MATTIADE SCIGLIO

Mattia De Sciglio
Nama Lengkap : Mattia De Sciglio
Tempat Lahir : Milan, Italia
Tanggal Lahir : 20 Oktober 1992 (25 Tahun)
Kebangsaan : Italia
Klub : Juventus
Posisi : Bek
No Punggung : -
Tinggi : 183 cm

Karir

Mattia De Sciglio merupakan pemain yang memiliki kedewasaan cara pikir dan teknik yang apik baik dalam urusan menyerang melalui sisi sebalah kanan maupun bertahan dari gempuran lawan. Kelebihan pemain asli kelahiran Milan ini terletak pada visi bermainnya yang mampu membantu penyerangan tanpa melupakan kewajibannya di lini belakang.

Sebagai pemain yang bermain di posisi bek kanan, De Sciglio mampu memadukan kecepatan dan umpan – umpan akurat guna membantu tim yang ia bela.

Ia sudah mulai bermain sepak bola sejak kecil. Semasa kecil ia kerap bermain sepak bola di Santa Chiara e San Francesco sebelum ia memutuskan untuk bergabung bersama dengan klub lokal, Cimiano, pada 2001 silam. Bersama dengan Cimiano inilah bakat dan kemampuan mulai terlihat. Setelah satu musim bermain bersama dengan Cimiano, De Sciglio kemudian memutuskan untuk melanjutkan karirnya bersama dengan salah satu raksasa Italia yang juga merupakan klub favoritnya, AC Milan.

Kala bermain untuk tim junior Milan, De Sciglio digambarkan oleh sang pelatih yang juga mantan pemain AC Milan, Alberigo Evani, sebagai pemain serba guna yang memiliki kecepatan dan teknik bermain yang tinggi. Meski posisi utamanya adalah sebagai bek kanan, namun ia juga mampu menjalankan tugas bermain sebagai bek kiri dengan baik. Hal itu yang menjadi nilai plus pemain yang kerap disamakan dengan legenda AC Milan, Paolo Maldini, tersebut.

De Sciglio sendiri merasa tersanjung kala banyak fans Milan yang membandingkannya dengan Maldini. "Adalah suatu kehormatan untuk dibandingkan dengan legenda seperti Maldini, tapi sejujurnya saya merasa masih jauh darinya," ujar pemain asli kelahiran Milan tersebut. "Saya masih muda, masih ada jalan yang sangat panjang didepan saya dan saya perlu memperbaiki diri dan permainan saya. Maldini selalu menjadi panutan saya. Ia adalah kapten AC Milan, dan saya lahir sebagai penggemar Milan bahkan sebelum saya bergabung sebagai pemain."

Pada musim 2011/12, De Sciglio mulai mendapat kepercayaan untuk bermain bersama dengan tim senior Milan. Pemain kelahiran bulan Oktober tersebut merasa tersanjung  kala ia diberi kesempatan untuk bermain di tim utama Milan. "Saya lahir dan berlatih di Milan, dan saya selalu mendukung klub ini.

Bermain untuk tim dari kota kelahiran adalah ibarat mimpi yang menjadi kenyataan, " kata full-back tersebut. Ia melakoni laga debut kala Milan melawan Viktoria Plazen pada laga lanjutan di Liga Champions. Setelah pertandingan tersebut, sang arsitak, Massimilano Alegri, tak ragu untuk menurunkannya di pertandingan-pertandingan lainnya.

Setelah rentetan performa apik yang ia tunjukkan, staff AC Milan tetap mengingatkannya untuk tidak membiarkan pujian dari para fans mempengaruhi performanya. Memang, laga debutnya di Serie A pada tanggal 10 April 2012 diakhiri dengan  kemenangan 1-0 atas Chievo. Namun hal itu diharapkan tidak menghanyutkannya pada euforia yang dapat menurunkan performanya.

Pada musim 2012-13, De Sciglio mendapat kepercayaan untuk mengenakan jersey bernomor punggun 2, yang ia sebut sebagai hal yang "sangat penting" baginya. Hal itu terjadi lantaran Twye Taiwo yang sebelumnya mengenakan nomor 2 memutuskan untuk pergi dari Milan. Menurutnya, jersey bernomor 2 tersebut sangat penting karena di masa lalu nomor 2 dipakai "oleh pemain hebat Mauro Tassotti dan Cafu", tambahnya sembari berharap untuk mampu menyamai prestasi para legenda tersebut.

Sepanjang musim, De Sciglio menjadi pemain reguler di starting line-up berkat serangkaian performa impresifnya.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Mattia De Sciglio

De Sciglio Kembali Berlatih di Juventus

De Sciglio Kembali Berlatih di Juventus

24-10-2017 03:53

Raksasa Serie A, Juventus mendapat angin segar dengan kembali berlatihnya full-back Mattia De Sciglio usai sempat menepi lantaran cedera.

Prediksi Scudetto dari Agen De Sciglio

Prediksi Scudetto dari Agen De Sciglio

20-09-2017 21:50

Agen dari Mattia De Sciglio menyebut Juventus sebagai kandidat kuat juara Scudetto namun Bianconeri akan mendapat saingan dari dua sampai tiga tim lain.

Cedera, De Sciglio Terancam Absen Satu Bulan

Cedera, De Sciglio Terancam Absen Satu Bulan

16-09-2017 19:30

Juventus kemungkinan tidak akan diperkuat oleh bek kanan mereka, Mattia De Sciglio selama satu bulan ke depan karena cedera.

Bentrok dengan Iniesta, Begini Kondisi De Sciglio

Bentrok dengan Iniesta, Begini Kondisi De Sciglio

14-09-2017 10:00

Juventus mengkonfirmasi bahwa Mattia De Sciglio tak mengalami cedera serius usai timnya menelan kekalahan 0-3 dari Barcelona di Liga Champions pekan ini.

De Sciglio Senang Reuni Dengan Allegri di Juventus

De Sciglio Senang Reuni Dengan Allegri di Juventus

08-09-2017 09:05

Bek Juventus, Mattia De Sciglio mengungkapkan bahwa reuni dengan pelatih Massimiliano Allegri sangat penting baginya.

Terungkap, Arsenal Tolak Tawaran Masif Juventus Untuk Bellerin

Terungkap, Arsenal Tolak Tawaran Masif Juventus Untuk Bellerin

02-09-2017 17:50

Tim asal London Utara itu dikabarkan menolak tawaran sebesar 40 Juta Euro dari Juventus untuk bek kanan mereka, Hector Bellerin.

De Sciglio Anggap Juve Klub Top Eropa

De Sciglio Anggap Juve Klub Top Eropa

21-07-2017 00:38

Pemain belakang Mattia De Sciglio mengaku sangat antusias setelah resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Juventus. Menurut De Sciglio, Juve adalah klub papan atas di Italia dan juga di Eropa.

Juve Bawa Szczesny dan De Sciglio ke Amerika

Juve Bawa Szczesny dan De Sciglio ke Amerika

20-07-2017 19:44

Skuat Juventus terbang meninggalkan Turin pada Kamis (20/7) waktu setempat. Para pemain Juve akan bertolak menuju Amerika Serikat untuk bersiap menjalani tur pramusim tahun 2017 ini.

De Sciglio Resmi Jadi Milik Juventus

De Sciglio Resmi Jadi Milik Juventus

20-07-2017 17:52

Juventus akhirnya menuntaskan transfer Mattia De Sciglio dari AC Milan. Setelah kemarin menjalani sesi tes medis di J-Medical, De Sciglio resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Juve pada Kamis (20/7) waktu setempat.

Mattia De Sciglio Jalani Tes Medis di J-Medical

Mattia De Sciglio Jalani Tes Medis di J-Medical

19-07-2017 17:06

Juventus selangkah lagi akan mendapatkan jasa Mattia De Sciglio. Sang pemain saat ini sudah tiba di Turin dan akan menjalani tes medis di fasilitas medis klub, J-Medical.