FOLLOW US:

Nama Lengkap : Mikel Arteta Amatriain
Tempat Lahir : San Sebastian, Spain
Tanggal Lahir : 26 Maret 1982 (38 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : -
Posisi : Gelandang
No Punggung : 8
Tinggi : 183 cm

Karir

  • 1999 - : Barcelona C
  • 1999 - 2002 : Barcelona B
  • 2001 - 2002 : PSG
  • 2002 - 2004 : Glasgow Rangers
  • 2004 - 2005 : Real Sociedad
  • 2005 - : Everton
  • 2005 - 2011 : Everton
  • 2011 - 2016 : Arsenal

Mikel Arteta Amatriain, atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan Arteta, adalah pesepakbola profesional asal Spanyol yang sudah lama berkiprah dan berkutat dengan sepak bola di kancah internasional.

Arteta memulai karir sepak bolanya dengan bermain bersama Antiguoko. Di klub tersebut, dia juga berteman akrab dengan Xabi Alonso. Mereka sering menghabiskan waktu bersama untuk bermain sepak bola di akhir pekan pada saat itu.

Setelah melewati fase permainan di level junior, pemain yang lahir pada 26 Maret 1982 di San Sebastián ini memutuskan untuk bergabung dengan Barcelona. Namun, keberadaannya di tim masih belum mendapat perhatian lebih sehingga belum bisa membuatnya bermain bersama tim inti. Hingga pada akhirnya, Arteta dipinjamkan untuk bermain dengan Paris Saint-German di Liga Perancis pada tahun 2000.

Setelah itu, Arteta hengkang dari Barcelona dan memutuskan untuk merumput bersama klub yang berkompetisi di Liga Premier Skotlandia, Rangers. Bersama Rangers pula, Arteta membantu klub mengawinkan gelar jawara di kompetisi Scottish Cup dan League Cup di musim 2002-2003. Di saat itu pula, popularitasnya meningkat dan seketika menjadi pemain favorit oleh fans Rangers.

Mendapat kesuksesan bermain di Skotlandia selama 2 musim, Arteta kembli ke negara asalnya untuk bermain bersama Real Sociedad. Namun, dia belum berhasil membuat dirinya bermain untuk tim inti, bahkan Arteta dipinjamkan ke Everton di sisa musim 2004-2005. Arteta pun memilih untuk bergabung bersama Everton.

Arteta resmi bergabung dengan Everton pada Juli 2005. Gol pertamanya berhasil bersarang di gawang Crystal Palace dengan hasil akhir 4-0 dan memberi kemenangan untuk Everton. Di musim 2005-2006, Arteta menjadi pemain favorit, baik oleh fans maupun dari pemain Everton sendiri. Di musim berikutnya pun, performa Arteta semakin baik dan patut diacungi jempol. Dia sering menjadi Man of the Match di beberapa pertandingan. Hal ini membuatnya Player of the Match dua tahun berturut-turut.

Di musim-musim berikutnya, Arteta menjadi aset penting bagi klub. Berhasil mengoleksi 9 gol di musim 2006-2007, dan sekali lagi mendapat gelar sebagai Palyer of the Year.

Arteta sempat mengalami cedera di area perutnya di paruh musim. Setelah pulih, Arteta kembali bermaindan mencetak gol pertamanya di musim 2008-2009 di Liga Premier versus Blackburn Rovers dengan eksekusi tendangan bebas. Arteta juga pernah menjadi kapten tim saat melawan Newcastle United dengan skor imbang 2-2.

Arteta mengalami cedera lagi di lututnya yang memaksanya untuk tidak bermain hingga sisa musim 2008-2009. Arteta kembali bermain lagi pada Januari 2010, dimainkan sebagai pemain cadangan saat melawan Birmingham City.

Karena kondisi tim dan pemain Everton yang tidak cukup baik pada saat itu, pada tahun 2011, Arteta ditransfer dan bermain untuk Arsenal. Dia pernah menjadi kapten The Gunners  di FA Cup dan menang malawan Leeds United. Kini, Arteta didapuk untuk menjadi wakil kapten di klub berlambang meriam tersebut.

Bisa dibilang, Arteta adalah pemain yang dapat diandalkan di tim nasional Spanyol, sejak di tim muda, seperti di tim U-16, U-17, U-18 dan U-21. Arteta pernah mendapat tawaran untuk bermain bersama tim nasional Inggris karena kepemilikan paspor Inggris. Namun, karena faktor peraturan, tawaran itu gagal dimanfaatkan oleh Arteta.



Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Mikel Arteta

Aubameyang Bertahan di Arsenal karena Diyakinkan oleh Arteta, Begini Isi Obrolannya

Aubameyang Bertahan di Arsenal karena Diyakinkan oleh Arteta, Begini Isi Obrolannya

25-09-2020 01:44

Pierre-Emerick Aubameyang mengatakan bahwa Mikel Arteta punya peran besar dalam keputusannya bertahan di Arsenal. Memangnya, apa yang kedua sosok tersebut bicarakan dari balik layar?

Alasan Aubameyang Tolak Barcelona: Sadar Arsenal Adalah Tim yang Luar Biasa

Alasan Aubameyang Tolak Barcelona: Sadar Arsenal Adalah Tim yang Luar Biasa

19-09-2020 06:15

Manajer Arsenal Mikel Arteta tak terkejut melihat Pierre-Emerick Aubameyang menolak pinangan klub lain seperti Barcelona karena ia akhirnya menyadari The Gunners adalah tim yang luar biasa.

Untuk Nicolas Pepe dan Pemain Cadangan Arsenal, Inilah Tuntutan Mikel Arteta

Untuk Nicolas Pepe dan Pemain Cadangan Arsenal, Inilah Tuntutan Mikel Arteta

14-09-2020 01:20

Arsenal sukses meraih kemenangan penting dalam laga pembuka Premier League. Sayangnya, Nicolas Pepe selaku rekrutan termahal klub berjuluk the Gunners tersebut tidak memiliki andil penuh dalam kesuksesan itu.

Didesak Pertanyaan Seputar Houssem Aouar, Begini Kata Mikel Arteta

Didesak Pertanyaan Seputar Houssem Aouar, Begini Kata Mikel Arteta

12-09-2020 01:52

Rumor mengenai kedekatan Arsenal denagan gelandang Olympique Lyon, Houssem Aouar, menjadi pertanyaan publik belakangan ini. Tak ayal kalau itu menjadi topik dalam sebuah konferensi pers yang dihadari pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

Mesut Ozil: Saya Sudah Siap Bermain, Wahai Mikel Arteta!

Mesut Ozil: Saya Sudah Siap Bermain, Wahai Mikel Arteta!

10-09-2020 05:57

Mesut Ozil mengaku sudah siap untuk mengarungi musim 2020/21 bersama Arsenal. Namun ia masih ragu apakah bisa tampil saat the Gunners memainkan laga perdananya dalam ajang Premier League akhir pekan ini.

Arteta Pede Arsenal Bisa Mendapatkan Semua Incarannya, Termasuk Coutinho?

Arteta Pede Arsenal Bisa Mendapatkan Semua Incarannya, Termasuk Coutinho?

29-08-2020 01:29

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, memiliki sederet pemain yang ingin direkrut pada musim panas ini. Dan ia percaya bahwa manajemen klub sanggup memenuhi permintaannya.

Arteta Siap Menyambut Kedatangan Lionel Messi dengan Tangan Terbuka

Arteta Siap Menyambut Kedatangan Lionel Messi dengan Tangan Terbuka

28-08-2020 04:37

Lionel Messi diprediksi akan pindah ke Premier League, tapi kecil kemungkinannya bergabung dengan Arsenal. Meskipun demikian, Mikel Arteta selaku pelatih the Gunners tetap mau menyambut kedatangannya dengan tangan terbuka.

Apakah Matteo Guendouzi Masih Punya Harapan di Arsenal?

Apakah Matteo Guendouzi Masih Punya Harapan di Arsenal?

28-08-2020 03:31

Sejumlah pemberitaan mengatakan kalau Matteo Guendouzi berada di ambang pintu keluar Arsenal. Apakah memang pria berkebangsaan Prancis tersebut sudah tidak memiliki masa depan di Emirates Stadium?

Begini Situasi Buruk yang Melanda Arsenal Saat Mikel Arteta Datang

Begini Situasi Buruk yang Melanda Arsenal Saat Mikel Arteta Datang

20-08-2020 03:26

Masalah yang terjadi di Arsenal tidaklah mudah untuk diatasi. Dan itu menjadi PR utama yang harus diselesaikan oleh Mikel Arteta saat baru tiba dari Manchester City.

Willian Resmi Merapat dari Chelsea ke Arsenal, Netizen: Klub Pensiunan Ini

Willian Resmi Merapat dari Chelsea ke Arsenal, Netizen: Klub Pensiunan Ini

14-08-2020 17:16

Winger asal Brasil Willian resmi menyeberang dari Chelsea ke Arsenal, Jumat (14/08/2020).