FOLLOW US:

PERMERTESACKER

Per Mertesacker
Nama Lengkap : Per Mertesacker
Tempat Lahir : Hannover
Tanggal Lahir : 29 September 1984 (34 Tahun)
Kebangsaan : Jerman
Klub : Arsenal
Posisi : Bek
No Punggung : 4
Tinggi : 4 cm

Karir

  • 2003 - 2006 : Hannover 96
  • 2003 - 2004 : Hannover 96 B
  • 2006 - 2011 : Werder Bremen
  • 2011 - : Arsenal

Per Mertesacker adalah pemain berkebangsaan Jerman yang saat ini bermain untuk klub Inggris, Arsenal. Di atas lapangan, Mertesacker berposisi sebagai bek tengah. Mertesacker lahir 29 September 1984 di Hanover.

Sebagai orang asli Hanover, Hannover 96-lah klub yang pertama kali dibelanya dalam karir profesionalnya. Ia bermain di tim Hannover II selama setahun di bawah kepelatihan Stefan, yang juga ayahnya.

Di Hannover, ia sering dianggap bukanlah pemain yang istimewa meskipun kemampuannya sangatlah baik. Ia juga sering diberitahu bahwa sepakbola bukanlah olahraga yang cocok untuknya. Mertesacker pernah menjalani start buruk di awal musim saat hidungnya patah dan ia mencetak gol bunuh diri.

Akan tetapi Mertesacker dapat dengan cepat menjadi salah satu bek muda Jerman yang menjanjikan meskipun banyak dikritik. Dan ia juga sempat mendapat julukan "Defence Pole" dari sebuah tabloid Jerman.

Di karirnya bersama Hannover 96, Mertesacker merupakan bek yang sangat bersih dan disiplin dalam mengawal lawan. Selama karirnya di tim utama Hannover 96, ia terhitung hanya mendapatkan 2 kartu kuning dari 74 pertandingannya.

Berkat penampilannya, Werder Bremen pun memboyongnya pada Agustus 2006 dengan harga 5 juta Euro. Kontribusinya cukup besar bagi Werder Bremen termasuk saat ia mencetak gol debut di Liga Champions melawan raksasa Inggris, Chelsea.

Mertesacker mendapatkan kartu merah pertamanya di musim 2007-2008 kala Bremen kalah 6-3 melawan VfB Stuttgart. Ia juga mengalami cedera setelah partisipasinya di Euro 2008. Yang paling parah adalah saat ligamen kaki kanannya sobek dan memaksanya mengakhiri musim lebih cepat.

Ia cukup berhasil untuk melanjutkan statusnya sebagai bek yang bersih karena dari 63 total laga liga, hanya 1 kartu kuning yang ia dapat. Padahal banyak orang yang menganggap dengan tinggi 1,98 meter, akan membuat Mertesacker kesulitan sehingga sering melakukan pelanggaran.

Setelah menjalani 146 laga dan mencetak 12 gol bersama Bremen, Arsenal memboyongnya pada 31 Agustus 2011. Dengan cederanya Thomas Vermaelen dan kekalahan 8-2 dari Manchester United, Mertesacker segera menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Arsenal.

Sempat kembali mengalami cedera engkel dan memaksanya di sisa musim 2011-2012, Mertesacker kembali ke tim utama pada musim 2012-2013 dan membentuk duet solid dengan Thomas Vermaelen. Di musim ini pula, kartu merah pertamanya ia terima kala menjatuhkan Shane Long di kotak penalti.          

Di musim 2013-2014, Wenger mempercayakan jabatan wakil kapten sementara kepada Mertesacker karena Vermaelen dan Arteta dilanda cedera. Gol pertamanya musim ini ia cetak saat ia meneruskan umpan dari kompatriot senegaranya, Mesut Oezil. Fans Arsenal menjulukinya the BFG, sebuah singkatan dari "Big Fucking german" karena postur badannya.

Per Mertesacker adalah langganan di skuad timnas Jerman. Sebelum masuk di tim senior, Mertesacker pernah membela Jerman U-20 dan U-21. Di usianya yang ke-20, ia sudah dipanggil masuk ke tim utama Jerman oleh Jürgen Klinsmann di tahun 2004.

Meskipun kerap berganti-ganti partner di jantung pertahanan, Mertesacker selalu menjadi pilihan utama dan dapat bekerjasama dengan baik. Ia dikenal memiliki stamina yang baik dan kerap bermain 90 menit penuh untuk Jerman. Postur jangkungnya juga menjadikannya berbahaya dalam saat set-piece bola udara. Namun ia juga dikritik karena tidak memiliki kecepatan dalam drible.

Ia pernah membentuk sebuah fondasi bernama "Per Mertesacker Foundation" untuk mendukung janda dari Robert Enke dan orang-orang penderita depresi. Robert Enke adalah temannya semasa di Hannover 96 dan juga kiper timnas Jerman yang bunuh diri pada tahun 2009 karena depresi.
        
Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Per Mertesacker

Prediksi Final Liga Champions: Man City Bakal Bertemu Barcelona

Prediksi Final Liga Champions: Man City Bakal Bertemu Barcelona

17-04-2019 01:02

Manchester City diprediksi akan melaju ke final Liga Champions musim 2018-19 ini dan bersua Barcelona.

Per Mertesacker Dukung Arsene Wenger Tangani Bayern Munchen

Per Mertesacker Dukung Arsene Wenger Tangani Bayern Munchen

29-11-2018 19:20

Mertesacker menilai pelatih asal Prancis itu punya kemampuan untuk melatih klub manapun termasuk melatih Bayern Munchen.

Mertesacker: Kepergian Wenger adalah Salah Pemain Arsenal

Mertesacker: Kepergian Wenger adalah Salah Pemain Arsenal

19-09-2018 22:47

Hengkangnya Arsene Wenger dari Arsenal nampaknya masih menyisakan bekas di hati sang mantan pemain, Per Mertesacker. Ia mengaku para pemainnya turut andil dalam kepergian pelatih asal Prancis itu.

Mertesacker Luncurkan Program Latihan Untuk Anak-anak Pengungsi Suriah

Mertesacker Luncurkan Program Latihan Untuk Anak-anak Pengungsi Suriah

08-09-2018 02:57

Per Mertesacker membantu yayasan Arsenal dan Save The Children untuk meluncurkan program kepelatihan di kamp pengungsian di Yordania.

Inikah Rekrutan Pertama Arsenal Musim Depan?

Inikah Rekrutan Pertama Arsenal Musim Depan?

21-05-2018 14:39

Klub asal London Utara itu dikabarkan akan menyegel tanda tangan Sokratis Papastathopoulos dari Borussia Dortmund.

Mertesacker: Ini Akhir Yang Bahagia

Mertesacker: Ini Akhir Yang Bahagia

08-05-2018 12:36

Mertesacker menyebut bahwa ia telah mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola dengan cara yang terbaik.

Wilshere: Arsenal Akan Rindukan Mertesacker

Wilshere: Arsenal Akan Rindukan Mertesacker

07-05-2018 14:19

Wilshere menyebut timnya akan kehilangan sosok hebat seperti Mertesacker di ruang ganti.

Akhiri Karir Di Arsenal, Mertesacker: Momen Yang Indah

Akhiri Karir Di Arsenal, Mertesacker: Momen Yang Indah

07-05-2018 12:28

Bek asal Jerman, Per Mertesacker, baru-baru ini menjalani laga terakhirnya bersama Arsenal sekaligus menutup karirnya di sepakbola. Baginya, momen perpisahan tersebut merupakan sesuatu yang indah.

Sebelum Wenger Pergi, Mertesacker Ingin Persembahkan Trofi

Sebelum Wenger Pergi, Mertesacker Ingin Persembahkan Trofi

22-04-2018 22:34

Defender senior Arsenal Per Mertesacker berharap sebelum Arsene Wenger pergi dari Emirates, ia dan rekan-rekannya bisa menghadiahkan satu trofi juara bagi sang bos.

Hendak Ditinggal Wenger, Mertesacker Rasakan Kesedihan Mendalam

Hendak Ditinggal Wenger, Mertesacker Rasakan Kesedihan Mendalam

22-04-2018 22:01

Bek asal Jerman Per Mertesacker mengaku dirinya begitu sedih mengetahui bahwa orang yang berjasa membuatnya bermain di Emirates yakni Arsene Wenger memutuskan untuk mundur di akhir musim nanti.