 2008 dan 2012. Pada Euro 2008, Tottenham Hotspur mendapatkan gelar Team of the Tournament, dan menjadikan Modric sebagai pemain Kroasia kedua yang pernah mendapatkan penghargaan tersebut.

Di usia anak-anak, Modric menjadi saksi sejarah Perang Kroasia yang merenggut nyawa kakeknya dan menghalanginya untuk bermain sepakbola. Keluarga Modric akhirnya mendaftarkannya ke sekolah menengah dan akademi olahraga lokal dengan kesulitan ekonomi yang mereka derita karena perang.

Di usia 16 tahun akhirnya Modric diterima untuk bergabung di Dinamo Zagreb setelah menunjukkan performa yang baik selama bermain untuk skuat muda NK Zadar.

Setelah satu musim bersama tim muda Dinamo Zagreb, pada 2003 ia dipinjamkan ke Zrinjski Mostar unttuk bermain di turnamen Premier League of Bosnia and Herzegovina. Selama kontrak peminjaman tersebut, Modric menunjukkan gaya bermain yang memukau dan mendapatkan gelar Bosnian and Herzegovinian League Player of the Year di usia 18 tahun.

Di tahun berikutnya, ia kembali dipinjamkan ke Inter Zapresic yang bermarkas di negara asalnya. Ia bermain selama satu musim untuk Inter Zapresic dan mengantarkan klub tersebut menduduki posisi kedua di klasemen liga pertama Kroasia, juga memastikan posisi Inter Zapresic untuk tampil di babak penyisihan turnamen UEFA Cup. Pada tahun 2004 Modric juga dianugerahi penghargaan Croatian Football Hope of the Year. Kemudian ia kembali ke Zagreb pada tahun 2005.

Di tahun 2005, Modric memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan masa panjang yakni 10 tahun bergabung bersama Dinamo Zagreb. Modric menunjukkan karir yang cemerlang selama enam tahun bergabung dalam Dinamo Zagreb, mencetak 31 gol dan berkontribusi cukup besar pada musim 2007-2008 saat Dinamo menjadi juara Croatian Cup.

Modric setuju untuk ditransfer ke Tottenham Hotspur pada April 2008 dan menandatangani kontrak enam tahun dengan manajemen tim. Selama bermain untuk Tottenham Hotspur, ia sering diturunkan sebagai playmaker di posisi gelandang tengah, biasanya dipasangkan dengan Jermaine Jenas untuk mengoptimalkan jangkauan tendangan dan kreativitas teknik.

Di musim 2008-2009, Modric mengalami cidera pada lututnya dan dikritik oleh beberapa media karena penurunan berat badannya. Faktor tersebut menurunkan performanya dan menjadikannya kurang efektif di atas lapangan.

Di awal musim 2009-2010, mantan kapten Tottenham Hotspur, Jamie Redknapp berbicara tentang Modric pada media, “Dia adalah seorang pemain yang sangat baik dan merupakan harapan sang menajer. Ia berlatih seperti setan dan tidak pernah memberikan komplain, ia akan bermain di atas lapangan dengan ataupun tanpa bola dan mampu melumpuhkan sisi pertahanan lawan dengan triknya. Dia bisa masuk ke dalam empat tim terbaik dunia dan akan menjadi lebih baik lagi pada musim ini.”

Pada Mei 2010, Modric menerima perpanjangan kontrak dari Tottenham Hotspur yang akan berakhir pada tahun 2016.

Modric bermain pada 32 pertandingan di turnamen Premier League selama musim 2010-2011, mencetak tiga gol dan mencapai akurasi tendangan sampai 87.4%. Di akhir musim tersebut, Modic mendapatkan pengahragaan Tottenham Hotspur F.C. Player of the Year.

Pada musim panas 2011, Modric diincar oleh Chelsea yang menjanjikan gaji transfer sebesar 22 juta Euro dan 27 juta Euro, dan kedua tawaran tersebut ditolak.

Pada Agustus 2012, Real Madrid mengumumkan bahwa manajemen mereka telah menyetujui transfer Modric dari Tottenham Hotspur dengan bayaran 33 juta Euro. Modric menandatangani kontrak lima tahun dengan klub Spanyol tersebut.

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Luka Modric

Modric Pernah Nyaris Bergabung dengan Chelsea, Seperti Apa Kisahnya?

Modric Pernah Nyaris Bergabung dengan Chelsea, Seperti Apa Kisahnya?

19-08-2020 02:05

Talenta seorang Luka Modric sudah terdeteksi sejak dirinya memperkuat Tottenham beberapa tahun yang lalu. Namun, gelandang asal Kroasia tersebut berhasil mencapai masa-masa kejayaannya saat memperkuat Real Madrid.

Barisan Gelandang Box-to-Box Terbaik di Dunia, Henderson dan Pogba Jelas Masuk

Barisan Gelandang Box-to-Box Terbaik di Dunia, Henderson dan Pogba Jelas Masuk

12-08-2020 04:01

Saat ini ada banyak gelandang bertipe box-to-box kelas dunia yang beredar di dunia sepak bola dan mereka menjadi bagian vital dari kesuksesan banyak tim.

Cerita Menggelitik Modric yang Kini Menjadi Ayah Bagi Rodrygo di Madrid

Cerita Menggelitik Modric yang Kini Menjadi Ayah Bagi Rodrygo di Madrid

27-07-2020 17:04

Playmaker senior Real Madrid Luka Modric cukup kaget mendengar cerita bahwa ayah Rodrygo nyaris seumuran dengannya dan ia kini menjadi ayah kedua bagi winger asal Brasil tersebut.

Ditinggal Cristiano Ronaldo tak Pernah Jadi Masalah Bagi Real Madrid

Ditinggal Cristiano Ronaldo tak Pernah Jadi Masalah Bagi Real Madrid

23-07-2020 22:24

Gelandang Real Madrid Luka Modric mengatakan hengkangnya Cristiano Ronaldo tak benar-benar menjadi masalah karena Los Blancos sejatinya selalu optimis akan bisa sukses tanpanya.

Luka Modric: Semua Orang Akhirnya Bisa Lihat Kualitas Karim Benzema

Luka Modric: Semua Orang Akhirnya Bisa Lihat Kualitas Karim Benzema

23-07-2020 19:00

Gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan pujian kepada Karim Benzema.

Luka Modric Bagikan Rahasia Real Madrid Juara La Liga: Semua Dimulai Saat Lockdown

Luka Modric Bagikan Rahasia Real Madrid Juara La Liga: Semua Dimulai Saat Lockdown

23-07-2020 07:00

Luka Modric membocorkan sedikit rahasia di balik keberhasilan Real Madrid menjuarai La Liga 2019/20 ini. Sebenarnya tak ada yang spesial, hanya tentang komitmen dan kerja keras pemain.

Gelar yang Buktikan Real Madrid Sudah 'Move On' dari Cristiano Ronaldo

Gelar yang Buktikan Real Madrid Sudah 'Move On' dari Cristiano Ronaldo

23-07-2020 06:45

Gelar La Liga 2019/20 ini terasa istimewa bagi Real Madrid. Bukan hanya karena mereka berhasil mengalahkan Barcelona, tapi juga sebagai pembuktian bahwa Madrid bisa jadi juara tanpa perlu mengandalkan satu megabintang.

Kisah Luka Modric, Bintang Real Madrid yang Jadi Korban Perang Balkan

Kisah Luka Modric, Bintang Real Madrid yang Jadi Korban Perang Balkan

04-07-2020 20:36

Nama Luka Modric merupakan salah satu pesepak bola yang sukses di kancah Internasional. Bersama Real Madrid, Modric menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia.

Dua Tahun Berlalu, Real Madrid Ternyata Belum Move On dari Cristiano Ronaldo

Dua Tahun Berlalu, Real Madrid Ternyata Belum Move On dari Cristiano Ronaldo

15-06-2020 18:40

Gelandang Real Madrid itu mengakui bahwa timnya hingga hari ini masih merindukan sosok Cristiano Ronaldo.

Mau Jadi Pemain Terbaik di Dunia, Kylian Mbappe Disebut Harus Tinggalkan PSG

Mau Jadi Pemain Terbaik di Dunia, Kylian Mbappe Disebut Harus Tinggalkan PSG

15-06-2020 18:20

Sebuah saran diberikan Luka Modric kepada Kylian Mbappe.