MARIOMANDZUKIC

Mario Mandzukic
Nama Lengkap : Mario Mandzukic
Tempat Lahir : Slavonski Brod, SFR Yugoslavia
Tanggal Lahir : 21 Mei 1986 (31 Tahun)
Kebangsaan : Kroasia
Klub : Juventus
Posisi : Penyerang
No Punggung : 17
Tinggi : 187 cm

Karir

Mario Mandzukic merupakan seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Kroasia yang bermain di lini serang tim sebagai striker. Mandzukic mengawali karir sepak bolanya dengan bergabung dalam klub yang bermarkas di Jerman yakni TSF Ditzingen pada tahun 1992.

Pada tahun 2004 Mandzukic menjadi bagian dari NK Marsonia dan hanya bermain untuk satu musim. Dan pada musim panas 2005 ia bergabung dengan NK Zagreb. Performa yang ditunjukkan selama bergabung dalam tim yang bermarkas di Stadion u Kranjcevicevoj tersebut berhasil menarik perhatian dari beberapa tim besar Eropa yakni Chelsea dan Manchester United.

Pada musim panas tahun 2008 Mandzukic dibeli oleh klub Dinamo Zagreb dengan biaya transfer sejumlah €1,3 juta untuk mengisi kekosongan posisi striker yang sebelumnya diisi oleh Eduardo. Di awal kedatangannya dalam klub ia langsung mendapatkan posisi sebagai striker utama tim.

Musim pertama bersama Dinamo Zagreb dihabiskan Mandzukic dengan bermain di 29 pertandingan dan mencetak 12 gol, namun disertai dengan sejumlah pelanggaran yang membuatnya harus menerima 8 kartu kuning sepanjang musim tersebut. Selama musim 2008-2009 Mandzukic menjadi top skorer pada turnamen UEFA Cup dengan mencetak 16 gol pada 28 pertandingan.

Status top skorer yang dimiliki Mandzukic membuatnya layak untuk bergabung dengan sebuah klub asal Jerman, yakni VfL Wolfsburg, pada tahun 2010. Tepatnya di bulan Juli 2010 Mandzukic menandatangani kontrak dengan manajemen VfL Wolfsburg dengan biaya transfer yang dispekulasikan mencapai €7 juta.

Di paruh pertama musim 2010-2011 Mandzukic diturunkan secara rutin sebagai pemain cadangan. Mandzukic lebih sering dimainkan di posisi sayap kiri di bawah arahan pelatih Steve McClaren dan mempercayakan lini serang tim pada Edin Dzeko.

Pada musim selanjutnya terdapat pergantian pelatih dan di bawah arahan Felix Magath, Mandzukic kembali dimainkan di lini serang tim sebagai striker. Setelah mendapatkan kembali posisinya di lapangan, Mandzukic diturunkan pada 24 pertandingan sebagai starter dan mencetak 14 gol.

Mandzukic juga menunjukkan performa impresif saat diturunkan di turnamen UEFA Euro 2012, dimana ia berhasil mencetak tiga gol dan menjadi top skorer.

Pencapaian tersebut menjadikan Mandzukic sebagai salah satu pemain terbaik selama sejarah klub VfL Wolfsburg. Disamping itu ia juga menjadi idola para fans yang mengagumi performanya di atas lapangan serta perilaku baik yang konsisten ditunjukkan oleh striker kelahiran Kroasia ini.

Di penghujung bulan Juli 2012 Mandzukic menandatangani kontrak dengan manajemen klub raksasa Jerman, Bayern Munich dengan biaya transfer sejumlah €13 juta.

Selama musim pertama untuk Bayern Munich, Mandzukic mencetak 15 gol pada 24 pertandingan, memperoleh kembali status sebagai top skorer dan mengantarkan timnya menjuarai beberapa turnamen.

Terhitung lima tropi kejuaraan merupakan hasil partisipasi Mandzukic untuk Bayern Munich sejak tahun 2012. Turnamen yang dimenangkan antara lain adalah Bundesliga, German Cup, UEFA Super Cup, FIFA Club World Cup dan Champions League.

Mandzukic pun menjadi pemain berkewarganegaraan Kroasia pertama yang mencetak gol di babak final Champions League. Di tahun yang sama Mandzukic menerima penghargaan Croatian Footballer of the Year.


Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Mario Mandzukic

Dipaksa Jadi Winger, Mandzukic Malah Kagumi Allegri

Dipaksa Jadi Winger, Mandzukic Malah Kagumi Allegri

08-02-2018 05:44

Mario Mandzukic memberikan pujian kepada pelatihnya di Juventus; Massimiliano Allegri.

Jadi Aktor Utama Kemenangan Juve Atas Genoa, Costa Puas

Jadi Aktor Utama Kemenangan Juve Atas Genoa, Costa Puas

24-01-2018 21:14

Winger Juventus Douglas Costa mengaku sangat puas bisa menjadi penentu kemenangan timnya saat bersua dengan Genoa, Selasa (23/01).

Heboh, Tiongkok Bujuk Mandzukic Tinggalkan Juventus

Heboh, Tiongkok Bujuk Mandzukic Tinggalkan Juventus

29-12-2017 10:00

Hebei China Fortune diklaim tertarik merekrut Mario Mandzukic di Januari, namun sang striker kabarnya lebih memilih bertahan di Juventus, menurut Goal International.

Dapat 13 Jahitan, Mandzukic Terancam Absen Lawan Genoa

Dapat 13 Jahitan, Mandzukic Terancam Absen Lawan Genoa

19-12-2017 08:25

Mario Mandzukic bisa absen dalam pertandingan Juventus melawan Genoa di babak 16 besar Coppa Italia tengah pekan ini, usai mendapatkan 13 jahitan untuk cedera betisnya.

Hasil Pertandingan Juventus vs Inter Milan: 0-0

Hasil Pertandingan Juventus vs Inter Milan: 0-0

10-12-2017 04:44

Antiklimaks, Derby D'Italia Berakhir Tanpa Pemenang

Skuat Juventus Saat Tandang ke Olympiakos: Tanpa Chiellini

Skuat Juventus Saat Tandang ke Olympiakos: Tanpa Chiellini

05-12-2017 07:05

Mario Mandzukic kembali masuk dalam skuat Juventus untuk menghadapi Olympiakos di pertandingan terakhir penyisihan grup Liga Champions. Namun Giorgio Chiellini keluar dari skuat.

Agen Bantah Mandzukic Tak Senang Jadi Sayap Kiri Juventus

Agen Bantah Mandzukic Tak Senang Jadi Sayap Kiri Juventus

29-11-2017 11:45

Agen dari Mario Mandzukic membantah kabar yang mengatakan bahwa kliennya tak bahagia karena terus dimainkan sebagai sayap kiri oleh pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Frustasi Jadi Winger, Mandzukic Minta Dikembalikan Jadi Striker

Frustasi Jadi Winger, Mandzukic Minta Dikembalikan Jadi Striker

25-11-2017 20:10

Mandzukic disebut sudah tidak mau bermain menjadi winger, karena ia butuh bermain sebagai Striker demi tampil di Piala Dunia 2018 mendatang.

Sergio Ramos Pakai Topeng, Bahannya Sama Dengan Mobil F1

Sergio Ramos Pakai Topeng, Bahannya Sama Dengan Mobil F1

23-11-2017 23:05

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos akan memakai topeng untuk melindungi cedera patah tulang hidungnya. Topeng yang dipakai Ramos berbahan sama dengan yang dipakai untuk manufaktur mobil F1.

Ini Alasan Allegri Terus Mainkan Mandzukic

Ini Alasan Allegri Terus Mainkan Mandzukic

31-10-2017 14:45

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri mengatakan bahwa dia memiliki alasan tersendiri mengapa selalu memainkan Mario Mandzukic.