MARIOMANDZUKIC

Mario Mandzukic
Nama Lengkap : Mario Mandzukic
Tempat Lahir : Slavonski Brod, SFR Yugoslavia
Tanggal Lahir : 21 Mei 1986 (31 Tahun)
Kebangsaan : Kroasia
Klub : Juventus
Posisi : Penyerang
No Punggung : 17
Tinggi : 187 cm

Karir

Mario Mandzukic merupakan seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Kroasia yang bermain di lini serang tim sebagai striker. Mandzukic mengawali karir sepak bolanya dengan bergabung dalam klub yang bermarkas di Jerman yakni TSF Ditzingen pada tahun 1992.

Pada tahun 2004 Mandzukic menjadi bagian dari NK Marsonia dan hanya bermain untuk satu musim. Dan pada musim panas 2005 ia bergabung dengan NK Zagreb. Performa yang ditunjukkan selama bergabung dalam tim yang bermarkas di Stadion u Kranjcevicevoj tersebut berhasil menarik perhatian dari beberapa tim besar Eropa yakni Chelsea dan Manchester United.

Pada musim panas tahun 2008 Mandzukic dibeli oleh klub Dinamo Zagreb dengan biaya transfer sejumlah €1,3 juta untuk mengisi kekosongan posisi striker yang sebelumnya diisi oleh Eduardo. Di awal kedatangannya dalam klub ia langsung mendapatkan posisi sebagai striker utama tim.

Musim pertama bersama Dinamo Zagreb dihabiskan Mandzukic dengan bermain di 29 pertandingan dan mencetak 12 gol, namun disertai dengan sejumlah pelanggaran yang membuatnya harus menerima 8 kartu kuning sepanjang musim tersebut. Selama musim 2008-2009 Mandzukic menjadi top skorer pada turnamen UEFA Cup dengan mencetak 16 gol pada 28 pertandingan.

Status top skorer yang dimiliki Mandzukic membuatnya layak untuk bergabung dengan sebuah klub asal Jerman, yakni VfL Wolfsburg, pada tahun 2010. Tepatnya di bulan Juli 2010 Mandzukic menandatangani kontrak dengan manajemen VfL Wolfsburg dengan biaya transfer yang dispekulasikan mencapai €7 juta.

Di paruh pertama musim 2010-2011 Mandzukic diturunkan secara rutin sebagai pemain cadangan. Mandzukic lebih sering dimainkan di posisi sayap kiri di bawah arahan pelatih Steve McClaren dan mempercayakan lini serang tim pada Edin Dzeko.

Pada musim selanjutnya terdapat pergantian pelatih dan di bawah arahan Felix Magath, Mandzukic kembali dimainkan di lini serang tim sebagai striker. Setelah mendapatkan kembali posisinya di lapangan, Mandzukic diturunkan pada 24 pertandingan sebagai starter dan mencetak 14 gol.

Mandzukic juga menunjukkan performa impresif saat diturunkan di turnamen UEFA Euro 2012, dimana ia berhasil mencetak tiga gol dan menjadi top skorer.

Pencapaian tersebut menjadikan Mandzukic sebagai salah satu pemain terbaik selama sejarah klub VfL Wolfsburg. Disamping itu ia juga menjadi idola para fans yang mengagumi performanya di atas lapangan serta perilaku baik yang konsisten ditunjukkan oleh striker kelahiran Kroasia ini.

Di penghujung bulan Juli 2012 Mandzukic menandatangani kontrak dengan manajemen klub raksasa Jerman, Bayern Munich dengan biaya transfer sejumlah €13 juta.

Selama musim pertama untuk Bayern Munich, Mandzukic mencetak 15 gol pada 24 pertandingan, memperoleh kembali status sebagai top skorer dan mengantarkan timnya menjuarai beberapa turnamen.

Terhitung lima tropi kejuaraan merupakan hasil partisipasi Mandzukic untuk Bayern Munich sejak tahun 2012. Turnamen yang dimenangkan antara lain adalah Bundesliga, German Cup, UEFA Super Cup, FIFA Club World Cup dan Champions League.

Mandzukic pun menjadi pemain berkewarganegaraan Kroasia pertama yang mencetak gol di babak final Champions League. Di tahun yang sama Mandzukic menerima penghargaan Croatian Footballer of the Year.


Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Mario Mandzukic

Kesabaran Buahkan Kemenangan Untuk Juventus

Kesabaran Buahkan Kemenangan Untuk Juventus

19-10-2017 20:57

Kemenangan yang didapatkan oleh Juventus saat bermain melawan Sporting Lisbon menurut Douglas Costa adalah buah dari kesabaran para pemain Bianconeri.

Allegri: Mandzukic Ngamuk Jika Diberitahu Dirinya Cedera

Allegri: Mandzukic Ngamuk Jika Diberitahu Dirinya Cedera

13-10-2017 19:37

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri menyatakan Mario Mandzukic dalam kondisi fit untuk bermain lawan Lazio dan menambahkan striker itu akan marah jika diberitahu dirinya tengah cedera.

Tersisih di Arsenal, Inter dan Juve Siap Tampung Giroud

Tersisih di Arsenal, Inter dan Juve Siap Tampung Giroud

10-10-2017 19:28

Dua raksasa Serie A Inter Milan dan Juventus dikabarkan siap untuk menampung striker cadangan milik Arsenal Olivier Giroud pada musim depan.

Juventus Terancam Kehilangan Mandzukic

Juventus Terancam Kehilangan Mandzukic

08-10-2017 00:15

Jeda internasional kembali bencana bagi Juventus. Kali ini mereka berpotensi kehilangan penyerang andalan mereka, Mario Mandzukic cukup lama karena cedera saat tampil bersama timnas Kroasia.

Vialli: Dybala Seperti Messi

Vialli: Dybala Seperti Messi

28-09-2017 20:12

Eks penyerang Juventus Gianluca Vialli menyebut Paulo Dybala memiliki kemiripan dengan superstar Barcelona saat ini, Lionel Messi.

Higuain Jadi Cadangan Lawan Torino, Ini Penjelasan Allegri

Higuain Jadi Cadangan Lawan Torino, Ini Penjelasan Allegri

24-09-2017 16:17

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri mengaku dirinya tidak memainkan Gonzalo Higuain di pertandingan lawan Torino karena ingin memberikannya kesempatan beristirahat.

Video: Parade Gol Kandidat Puskas Award 2017

Video: Parade Gol Kandidat Puskas Award 2017

22-09-2017 22:59

FIFA memilih 10 pemain yang mencetak gol-gol indah dan berhak menjadi kandidat peraih penghargaan FIFA Puskas Award 2017.

Kandidat FIFA Puskas Award 2017, Ada Giroud, Mandzukic, dan Seorang Kiper

Kandidat FIFA Puskas Award 2017, Ada Giroud, Mandzukic, dan Seorang Kiper

22-09-2017 22:42

FIFA merilis nama-nama 10 pemain yang menjadi kandidat untuk memenangkan penghargaan gol terbaik FIFA Puskas Award edisi tahun 2017.

Chiellini dan Mandzukic Absen Lawan Barcelona

Chiellini dan Mandzukic Absen Lawan Barcelona

12-09-2017 00:05

Juventus dipastikan tidak bisa tampil dengan komposisi pemain terbaik saat berjumpa dengan Barcelona. Dua bintang utama Juve, Giorgio Chiellini dan Mario Mandzukic dipastikan absen karena cedera.

Empat Pemain Juve Absen Lawan Barca, Siapa Saja?

Empat Pemain Juve Absen Lawan Barca, Siapa Saja?

10-09-2017 17:44

Juventus dipastikan tidak akan diperkuat oleh tiga pemain andalannya saat berjumpa Juventus di Liga Champions. Empat pemain Si Nyonya Tua dalam kondisi cedera dan besar kemungkinan absen.