FOLLOW US:

Nama Lengkap : Marcelo Vieira da Silva Junior
Tempat Lahir : Rio de Janeiro, Brasil
Tanggal Lahir : 12 Mei 1988 (30 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : Real Madrid
Posisi : Bek
No Punggung : 12
Tinggi : 172 cm

Karir

Marcelo Vieira da Silva Junior adalah seorang pemain sepakbola berkewarganegaraan Brazil yang dikenal sebagai atlit berbakat karena teknik bermainnya yang baik dan tendangan yang tepat sasaran. Selama karirnya ia sering bermain di posisi bek kiri, namun ia juga mampu bermain sebagai sayap kiri.

Kemampuan Marcelo sering dibandingkan dengan Roberto Carlos, yang mengaku bahwa Marcelo adalah penerusnya dan seorang pemain bek terbaik di dunia. Roberto bahkan pernah mengatakan pada media bahwa Marcelo menguasai teknik bermain yang lebih baik daripada dirinya.

Beberapa pemain sepakbola legendaris lainnya seperti Paolo Maldini dan Diego Maradona juga mengakui kemampuan Marcelo dan menobatkannya sebagai pemain bek terbaik di dunia.

Marcelo mengawali karirnya sebagai atlit dengan bermain futsal sejak usia sembilan tahun. Dan pada usia tiga belas tahun, ia tercatat sebagai pemain klub Fluminense yang bermarkas di Rio de Janeiro.

Marcelo datang dari latar keluarga kurang mampu dan ia sering merasa tidak mampu untuk melanjutkan perjalanan karir sepakbolanya karena keadaan ekonomi keluarganya. Namun rekan-rekan dalam klubnya menganggap Marcelo sebagai ‘perhiasan mahkota’ klub yang sangat berharga dan berhasil meyakinkan Marcelo untuk melanjutkan karirnya sebagai pemain sepakbola.

Marcelo bergabung dengan Real Madrid pada musim transfer di bulan Januari 2007. Presiden klub Ramon Calderon menyambut kedatangan Marcelo dengan berkata, “Bergabungnya Marcelo dalam klub ini merupakan hal yang sangat penting. Dia adalah seorang pemain muda yang mampu memberikan suasana baru pada pemain lain dan dia merupakan bagian dari rencana kami untuk memasukkan pemain-pemain muda ke dalam skuat. Kami sangat senang karena ia merupakan sebuah permata yang diincar oleh separuh dari klub-klub Eropa.” Banyak suporter menganggap Marcelo sebagai penerus potensial dari Roberto Carlos di posisi bek kiri.

Pada musim 2007-2008, yakni di masa debutnya bersama Real Madrid, Marcelo telah bermain di hampir semua pertandingan dalam semusim, dibawah arahan manajer Bernd Schuster. Kemampuan dan tekniknya, kecepatan berlari, serangan dan pertahanannya yang sangat baik menjadikannya sebagai pemain yang sangat penting untuk Real Madrid.

Marcelo tidak mampu memberikan performanya yang baik di tahun 2009, dan hal itu membuatnya harus duduk di bangku cadangan selama musim 2008-2009. Manajer Juande Ramos menurunkan Marcelo di posisi sayap dalam beberapa pertandingan dan mengatakan bahwa dalam karir Marcelo selanjutnya, ia akan bermain di posisi sayap, namun akan diposisikan sebagai bek jika memang diperlukan.

Dibawah arahan pelatih Manuel Pellegrini sepanjang musim 2009-2010, Marcelo selalu bermain sebagai starter dan diturunkan di sisi kiri lapangan, berperan sebagai pemain penyerang serta bertahan. Ia tetap diturunkan sebagai sayap kiri oleh Pllegrini dan berhasil mengantarkan Real Madrid mencapai posisi puncak klasemen La Liga.  

Penampilan sukses yang ditunjukkan selama tahun 2008-2010 oleh Marcelo berbuah dengan perpanjangan kontrak yang mengikatnya sampai Juni 2015. Musim 2009-2010 merupakan musim terbaik Marcelo selama berkarir dalam Real Madrid.

Pada musim 2010-2011, dibawah arahan pelatih Jose Mourinho, Marcelo kembali ditempatkan di posisi awal, yakni bek kiri. Marcelo bermain di semua pertandingan liga, menunjukkan pertahanan kuat dan serangan-serangan ke gawang lawang yang mengundang pujian dari sang pelatih.

Pada November 2011, Marcelo termasuk dalam 55 pemain yang akan bermain di turnamen FIFPro World XI. Selama musim ini, Marcelo menerima banyak pujian dari media massa dan banyak yang menganggapnya sebagai pemain bek kiri terbaik di di dunia. Diego Maradona mengakuinya sebagai pemain terbaik ketiga di turnamen La Liga, setelah Christian Ronaldo dan Lionel Messi.

Di bulan April 2013, Marcelo dipilih sebagai salah satu ikon dari Adidas bersama beberapa rekannya di Real Madrid dan mengisi acara promosi produk tersebut di Jerman.

Di acara tersebut, Marcelo mengatakan, “Selama karir ini saya telah mewujudkan beberapa mimpi saya dan sesungguhnya hal ini juga merupakan salah satu mimpi saya. Berdiri di samping pada bintang Adidas adalah pengalaman fantastis. Mereka memberikan ucapan selamat pada saya karena Adidas merupakan produk yang sangat besar dan saya merasa senang.”



Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Marcelo

Marcelo Berikan Segalanya Untuk Zidane

Marcelo Berikan Segalanya Untuk Zidane

12-02-2019 19:20

Bek Real Madrid itu mengakui bahwa ia merindukan sosok Zinedine Zidane yang menurutnya mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Diisukan Gabung Juventus, Marcelo: Itu Akal-Akalan Media!

Diisukan Gabung Juventus, Marcelo: Itu Akal-Akalan Media!

12-02-2019 18:20

Marcelo menegaskan kabar itu adalah sebuah hoax yang dibuat oleh media.

Pengakuan, Marcelo Ternyata Penggemar Juventus dan Nedved

Pengakuan, Marcelo Ternyata Penggemar Juventus dan Nedved

12-02-2019 02:48

Di tengah rumor kedekatannya dengan Juventus, bek Real Madrid, Marcelo, membuat sebuah pengakuan. Pemain asal Brasil tersebut berkata bahwa saat masih kecil dulu, ia sering menyaksikan Juventus dan mengidolakan sang legenda, Pavel Nedved.

Kesepian, Marcelo Mungkin akan Tinggalkan Madrid

Kesepian, Marcelo Mungkin akan Tinggalkan Madrid

12-02-2019 00:30

Bek Real Madrid, Marcelo, dengan gamblang mengaku bahwa dirinya sedang kesepian di Santiago Bernabeu. Maka dari itu, walau berkata bahwa dirinya tak ingin pergi, namun peluang untuk angkat kaki dari Los Merengues tetap ia buka lebar-lebar.

Solari: Marcelo Gabung Juventus?

Solari: Marcelo Gabung Juventus?

07-02-2019 17:40

Solari membantah kabar itu karena menurutnya Marcelo masih akan bertahan lama di Santiago Bernabeu.

Juventus Ajukan Proposal Pembelian Marcelo

Juventus Ajukan Proposal Pembelian Marcelo

02-02-2019 10:16

Juara bertahan Serie A itu dikabarkan akan mengajukan proposal pembelian untuk bek kiri Real Madrid tersebut.

Marcelo Sering Dicadangkan, Begini Alasan Santiago Solari

Marcelo Sering Dicadangkan, Begini Alasan Santiago Solari

24-01-2019 10:40

Bek kiri andalan Real Madrid, Marcelo beberapa kali harus rela duduk di bangku cadangan sepanjang musim 2017/18 ini. Marcelo harus merelakan tempatnya pada Sergio Reguilon, bek muda Real Madrid yang memiliki potensi.

Real Madrid Relakan Marcelo ke Juventus?

Real Madrid Relakan Marcelo ke Juventus?

21-01-2019 21:40

Juara bertahan Liga Champions, Real Madrid selaku pemilik sang pemain dikabarkan siap melepaskan sang pemain ke Turin dalam waktu dekat.

Ronaldo Terobsesi Untuk Bereuni dengan Marcelo

Ronaldo Terobsesi Untuk Bereuni dengan Marcelo

21-01-2019 18:47

Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo dikabarkan sangat terobsesi untuk bereuni dengan Marcelo dan ia terus membujuk mantan rekannya di Real Madrid itu untuk segera merapat ke Turin.

Marcelo Tampil Gemilang, Solari Belum Puas

Marcelo Tampil Gemilang, Solari Belum Puas

20-12-2018 09:00

Gareth Bale dan hattrick-nya memang jadi bintang utama kemenangan Real Madrid atas Kashima Antlers (3-1) pada semifinal Club World Cup alias Piala Dunia Antarklub, Abu Dhabi, Rabu (19/12) malam WIB kemarin. Namun, permainan Marcelo juga mencuri perhatian.