FOLLOW US:

Nama Lengkap : Ignacio Monreal Eraso
Tempat Lahir : Pamplona, Spanyol
Tanggal Lahir : 26 Februari 1986 (33 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Arsenal
Posisi : Bek
No Punggung : 17
Tinggi : 178 cm

Karir

Monreal adalah salah satu pemain hasil didikan akademi CA Osasuna. Ia merupakan pemain yang berperan di barisan pertahanan dengan posisi utama sebagai bek kiri. Ia adalah pemain yang menjadi andalan tim junior Osasuna baik dalam hal menghentikan serangan lawan maupun memberikan umpan-umpan akurat guna membuat peluang membobol gawang lawan.

Pemain yang memiliki nama lengkap Ignacio Monreal Eraso ini mengawali karir bersama dengan akademi klub La Liga, CA Osasuna. Saat bermain untuk tim kademi, Monreal menjadi salah satu pemain yang posisinya tak tergantikan di barisan pertahanan tim junior Osasuna. Gaya permainannya yang mengandalkan kecepatan dan kekuatan menjadi salah satu andalan pemain kelahiran Pamplona ini.

Pada awal musim 2005/2006, pemain kelahiran 26 Februari ini dipromosikan dari tim junior ke dalam tim reserve Osasuna. Hal tersebut terbukti tepat karena Monreal dengan segera menjadi pemain yang sangat krusial bagi tim reserve Osasuna.

Tercatat Monreal bermain sebanyak 36 kali dengan mengemas 3 gol untuk Osasuna B sepanjang musim 2005/2006. Dengan grafik permainan yang cenderung meningkat tersebut, pihak Osasuna akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan namanya ke dalam skuat inti Osasuna untuk musim kompetisi 2006/2007.

Monreal melakoni pertandingan debutnya bersama dengan Osasuna kala tim kota kelahirannya tersebut berlaga melawan Valencia di Mestalla pada laga lanjutan La Liga. Ia bermain apik sepanjang pertandingan tersebut. Sayangnya, pertandingan yang berlangsung pada 22 Oktober 2006 itu sendiri harus berakhir dengan kekalahan bagi Osasuna dengan skor 1-0. Sepanjang musim debutnya, pemain asli didikan akademi Osasuna ini sukses menorehkan 10 kali penampilan. Ia juga tampil dalam pertandingan Osasuna kala mereka berlaga di turnamen UEFA Cup. Pada turnamen antar klub terbesar kedua di Eropa tersebut, Monreal sukses membawa Osasuna melaju hingga semifinal sebelum akhirnya dikalahkan oleh sesama tim asal Spanyol, Sevilla.

Monreal menjadi pilihan utama di skuat Osasuna pada musim kompetisi 2007/2008. Kerjasamanya bersama dengan Cesar Azpilicueta pada musim tersebut terbukti efektif. Ia beroperasi di bagian sayap kiri Osasuna sementara pos sebelah kanan diisi oleh Cesar. Duet tersebut terbukti efektif sepanjang musim dengan banyaknya umpan yang mereka ciptakan guna membantu penyerangan tim. Hebatnya, kedua pemain tersebut tak pernah melupakan kewajibannya di barisan pertahanan Osasuna.

Permainan apiknya bersama dengan Osasuna membuat tim asal Andalusia, Malaga, tertarik untuk memboyongnya ke La Rosaleda, markas Malaga. Pihak Malaga harus rela merogoh kocek mereka hingga nominal €6 juta untuk mendapatkan jasa pemain kelahiran 26 Februari tersebut. Namun harga tersebut tak terbuang percuma dalam diri pemain yang berposisi di bek kiri tersebut. Grafik penampilannya cenderung menanjak kala berseragam Malaga.

Meski pada awal kedatangannya ke Malaga harus ia jalani dengan susah payah beradaptasi dan bertarung untuk posisi bek kiri di starting eleven Malaga bersama dengan Elisieu, ia akhirnya tetap sukses memberikan performa menawan pada musim debutnya bersama Malaga tersebut. Ia sukses membawa Malaga finish di peringkat 4 klasmen akhir La Liga dan membawa tim asal Andalusia tersebut berlaga di liga Champions untuk pertama kali dengan hanya 7 kali tidak ikut bermain untuk Malaga sepanjang musim 2011/2012.

Atas pencapaian tersebut, Monreal menjadi salah satu pemain yang dicintai oleh fans Malaga. Sayangnya, kesulitan finansial yang dialami oleh klub Andalusia tersebut memaksanya meninggalkan La Rosadela dan hijrah ke Emirates Stadium dengan bandrol €8,5 juta pada jendela transfer musim dingin, Januari 2013. Bersama dengan Arsenal, pemain kelahiran Pamplona ini melakoni laga debut kala melawan Stoke City. Ia bermain cukup bagus bersama dengan Arsenal. Bersama dengan Kieran Gibbs, Monreal bergantian menjadi starting eleven Arsenal untuk posisi bek kiri.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Nacho Monreal

Hasil Pertandingan Rennes vs Arsenal: Skor 3-1

Hasil Pertandingan Rennes vs Arsenal: Skor 3-1

08-03-2019 03:05

Arsenal dipaksa bertekuk lutut saat menghadapi Rennes dengan skor 1-3 di leg pertama babak 16 besar Liga Europa di Steda de la Route de Lorient, Jumat (08/03) dini hari WIB.

Arsenal Segera Perpanjang Kontrak Nacho Monreal

Arsenal Segera Perpanjang Kontrak Nacho Monreal

10-01-2019 17:00

Tim asal London Utara itu dikabarkan akan segera menambah masa bakti sang bek di Emirates Staidum.

Emery Minta Arsenal Segera Rampungkan Kontrak Baru Nacho

Emery Minta Arsenal Segera Rampungkan Kontrak Baru Nacho

14-09-2018 00:45

Masa depan Nacho Monreal di Arsenal kini masih belum menentu karena masalah kontrak baru. Mengingat betapa pentingnya di klub asuhannya, Unai Emery pun mulai mendesak The Gunners untuk segera merampungakannya.

Nacho Ungkap Perbedaan Arsenal di Bawah Emery dan Wenger

Nacho Ungkap Perbedaan Arsenal di Bawah Emery dan Wenger

13-09-2018 20:23

Walau banyak yang meragukan, namun Arsenal di bawah Unai Emery ternyata memang berbeda dengan masa Arsene Wenger dulu. Setidaknya begitu menurut pengakuan sang bek The Gunners, Nacho Monreal.

Nacho Sedang Negosiasikan Perpanjangan Kontraknya di Arsenal

Nacho Sedang Negosiasikan Perpanjangan Kontraknya di Arsenal

12-09-2018 20:25

Nacho Monreal mengungkapkan bahwa pihaknya sekarang tengah intens berkomunikasi dengan Arsenal untuk memperpanjang kontraknya di Emirate Stadium.

Pertebal Pertahanan, Barca Incar Moreno dan Monreal

Pertebal Pertahanan, Barca Incar Moreno dan Monreal

11-09-2018 23:15

Raksasa La Liga Barcelona dikabarkan mencari bek kiri baru dan kini sedang mengincar Alberto Moreno dan Nacho Monreal.

Nacho Bantah Ozil dan Emery Bentrok

Nacho Bantah Ozil dan Emery Bentrok

07-09-2018 00:32

Bek Arsenal Nacho Monreal membantah kabar yang menyebut Mesut Ozil bentrok dengan manajer The Gunners Unai Emery.

Januari, Arsenal Buru Filipe Luis

Januari, Arsenal Buru Filipe Luis

04-09-2018 15:45

The Gunners kabarnya tengah membidik Filipe Luis untuk bergabugn dengan tim mereka.

Nacho Monreal Comeback Di Laga Chelsea vs Arsenal?

Nacho Monreal Comeback Di Laga Chelsea vs Arsenal?

17-08-2018 18:40

Bek andalan mereka, Nacho Monreal dipastikan bisa bermain pada pertandingan melawan Chelsea pada akhir pekan ini.

Tinggalkan Arsenal, Nacho Monreal Kembali ke Spanyol?

Tinggalkan Arsenal, Nacho Monreal Kembali ke Spanyol?

09-07-2018 14:00

The Gunners kabarnya akan ditinggalkan Nacho Monreal yang akan pindah ke Real Sociedad musim ini.