RAFINHA

Rafinha
Nama Lengkap : Marcio Rafael Ferreira de Souza
Tempat Lahir : Londrina, Brasil
Tanggal Lahir : 07 September 1985 (32 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : Bayern Munich
Posisi : Bek
No Punggung : 13
Tinggi : 171 cm

Karir

Marcio Rafael Ferreira de Souza atau yang lebih akrab dengan panggilan Rafinha adalah pesepakbola kelahiran Brazil yang sudah familiar dengan dunia sepak bola sejak bergabung dengan tim futsal asal kampung halamannya, Gremio Londrinense,  di usianya yang saat itu masih 7 tahun, lebih tepatnya di tahun 1992.

Namanya sendiri memiliki arti “Little Rafa”. Selain itu, pemain yang berbintang Virgo ini dikenal dengan kemampuan di lini pertahanan lapangan yang baik, termasuk juga dengan kemampuan passing, kelincahan dan tendangan akurat yang dimilikinya.

Menjelang di usianya yang ke-12, Rafinha mulai mengikuti pelatihan yang diadakan sebuah klub sepak bola lokal PSTC di tahun 1997. Setelah mendapatkan pelatihan di PSTC selama 4 tahun, dia bergabung dengan klub Londrina Esporte Clube. Setelah menghabiskan satu musim bersama Londrina, Rafinha memutuskan untuk memulai karir profesionalnya bersama klub Coritiba. Hal ini juga membuatnya harus rela meninggalkan kampung halamannya yang terletak ratusan kilometer jauhnya dari kota Coritiba.

Ketika bermain bersama Coritiba pula, Rafinha mendapat jalan untuk memperlebar karirnya di laga internasional. Dia mendapat panggilan untuk bergabung bersama tim nasional Brasil U-20 dan bermain di FIFA World Youth Championship 2005 yang diselenggarakan di Belanda.  Selama turnamen berlangsung, Rafinha mampu menyumbangkan 2 gol. Bersama rekan setimnya, Rafinha berhasil mendapatkan tempat ketiga dan membawa pulang medali perunggu ke Brasil.

Performanya  di turnamen tersebut membuat eksistensinya semakin diakui di sepak bola kancah Eropa. Dan sebuah klub asal Jerman, Schalke-lah yang secara resmi mengontrak bek kanan tersebut dengan estimasi biaya sebesar 5 juta Euro dengan jangka waktu selama 4 tahun.

Sempat memperpanjang kontrak dan menghabiskan 5 musim merumput bersama klub yang berjuluk Die Konigsblauen tersebut, bek yang lahir pada 7 September 1985 silam ini telah menyumbangkan 7 gol yang disarangkannya di total 153 pertandingan.

Pada 4 Agustus 2010, Rafinha secara resmi hijrah dari daratan Jerman dan memutuskan bermain bersama klub asal Italia Genoa. Di 33 pertandingan yang dimainkannya selama 1 tahun, dia mamou mencetak 2 gol untuk klub yang berjuluk The Red-Blues tersebut.

1 Juni 2011, klub besar asal Jerman Bayern Munich mengumumkan bahwa Rafinha ditransfer dari Genoa, bersama Manuel Neuer dari Schalke. Rafinha telah menandatangani kontrak selama 3 tahun dan dikabarkan medapat gaji sebesar 5,5 juta Euro oleh klub.

Bek kanan asal Brazil ini mencetak gol pertamanya untuk Munich saat menjamu Villareal pada 14 September 2011 dan memberikan kemenangan untuk klub dimana skor berakhir 2-0.

Di turnamen Bundesliga pertamanya, Rafinha mencetak gol dengan spesialisasi tendangan di kaki kanannya ini di laga tandang ketika melawan Fortuna Düsseldorf, dimainkan dari bangku cadangan di menit ke-83 pada 20 Oktober 2012.

Di musim panas 2008, Rafinha kembali mendapat kesempatan bermain dan menyumbangkan tenaganya untuk Brazil di Olimpiade Beijing 2008. Namun, klubnya saat itu,  Schalke 04, dan beberapa pemain seperti Diego Ribas da Cunha dari Werder Bremen dan Lionel Messi dari Barcelona, tidak mengijinkan pemain mereka berpartisipasi di turnamen tersebut. Mereka lebih merekomendasikan pemainnya untuk dimainkan di pertandingan domestik ataupun di kompetisi Eropa lainnya.

Schalke tetap menolak Rafinha untuk bermain di Olimpiade, namun dia tetap bersikeras berkompetisi dan tergabung di tim nasional Brazil dan medapatkan medali perunggu. Dikarenakan melanggar aturan dari klub, Schalke memberikan denda Rafinha sebesar 700 ribu Euro.

 

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Rafinha

Rafinha: Kami Bekerja Keras Untuk Liga Champions

Rafinha: Kami Bekerja Keras Untuk Liga Champions

12-03-2018 09:00

Gelandang Serang Inter Milan, Rafinha menyayangkan kegagalan timnya mengalahkan Napoli (0-0) pada laga lanjutan Serie A, Senin (12/3) dini hari WIB. Menurutnya, hasil ini semakin menyulitkan timnya untuk mengamankan tiket Liga Champions musim depan.

Rafinha Siap Rebut Tempat Utama di Inter Milan

Rafinha Siap Rebut Tempat Utama di Inter Milan

25-02-2018 00:50

Pemain yang dipinjam dari Barcelona bertekad untuk merebut tempat utama di Inter dalam waktu dekat.

Betah di Inter, Rafinha Ogah Balik Barcelona

Betah di Inter, Rafinha Ogah Balik Barcelona

25-02-2018 00:30

Pemain Barcelona itu mengaku sudah mulai betah di Inter Milan dan ia berharap bisa pindah secara permanen ke sana.

Usai Tinggalkan Barca, Rafinha Merasa Kian Nyaman

Usai Tinggalkan Barca, Rafinha Merasa Kian Nyaman

14-02-2018 14:30

Rafinha rupanya sangat menikmati pekan-pekan perdana karirnya di Inter Milan.

Hadapi Crotone, Inter Tak Bisa Mainkan Icardi

Hadapi Crotone, Inter Tak Bisa Mainkan Icardi

03-02-2018 09:00

Mauro Icardi akan absen ketika Inter Miilan menjamu Crotone karena cedera, namun pemain anyar Rafinha bakal diberi menit bermain, menurut pelatih Luciano Spalletti.

Rafinha: Tak Pernah Mudah Tinggalkan Barcelona

Rafinha: Tak Pernah Mudah Tinggalkan Barcelona

26-01-2018 10:25

Rafinha mengakui bahwa itu tidak pernah mudah untuk meninggalkan Barcelona, ​​tapi ditegaskan bahwa dia sangat senang berada di Inter Milan.

Rafinha Antusias Hadapi Tantangan Baru di Inter Milan

Rafinha Antusias Hadapi Tantangan Baru di Inter Milan

24-01-2018 15:40

Gelandang Barcelona, Rafinha, mengaku amat termotivasi untuk memanfaatkan semaksimal mungkin kesempatannya bermain di Inter Milan.

Rafinha Berharap Bisa Main Reguler di Inter Milan

Rafinha Berharap Bisa Main Reguler di Inter Milan

23-01-2018 07:30

Barcelona belum lama ini mengumumkan kesepakatan dengan Inter Milan terkait peminjaman Rafinha selama enam bulan.

Inter Milan Resmi Dapatkan Rafinha dari Barcelona

Inter Milan Resmi Dapatkan Rafinha dari Barcelona

23-01-2018 03:42

Inter Milan akhirnya berhasil mendapatkan gelandang milik Barcelona; Rafinha Alcantara.

Soal Rafinha, Inter Dikritik Beli Pemain Cadangan

Soal Rafinha, Inter Dikritik Beli Pemain Cadangan

22-01-2018 22:04

Esteban Cambiasso memberi kritik kepada kebijakan klub yang pernah dibelanya, Inter Milan. Menurut Cambiasso, dalam kasus transfer Rafinha, Inter hanya membeli pemain dengan status cadangan di klub lamanya.