FOLLOW US:

Nama Lengkap : Paul Labile Pogba
Tempat Lahir : Lagny-sur-Marne, Prancis
Tanggal Lahir : 15 Maret 1993 (26 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Posisi : Gelandang
No Punggung : 6
Tinggi : 191 cm

Karir

Pria kelahiran 15 Maret ini merupakan pemain sepak bola tim nasional Perancis yang bermain gemilang bersama klub Inggris yaitu Manchester United. Dia merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang dengan peran yang amat baik dalam urusan menyerang maupun bertahan. Pogba digambarkan oleh mantan klub yang mengasah kemampuanya sehingga menjadi pemain profesional yaitu Manchester United sebagai pemain yang kreatif, terampil dan kuat.
 
Paul Pogba memulai karir nya dalam dunia sepak bola sejak tahun 1999. Kala itu ia masih berusia 6 tahun dan bergabung dengan salah satu klub seak bola lokal yaitu Roissy-en-Brie. Ia bermain untuk klub junior lokal tersebut selama 6 tahun lamanya.

Pada usianya yang menginjak 12 tahun ia bergabung dengan tim junior Torcy FC. Namun hanya semusim Pogba bermain di klub ini. Karir sepak bola Pogba kemudian berlabuh bersama dengan Le Havre FC. Ia bermain untuk klub ini selama 2 musim lamanya.

Pada musim keduanya bermain untuk Le Havre, ia menjadi kapten tim U-16 Havre dan sukses membawa timnya masuk ke babak final liga domestik. Ia sukses membantu Le Havre finish di peringkat kedua dibawah Lens. Performa apiknya sukses membawa Le Havre bercokol diatas tim – tim elit seperti Lyon dan Nancy. Atas dasar pertimbangan performanya yang gemilang, banyak klub – klub elit eropa yang mulai menaruh ketertarikan pada diri pemain yang memiliki nama lengkap Paul Labile Pogba ini.

Kemudian di tahun 2009 pogba bergabung ke akademi sepak bola Manchester United dan sempat bermain untuk MU ketika beusia 17 tahun. Sayangnya ia hanya diberi kesempatan bermain 3 kali saja. Setelah merasa kurang berkembang bersama dengan akademi Setan Merah, akhirnya Pogba memutuskan untuk pindah ke klub Serie A Italia yaitu Juventus FC.

Kala bermain bersama Juve, dia mendapatkan julukan Il Polpo Paul yang artinya “Paul si Gurita” karena kakinya yang panjang dan jika dilihat seperti tentakel gurita ketika melakukan tackling ataupun saat berlari.

Sejak kedatangannya ke Juve, Pogba secara perlahan sukses memantapkan jalannya hingga menjadi pemain inti Juventus. Di Turin, Pogba sukses memberi nuansa baru bagi gaya permainan tim berjuluk Si Nyonya Tua tersebut. Kemampuan kontrol dan olah bola yang ia miliki kerap merepotkan tim lawan. Belum lagi tendangan keras terarah yang dijadikannya senjata utama untuk memecah dead-lock.

Pergerakannya kerap membuat pemain belakang lawan kewalahan kala ia membantu penyerangan. Kala ia membantu bertahan, talking kuat dan kecepatan lari yang ia miliki kerap membuat tim lawan kesulitan menembus lapangan tengah si Nyonya Tua.

Karena performanya yang semakin meningkat. Paul Pogba kembali menjadi lirikan beberapa klub – klub elit Eropa lainnya. Terhitung mantan klubnya, Manchester United, dan rival sekotanya, Manchester City, secara terbuka mengungkapkan ketertarikannya untuk mendapatkan jasa pemain asal Perancis ini.

Karir Pogba di Timnas Prancis sudah terhitung sejak ia berusia 16 tahun dengan bergabung bersama Timnas U16. Bersama tim nasional U-16, Pogba didaulat menjadi kapten bagi Perancis dan sukses membawa Perancis menjuarai Tournoi du Val-de-Marne dan Piala Aegea. Pada level tim nasional U-17, ia bermain pada Kejuaraan Sepak Bola U-17 di Eropa yaitu pada UEFA 2010.


Terhitung Pogba telah bermain mewakili tim nasional U17, U18, dan U19. Pada level U-20, sebagai kapten ia sukses membawa Perancis menjuarai turnamen Piala Dunia U-20 pada tahun 2013 silam. Pogba sendiri melakukan debut untuk Timnas senior Perancis pada tanggal 22 Maret 2013 dalam kemenangan Prancis 3-1 atas Georgia.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Paul Pogba

Kesal Pada Aksi Rasisme, Maguire Minta Tiap Akun Medsos Diverifikasi

Kesal Pada Aksi Rasisme, Maguire Minta Tiap Akun Medsos Diverifikasi

20-08-2019 17:48

Bek Manchester United Harry Maguire ingin tiap akun yang diciptakan di semua media sosial harus diverifikasi lebih dahulu demi memberantas aksi rasisme.

Manchester United Kecam Aksi Rasisme untuk Paul Pogba

Manchester United Kecam Aksi Rasisme untuk Paul Pogba

20-08-2019 17:21

Klub Premier League, Manchester United tidak berkenan menolerir aksi rasisme yang ditujukan kepada Paul Pogba.

Setelah Tammy Abraham, Kini Paul Pogba yang Jadi Korban Rasisme di Media Sosial

Setelah Tammy Abraham, Kini Paul Pogba yang Jadi Korban Rasisme di Media Sosial

20-08-2019 07:53

Kasus rasisme kembali terjadi hanya selang beberapa hari setelah menimpa pemain muda Chelsea, Tammy Abraham. Kali ini penggawa Manchester United, Paul Pogba, menjadi korbannya.

Pogba Gagal Eksekusi Penalti, Rashford Hanya Bisa Maklum

Pogba Gagal Eksekusi Penalti, Rashford Hanya Bisa Maklum

20-08-2019 07:14

Kegagalan Paul Pogba dalam mengeksekusi penalti berakibat fatal untuk Manchester United. Namun penggawa the Red Devils lainnya, Marcus Rashford, bisa memaklumi ketidakberuntungan rekan setimnya itu.

Real Madrid Ajukan Tawaran Final untuk Paul Pogba

Real Madrid Ajukan Tawaran Final untuk Paul Pogba

19-08-2019 16:00

Klub La Liga, Real Madrid masih penasaran untuk mendatangkan Paul Pogba.

Satu Perubahan Kecil dalam Peran Paul Pogba, Bukti Kecerdikan Solskjaer

Satu Perubahan Kecil dalam Peran Paul Pogba, Bukti Kecerdikan Solskjaer

19-08-2019 14:00

Paul Pogba tampak bermain jauh lebih baik pada awal musim 2019/20 ini untuk Manchester United. Dia kembali jadi bagian vital permainan Setan Merah.

Scott McTominay: Paul Pogba Bisa Lakukan Semuanya!

Scott McTominay: Paul Pogba Bisa Lakukan Semuanya!

19-08-2019 00:16

Gelandang Manchester United, Scott McTominay, melayangkan pujiannya kepada Paul Pogba. Menurutnya, pemain asal Prancis tersebut merupakan pemain kelas dunia yang serba bisa.

Soal Neymar dan Pogba, Zidane Ogah Membahas Pemain yang Bukan Miliknya

Soal Neymar dan Pogba, Zidane Ogah Membahas Pemain yang Bukan Miliknya

16-08-2019 23:58

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane menegaskan ia tak mau membahas soal Paul Pogba maupun Neymar dan fokus untuk mempersiapkan timnya menghadapi Celta Vigo.

Kakak Sebut Paul Pogba Masih Bisa Pindah ke Real Madrid

Kakak Sebut Paul Pogba Masih Bisa Pindah ke Real Madrid

16-08-2019 20:00

Ia menilai masih ada peluang bagi gelandang Manchester United itu untuk bergabung dengan Real Madrid.

MU Diminta Pertahankan Pogba Meski Ditawari 200 Juta Poundsterling Sekalipun

MU Diminta Pertahankan Pogba Meski Ditawari 200 Juta Poundsterling Sekalipun

16-08-2019 06:00

Dimitar Berbatov meminta mantan klubnya, Manchester United, untuk tidak melepas Paul Pogba pada musim panas ini. Walau mereka digoda tawaran senilai 200 juta poundsterling sekalipun.