Nama Lengkap : Martin Skrtel
Tempat Lahir : Handlova, Cekoslovakia
Tanggal Lahir : 15 Desember 1984 (33 Tahun)
Kebangsaan : Slovakia
Klub : Fenerbahce
Posisi : Bek
No Punggung : 37
Tinggi : 191 cm

Karir

  • 2001 - 2004 : AS Trencin
  • 2004 - 2008 : Zenit st Petersburg
  • 2008 - 2016 : Liverpool
  • 2016 - : Fenerbahce

Pemain kelahiran Cekoslovakia ini merupakan salah satu defender terbaik yang dimiliki Liga Inggris. Kemampuannya bermain di level tinggi liga Inggris tak terlepas dari sifatnya yang tak kenal kompromi dan tak mudah meyerah.

Skrtel dinilai sebagai defender yang memiliki postur kokoh dan kemampuan tackling yang keras. Kesigapannya menjaga daerah pertahanan tim kerap membawa kemenangan bagi tim yang dibelanya.

Bakat bermain sepak bola pemain kelahiran Handlova ini terlihat sejak dia kecil. Ia pernah bergabung dengan tim akademi Prievidza saat ia masih kecil. Setelah menimba ilmu di akademi Prievidza, pemain ini memulai karir bersama dengan tim Liga Super Slovakia, AS Trencín.

Bersama dengan Trencín, Skrtel sukses memainkan perannya sebagai pemain belakang dengan solid. Semenjak bergabung dengan tim Liga Super Slovakia tersebut, Skrtel menampilkan permainan yang sangat solid di wilayah pertahanan Trencín. Terbukti dengan adanya pemain bertubuh tinggi kekar ini, para penyerang tim lawan kewalahan menembus pertahanan Trencín.

Selama berseragam Trencín, pemain yang terkenal dengan sifatnya yang tak kenal kompromi ini telah mengemas 44 kali penampilan dengan torehan 8 gol.

Dan setelah selama 3 musim memperkuat Trencín, Skrtel memutuskan untuk hengkang menuju salah satu tim Liga Rusia, Zenit Saint Petersburg. Keputusannya pindah ke Zenit didorong oleh keinginannya yang kuat untuk bermain di level permainan yang lebih ketat.

Pemain asal Slovakia ini memulai debutnya bersama klub Rusia, Zenit Saint Petersburg, pada tanggal 31 Juli 2004 dan semenjak itu, ia perlahan tapi pasti menyegel posisi utama di barisan pertahanan Zenit. Pada awal kedatangannya ke klub Liga Rusia tersebut, Skrtel mengalami kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan Zenit.

Namun karena bantuan beberapa rekan senegaranya di Zenit, ia berangsur mulai menguasai pola permainan klub asal kota Saint Petersburg tersebut.

Bersama dengan Zenit, pemain yang lahir pada 15 Desember ini menorehkan total 74 kali penampilan di liga dengan total 3 gol ia sumbangkan bagi klub Liga Rusia tersebut. Selama berkostum Zenit, ia memerankan peran sebagai pemain bertahan dengan baik. Hal itu terbukti dengan kesuksesan Zenit Saint Petersburg menjuarai Liga Super Rusia pada musim 2006/2007.

Dengan pertimbangan penampilan impresifnya bersama dengan Zenit, arsitek Liverpool saat itu, Rafael Benitez, tak ragu untuk merekrutnya pada jendela transfer musim panas 2008. Meski demikian, fans Liverpool yang kala itu tak mengenal sama sekali siapa Martin Skrtel, sedikit meragukan kualitas pembelian sang arsitek. Mereka ragu apakah pemain Slovakia tersebut mampu menggantikan posisi Samy Hyypia yang memutuskan untuk hijrah ke Bayern Leverkusen.

Di mata Benitez, pemain tim nasional Slovakia ini adalah salah satu defender tertangguh yang pernah ia miiki. Duetnya bersama dengan Jamie Carragher sukses membantu The Reds mengokohkan lini belakang sejak laga debutnya melawan Aston Villa.

Berkali kali tackling pemain kekar ini berhasil menggagalkan penyerangan tim lawan. Hal itu terbukti dengan fakta bahwa pemain Slovakia ini bermain disetiap pertandingan liga yang dijalani Liverpool sepanjang musim 2010/2011.

Pada musim selanjutnya, ia diduetkan dengan Daniel Agger. Duet Skrtel-Agger ini tak kalah solid dengan duet Skrtel bersama dengan Carragher. Raihan piala Carling Cup musim 2011/2012 menjadi bukti solidnya permainan Skrtel.

Sayangnya, setelah bos Anfield berganti ke Brendan Rodgers di musim 2012/2013, performa defender asal Slovakia ini cenderung menurun. Namun pada musim 2013/2014, performanya kembali naik setelah mulai terbiasa dengan skema dari manajer baru Liverpool tersebut.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Martin Skrtel

Fenerbahce Menang, Eks Bek Liverpool Ini Olok MU

Fenerbahce Menang, Eks Bek Liverpool Ini Olok MU

06-11-2016 20:02

Mantan bek Liverpool, Martin Skrtel, mengaku senang timnya yakni Fenerbahce sukses mengalahkan Manchester United.

Dikalahkan Inggris, Slovakia Diklaim Bermain Lebih Bagus

Dikalahkan Inggris, Slovakia Diklaim Bermain Lebih Bagus

06-09-2016 10:27

Durica menyebut timnya bermain lebih bagus dari Inggris, namun sayang kartu merah yang diterima Martin Skrtel merubah segalanya.

Bek Slovakia: Wasit Untungkan Inggris

Bek Slovakia: Wasit Untungkan Inggris

06-09-2016 10:25

Durica menilai kekalahan timnya disebabkan karena wasit lebih berpihak kepada Timnas Inggris pada laga tersebut.

Dukungan Dari Martin Skrtel Kepada Liverpool

Dukungan Dari Martin Skrtel Kepada Liverpool

03-09-2016 17:30

Mantan pemain Liverpool, Martin Skrtel memberikan dukungannya kepada Liverpool untuk menjadi yang terbaik tahun ini di Premier League.

Skrtel: Apapun yang Terjadi, Liverpool Tetap Di Hati Saya

Skrtel: Apapun yang Terjadi, Liverpool Tetap Di Hati Saya

02-09-2016 17:50

Skrtel menyebut ia akan terus mendukung tim besutan Jurgen Klopp itu sebagai seorang fans kendati sudah tidak berseragam The Reds.

Skrtel: Karir Saya Bisa Mati Di Bawah Pimpinan Klopp

Skrtel: Karir Saya Bisa Mati Di Bawah Pimpinan Klopp

02-09-2016 17:30

Skrtel menilai jika ia bertahan di Liverpool, maka ia tidak akan mendapat banyak kesempatan bermain di tim utama The Reds.

Ini Alasan Skrtel Tinggalkan Liverpool Musim Panas Ini

Ini Alasan Skrtel Tinggalkan Liverpool Musim Panas Ini

02-09-2016 17:10

Skrtel mengaku bahwa ia sudah menjalani karir yang cukup lama di Anfield sehingga ia membutuhkan suasana dan tantangan baru.

Skrtel Pilih Fenerbahce Berkat Saran Markovic

Skrtel Pilih Fenerbahce Berkat Saran Markovic

20-07-2016 00:04

Bek tengah asal Slovakia, Martin Skrtel, mengaku dirinya memilih untuk pindah ke Fenerbahce setelah meninggalkan Liverpool karena mendapat masukan dari Lazar Markovic.

Coutinho Doakan Skrtel Sukses di Turki

Coutinho Doakan Skrtel Sukses di Turki

16-07-2016 03:26

Playmaker Liverpool, Philippe Coutinho, mengaku senang pernah main bareng Martin Skrtel dan mendoakan bek plontos itu sukses di klub barunya.

Ditinggal ke Fenerbahce, Lucas Doakan Skrtel Sukses

Ditinggal ke Fenerbahce, Lucas Doakan Skrtel Sukses

16-07-2016 00:31

Gelandang Liverpool, Lucas Leiva, mengaku akan merindukan Martin Skrtel yang pindah ke Fenerbahce dan ia juga mendoakannya agar sukses di klub tersebut.