FOLLOW US:

RAFINHA

Rafinha
Nama Lengkap : Marcio Rafael Ferreira de Souza
Tempat Lahir : Londrina, Brasil
Tanggal Lahir : 07 September 1985 (34 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : Bayern Munich
Posisi : Bek
No Punggung : 13
Tinggi : 171 cm

Karir

Marcio Rafael Ferreira de Souza atau yang lebih akrab dengan panggilan Rafinha adalah pesepakbola kelahiran Brazil yang sudah familiar dengan dunia sepak bola sejak bergabung dengan tim futsal asal kampung halamannya, Gremio Londrinense,  di usianya yang saat itu masih 7 tahun, lebih tepatnya di tahun 1992.

Namanya sendiri memiliki arti “Little Rafa”. Selain itu, pemain yang berbintang Virgo ini dikenal dengan kemampuan di lini pertahanan lapangan yang baik, termasuk juga dengan kemampuan passing, kelincahan dan tendangan akurat yang dimilikinya.

Menjelang di usianya yang ke-12, Rafinha mulai mengikuti pelatihan yang diadakan sebuah klub sepak bola lokal PSTC di tahun 1997. Setelah mendapatkan pelatihan di PSTC selama 4 tahun, dia bergabung dengan klub Londrina Esporte Clube. Setelah menghabiskan satu musim bersama Londrina, Rafinha memutuskan untuk memulai karir profesionalnya bersama klub Coritiba. Hal ini juga membuatnya harus rela meninggalkan kampung halamannya yang terletak ratusan kilometer jauhnya dari kota Coritiba.

Ketika bermain bersama Coritiba pula, Rafinha mendapat jalan untuk memperlebar karirnya di laga internasional. Dia mendapat panggilan untuk bergabung bersama tim nasional Brasil U-20 dan bermain di FIFA World Youth Championship 2005 yang diselenggarakan di Belanda.  Selama turnamen berlangsung, Rafinha mampu menyumbangkan 2 gol. Bersama rekan setimnya, Rafinha berhasil mendapatkan tempat ketiga dan membawa pulang medali perunggu ke Brasil.

Performanya  di turnamen tersebut membuat eksistensinya semakin diakui di sepak bola kancah Eropa. Dan sebuah klub asal Jerman, Schalke-lah yang secara resmi mengontrak bek kanan tersebut dengan estimasi biaya sebesar 5 juta Euro dengan jangka waktu selama 4 tahun.

Sempat memperpanjang kontrak dan menghabiskan 5 musim merumput bersama klub yang berjuluk Die Konigsblauen tersebut, bek yang lahir pada 7 September 1985 silam ini telah menyumbangkan 7 gol yang disarangkannya di total 153 pertandingan.

Pada 4 Agustus 2010, Rafinha secara resmi hijrah dari daratan Jerman dan memutuskan bermain bersama klub asal Italia Genoa. Di 33 pertandingan yang dimainkannya selama 1 tahun, dia mamou mencetak 2 gol untuk klub yang berjuluk The Red-Blues tersebut.

1 Juni 2011, klub besar asal Jerman Bayern Munich mengumumkan bahwa Rafinha ditransfer dari Genoa, bersama Manuel Neuer dari Schalke. Rafinha telah menandatangani kontrak selama 3 tahun dan dikabarkan medapat gaji sebesar 5,5 juta Euro oleh klub.

Bek kanan asal Brazil ini mencetak gol pertamanya untuk Munich saat menjamu Villareal pada 14 September 2011 dan memberikan kemenangan untuk klub dimana skor berakhir 2-0.

Di turnamen Bundesliga pertamanya, Rafinha mencetak gol dengan spesialisasi tendangan di kaki kanannya ini di laga tandang ketika melawan Fortuna Düsseldorf, dimainkan dari bangku cadangan di menit ke-83 pada 20 Oktober 2012.

Di musim panas 2008, Rafinha kembali mendapat kesempatan bermain dan menyumbangkan tenaganya untuk Brazil di Olimpiade Beijing 2008. Namun, klubnya saat itu,  Schalke 04, dan beberapa pemain seperti Diego Ribas da Cunha dari Werder Bremen dan Lionel Messi dari Barcelona, tidak mengijinkan pemain mereka berpartisipasi di turnamen tersebut. Mereka lebih merekomendasikan pemainnya untuk dimainkan di pertandingan domestik ataupun di kompetisi Eropa lainnya.

Schalke tetap menolak Rafinha untuk bermain di Olimpiade, namun dia tetap bersikeras berkompetisi dan tergabung di tim nasional Brazil dan medapatkan medali perunggu. Dikarenakan melanggar aturan dari klub, Schalke memberikan denda Rafinha sebesar 700 ribu Euro.

 

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Rafinha

Momen Ketika Robertson Rencanakan Aksi Balas Dendam Pada Rafinha di Laga Liverpool vs Flamengo

Momen Ketika Robertson Rencanakan Aksi Balas Dendam Pada Rafinha di Laga Liverpool vs Flamengo

22-12-2019 16:16

Bek kiri Liverpool Andrew Robertson tertangkap kamera merencanakan aksi balas dendam pada bek Flamengo, Rafinha, karena sebelumnya mengerjai Sadio Mane.

Rafinha Senang Jika Neymar Kembali ke Barcelona

Rafinha Senang Jika Neymar Kembali ke Barcelona

23-11-2018 15:10

Neymar masih terus dikaitkan dengan mantan klubnya Barcelona.

AS Roma Tertarik Boyong Rafinha

AS Roma Tertarik Boyong Rafinha

21-11-2018 14:40

Klub asal Italia, AS Roma dikabarkan siap memboyongnya pada bursa transfer musim dingin nanti.

Rafinha Tidak Akan Kembali ke Inter Milan

Rafinha Tidak Akan Kembali ke Inter Milan

20-11-2018 22:00

Klub asal Italia itu kabarnya kesulitan untuk mendatangkan gelandang Barcelona itu di bulan Januari nanti.

Usai Inter Milan, Barcelona Bidik Kemenangan di El Clasico

Usai Inter Milan, Barcelona Bidik Kemenangan di El Clasico

25-10-2018 14:40

Rafinha menyebut kemenangan ini akan membuat timnya semakin terpacu untuk mengalahkan Real Madrid di akhir pekan nanti.

Rafinha: Barcelona Haram Remehkan Inter Milan

Rafinha: Barcelona Haram Remehkan Inter Milan

23-10-2018 17:40

Rafinha menyebut wakil Italia itu adalah tim yang kuat dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Batal Dibeli Inter Milan, Rafinha Kecewa Berat

Batal Dibeli Inter Milan, Rafinha Kecewa Berat

23-10-2018 17:20

Sang gelandang mengaku kecewa berat tidak dipermanenkan Inter Milan di musim panas kemarin.

Barcelona Tutup Pintu Keluar Untuk Rafinha

Barcelona Tutup Pintu Keluar Untuk Rafinha

20-10-2018 19:20

Pihak Barcelona dikabarkan tidak akan menjual sang gelandang di bursa transfer Januari nanti.

Valverde Tak Mau Jual Rakitic

Valverde Tak Mau Jual Rakitic

25-08-2018 05:16

Di bursa transfer kali ini, Barcelona melakukan banyak perubahan di lini tengah mereka.

Lupakan Inter, Rafinha Kemungkinan Besar Bertahan di Barcelona

Lupakan Inter, Rafinha Kemungkinan Besar Bertahan di Barcelona

14-08-2018 12:20

Direktur Barcelona Ariedo Braida meyakini Rafinha Alcantara kemungkinan besar akan bertahan di Camp Nou setelah Inter Milan mundur dari opsi pembelian permanen setelah meminjam Rafinha dalam paruh kedua musim 2017/18 lalu. Hal ini lantaran Inter terkendala masalah FFP dan Barca bersikeras tak mau meminjamkan lagi.