FOLLOW US:

MIRALEMPJANIC

Miralem Pjanic
Nama Lengkap : Miralem Pjanic
Tempat Lahir : Tuzla, Yugoslavia
Tanggal Lahir : 02 April 1990 (32 Tahun)
Kebangsaan : Bosnia-Herzegovina
Klub : Juventus
Posisi : Gelandang
No Punggung : 15
Tinggi : 180 cm

Karir

  • 2007 - 2008 : Metz
  • 2008 - 2011 : Lyon
  • 2011 - 2016 : AS Roma
  • 2016 - : Juventus

Miralem Pjanic sudah menunjukkan bakat bermain sepak bola sejak berusia 7 tahun. Ayahnya yang juga merupakan mantan pemain sepakbola divisi tiga di Yugoslavia memasukkannya ke akademi klub lokal FC Schifflange 95. Selama menimba ilmu di FC Schifflange 95, Pjanic sukses menarik perhatian beberapa klub dari Belgia, Jerman, Belanda, dan Perancis. Setelah 7 tahun menimba ilmu di FC Schifflange 95, pemain kelahiran 2 April tersebut memutuskan untuk melanjutkan karirnya bersama akademi FC Metz Perancis pada 2004.

Pemain kelahiran 1990 ini menimba ilmu di akademi FC Metz sejak usianya 14 tahun selama 3 tahun. Selama itu ia juga turut bermain untuk tim Metz U-16 dan sukses memenangkan “Championnat National des 16 ans” pada musim 2005/2006. Setelah itu karirnya perlahan menanjak ke tim U-18 hingga ke tim Reserve. Puncaknya ia didaftarkan masuk ke tim senior Metz pada 2007 oleh sang arsitek, Francis De Taddeo dan melakoni debutnya saat melawan Paris Saint-Germain pada Agustus 2007. Ia mendapat kontrak profesional pertamanya untuk Metz pada November 2007 atas dasar penampilannya yang impresif.

Selama satu musim penampilannya bersama Metz, Pjanic sukses mencatakan namanya sebanyak 4 kali di papan skor dari 38 kali pertandingan yang ia jalani. Meski akhirnya Metz tetap harus terdegradasi ke Ligue 2, penampilan impresif sepanjang musim pemain Bosnia ini sukses membuatnya masuk daftar nominasi pemain muda terbaik Ligue 1. Atas raihan tersebut, banyak klub yang ingin meminangnya, termasuk Arsenal, Chelsea, Barcelona, Real Madrid, Inter dan AC Milan. Namun raksasa Perancis Lyon yang akhirnya sukses mendapatkan jasanya.

Pada bursa transfer musim panas 2008, Olympique Lyon resmi memperkenalkan Pjanic sebagai pemain mereka. Ia didatangkan dengan nilai kontrak berkisar antara €7,5 juta. Pemain asal Bosnia ini disiapkan kubu Lyon sebagai pengganti Juninho yang telah berusia 34 tahun. Musim pertamanya di Lyon terganggu akibat cedera yang ia dapat saat melawan Sochaux. Ia terpaksa harus beristirahat selama 2 bulan akibat tackle dari pemain Sochaux, Stephane Dalmat. Namun musim selanjutnya ia jalani dengan torehan positif sebagai pilihan utama gelandang Lyon. Ia pun mendapat kehormatan untuk mengenakan kostum bernomor 8 yang sebelumnya dikenakan legenda Lyon, Juninho.

Posisinya di starting eleven Lyon mulai tergusur kala pada musim 2010/2011 dengan datangnya Yoann Gourcuff dari Bordeaux. Hal itu membuatnya memutuskan hengkang ketika AS Roma meminangnya pada Agustus 2011. Ia pindah ke Roma dengan nilai transfer mencapai €11 juta dengan durasi 4 tahun. Ia mencetak gol pertamanya kala bertanding melawan Lecce. Sejak musim keduanya di Roma, Pjanic selalu menjadi pilihan utama di skuat serigala Roma.

Di level internasional, Pjanic sempat bermain untuk Timnas Junior Luxembourg pada kejuaraan Eropa U-17 tahun 2006. Ia dipanggil Timnas Luxembourg karena ia menghabiskan masa kecilnya bersama ayahnya di Luxembourg. Namun untuk level senior, karena ia tak pernah bermain bersama Timnas senior Luxembourg, FIFA mengizinkannya untuk pindah kewarganegaraan dan bermain untuk Bosnia.

Oleh: Achmad Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Miralem Pjanic

Musim Panas Nanti, Milan Pertimbangkan Angkut Pemain Buangan Juventus Ini

Musim Panas Nanti, Milan Pertimbangkan Angkut Pemain Buangan Juventus Ini

21-04-2022 18:27

Raksasa Serie A AC Milan dikabarkan berniat untuk mendatangkan eks gelandang Juventus yakni Miralem Pjanic.

Juventus dan Dybala Segera Berpisah, Ini Reaksi Pjanic

Juventus dan Dybala Segera Berpisah, Ini Reaksi Pjanic

31-03-2022 21:26

Miralem Pjanic mengaku ia bisa memahami perasaan Paulo Dybala maupun Juventus yang telah memutuskan untuk pisah ranjang musim depan.

Hebatnya Natural! Kata Pjanic, Messi Jago Free Kick Meski Jarang Latihan

Hebatnya Natural! Kata Pjanic, Messi Jago Free Kick Meski Jarang Latihan

31-03-2022 20:49

Eks gelandang Juventus Miralem Pjanic menyebut Lionel Messi sebagai eksekutor free kick terbaik di dunia tapi hebatnya, ia justu sangat jarang mengasah kemampuan tendangan bebasnya itu.

Barcelona Depak Miralem Pjanic ke Russia?

Barcelona Depak Miralem Pjanic ke Russia?

02-09-2021 16:40

Klub La Liga, Barcelona dilaporkan tengah mencarikan klub baru untuk Miralem Pjanic.

Ini Kata Koeman Soal Masa Depan Pjanic,Umtiti, dan Braithwaite di Barcelona

Ini Kata Koeman Soal Masa Depan Pjanic,Umtiti, dan Braithwaite di Barcelona

20-08-2021 21:56

Ronald Koeman mengizinkan Samuel Umtiti dan Miralem Pjanic cabut dari Barcelona, namun tidak demikian halnya dengan Martin Braithwaite.

Juventus Ingin Pulangkan Miralem Pjanic, Tapi...

Juventus Ingin Pulangkan Miralem Pjanic, Tapi...

17-08-2021 09:30

Klub Serie A, Juventus dilaporkan masih memendam hasrat untuk memulangkan Miralem Pjanic.

Massimiliano Allegri Tebar Kode Kepulangan Miralem Pjanic ke Juventus?

Massimiliano Allegri Tebar Kode Kepulangan Miralem Pjanic ke Juventus?

28-07-2021 11:45

Massimiliano Allegri membeberkan rencananya soal penendang bebas Juventus untuk musim depan. Dari pernyataannya, nampak cukup jelas kalau klub raksasa Italia tersebut ingin memulangkan Miralem Pjanic dari Barcelona.

Miralem Pjanic Bisa Kembali ke Juventus, Asalkan...

Miralem Pjanic Bisa Kembali ke Juventus, Asalkan...

27-07-2021 14:42

Miralem Pjanic tidak mendapatkan tempat di skuat Barcelona asuhan Ronald Koeman. Oleh karenanya, ia dikabarkan ingin kembali memperkuat klub lamanya, Juventus.

Manchester United Ikut Ramaikan Perburuan Miralem Pjanic

Manchester United Ikut Ramaikan Perburuan Miralem Pjanic

06-07-2021 15:53

Manchester United memutuskan untuk mengejar pemain Barcelona itu di musim panas ini.

Samuel Umtiti Sukses Bikin Barcelona Sakit Kepala

Samuel Umtiti Sukses Bikin Barcelona Sakit Kepala

05-07-2021 10:37

Barcelona sedang berusaha mengurangi beban gaji dengan melakukan pemutusan kontrak dengan pemain. Sayangnya, tidak semua pemain bersedia untuk melakukan itu.