FOLLOW US:

MIRALEMPJANIC

Miralem Pjanic
Nama Lengkap : Miralem Pjanic
Tempat Lahir : Tuzla, Yugoslavia
Tanggal Lahir : 02 April 1990 (30 Tahun)
Kebangsaan : Bosnia-Herzegovina
Klub : Juventus
Posisi : Gelandang
No Punggung : 15
Tinggi : 180 cm

Karir

  • 2007 - 2008 : Metz
  • 2008 - 2011 : Lyon
  • 2011 - 2016 : AS Roma
  • 2016 - : Juventus

Miralem Pjanic sudah menunjukkan bakat bermain sepak bola sejak berusia 7 tahun. Ayahnya yang juga merupakan mantan pemain sepakbola divisi tiga di Yugoslavia memasukkannya ke akademi klub lokal FC Schifflange 95. Selama menimba ilmu di FC Schifflange 95, Pjanic sukses menarik perhatian beberapa klub dari Belgia, Jerman, Belanda, dan Perancis. Setelah 7 tahun menimba ilmu di FC Schifflange 95, pemain kelahiran 2 April tersebut memutuskan untuk melanjutkan karirnya bersama akademi FC Metz Perancis pada 2004.

Pemain kelahiran 1990 ini menimba ilmu di akademi FC Metz sejak usianya 14 tahun selama 3 tahun. Selama itu ia juga turut bermain untuk tim Metz U-16 dan sukses memenangkan “Championnat National des 16 ans” pada musim 2005/2006. Setelah itu karirnya perlahan menanjak ke tim U-18 hingga ke tim Reserve. Puncaknya ia didaftarkan masuk ke tim senior Metz pada 2007 oleh sang arsitek, Francis De Taddeo dan melakoni debutnya saat melawan Paris Saint-Germain pada Agustus 2007. Ia mendapat kontrak profesional pertamanya untuk Metz pada November 2007 atas dasar penampilannya yang impresif.

Selama satu musim penampilannya bersama Metz, Pjanic sukses mencatakan namanya sebanyak 4 kali di papan skor dari 38 kali pertandingan yang ia jalani. Meski akhirnya Metz tetap harus terdegradasi ke Ligue 2, penampilan impresif sepanjang musim pemain Bosnia ini sukses membuatnya masuk daftar nominasi pemain muda terbaik Ligue 1. Atas raihan tersebut, banyak klub yang ingin meminangnya, termasuk Arsenal, Chelsea, Barcelona, Real Madrid, Inter dan AC Milan. Namun raksasa Perancis Lyon yang akhirnya sukses mendapatkan jasanya.

Pada bursa transfer musim panas 2008, Olympique Lyon resmi memperkenalkan Pjanic sebagai pemain mereka. Ia didatangkan dengan nilai kontrak berkisar antara €7,5 juta. Pemain asal Bosnia ini disiapkan kubu Lyon sebagai pengganti Juninho yang telah berusia 34 tahun. Musim pertamanya di Lyon terganggu akibat cedera yang ia dapat saat melawan Sochaux. Ia terpaksa harus beristirahat selama 2 bulan akibat tackle dari pemain Sochaux, Stephane Dalmat. Namun musim selanjutnya ia jalani dengan torehan positif sebagai pilihan utama gelandang Lyon. Ia pun mendapat kehormatan untuk mengenakan kostum bernomor 8 yang sebelumnya dikenakan legenda Lyon, Juninho.

Posisinya di starting eleven Lyon mulai tergusur kala pada musim 2010/2011 dengan datangnya Yoann Gourcuff dari Bordeaux. Hal itu membuatnya memutuskan hengkang ketika AS Roma meminangnya pada Agustus 2011. Ia pindah ke Roma dengan nilai transfer mencapai €11 juta dengan durasi 4 tahun. Ia mencetak gol pertamanya kala bertanding melawan Lecce. Sejak musim keduanya di Roma, Pjanic selalu menjadi pilihan utama di skuat serigala Roma.

Di level internasional, Pjanic sempat bermain untuk Timnas Junior Luxembourg pada kejuaraan Eropa U-17 tahun 2006. Ia dipanggil Timnas Luxembourg karena ia menghabiskan masa kecilnya bersama ayahnya di Luxembourg. Namun untuk level senior, karena ia tak pernah bermain bersama Timnas senior Luxembourg, FIFA mengizinkannya untuk pindah kewarganegaraan dan bermain untuk Bosnia.

Oleh: Achmad Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Miralem Pjanic

Pjanic Dikritik 'Selembut Mozzarella', Bagaimana Tanggapan Maurizio Sarri?

Pjanic Dikritik 'Selembut Mozzarella', Bagaimana Tanggapan Maurizio Sarri?

13-02-2020 01:02

Sebuah kritikan terlontar kepada gelandang Juventus, Miralem Pjanic, yang seharusnya memainkan peran sentral dalam skema Maurizio Sarri. Lantas, bagaimana tanggapan dari pelatih klub berjuluk Bianconeri tersebut?

Miralem Pjanic Ungkap Kekuatan Utama Juventus Musim Ini, Apa Itu?

Miralem Pjanic Ungkap Kekuatan Utama Juventus Musim Ini, Apa Itu?

24-01-2020 13:17

Juventus tampil apik di sepanjang musim ini dan hanya menelan dua kekalahan saja dalam berbagai kompetisi. Apa rahasianya?

Misi 150 Sentuhan Miralem Pjanic Nyaris Tercapai Kala Juventus Hadapi Cagliari

Misi 150 Sentuhan Miralem Pjanic Nyaris Tercapai Kala Juventus Hadapi Cagliari

08-01-2020 13:25

Masih ingat perkataan Maurizio Sarri saat pertama kali datang ke Juventus, yang ingin membuat Miralem Pjanic membuat 150 sentuhan dalam satu laga? Gelandang asal Bosnia itu nyaris mencapai angka tersebut pada hari Senin (6/1/2020).

Pjanic: Juventus yang Sebenarnya Baru Terlihat Bulan Februari

Pjanic: Juventus yang Sebenarnya Baru Terlihat Bulan Februari

31-12-2019 06:04

Juventus memang baru merasakan satu kali kekalahan di ajang Serie A musim ini. Namun performa klub berjuluk Bianconeri itu selama di bawah asuhan pelatih anyar, Maurizio Sarri, belum memuaskan para pendukung setianya.

Miralem Pjanic. Ada Saat di Mana Juventus Tak Bisa Menang

Miralem Pjanic. Ada Saat di Mana Juventus Tak Bisa Menang

11-12-2019 14:38

Juventus tampil begitu perkasa pada musim ini. Sampai pada akhirnya mereka menelan kekalahan pertama kala melawan Lazio di ajang Serie A akhir pekan kemarin.

Pjanic: Ronaldo Tidak Terbiasa Tidak Menang

Pjanic: Ronaldo Tidak Terbiasa Tidak Menang

03-12-2019 19:39

Gelandang Juventus Miralem Pjanic mengisyaratkan bahwa Cristiano Ronaldo tidak hadir dalam seremoni Ballon d'Or 2019 karena ia kecewa gagal memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Disalip Inter Milan, Juventus Masih Bersantai

Disalip Inter Milan, Juventus Masih Bersantai

03-12-2019 12:04

Posisi puncak klasemen sementara Serie A, yang sebelumnya dikuasai Juventus, kini berpindah tangan ke Inter Milan. Tapi hal tersebut tidak membuat Bianconeri merasa panik.

Miralem Pjanic: Maurizio Sarri Membuat Saya Lelah!

Miralem Pjanic: Maurizio Sarri Membuat Saya Lelah!

29-11-2019 15:00

Gelandang Juventus, Miralem Pjanic, merasa jadi pemain penting dalam skuat asuhan Maurizio Sarri. Tapi permintaan mantan pelatih Chelsea tersebut membuatnya merasa lelah.

Lolos Fase Grup Tanpa Terkalahkan, Pjanic Sesumbar Ingin bawa Juventus Juara Liga Champions

Lolos Fase Grup Tanpa Terkalahkan, Pjanic Sesumbar Ingin bawa Juventus Juara Liga Champions

27-11-2019 22:59

Gelandang Juventus Miralem Pjanic menegaskan timnya bernafsu memburu gelar Liga Champions setelah memastikan lolos dari fase grup tanpa tersentuh kekalahan sekalipun.

Juventus Lancarkan Operasi Senyap untuk Christian Eriksen

Juventus Lancarkan Operasi Senyap untuk Christian Eriksen

26-11-2019 17:40

Klub Serie A, Juventus nampaknya masih menaruh hati terhadap Christian Eriksen.