PERMERTESACKER

Per Mertesacker
Nama Lengkap : Per Mertesacker
Tempat Lahir : Hannover
Tanggal Lahir : 29 September 1984 (32 Tahun)
Kebangsaan : Jerman
Klub : Arsenal
Posisi : Bek
No Punggung : 4
Tinggi : 4 cm

Karir

  • 2003 - 2006 : Hannover 96
  • 2003 - 2004 : Hannover 96 B
  • 2006 - 2011 : Werder Bremen
  • 2011 - : Arsenal

Per Mertesacker adalah pemain berkebangsaan Jerman yang saat ini bermain untuk klub Inggris, Arsenal. Di atas lapangan, Mertesacker berposisi sebagai bek tengah. Mertesacker lahir 29 September 1984 di Hanover.

Sebagai orang asli Hanover, Hannover 96-lah klub yang pertama kali dibelanya dalam karir profesionalnya. Ia bermain di tim Hannover II selama setahun di bawah kepelatihan Stefan, yang juga ayahnya.

Di Hannover, ia sering dianggap bukanlah pemain yang istimewa meskipun kemampuannya sangatlah baik. Ia juga sering diberitahu bahwa sepakbola bukanlah olahraga yang cocok untuknya. Mertesacker pernah menjalani start buruk di awal musim saat hidungnya patah dan ia mencetak gol bunuh diri.

Akan tetapi Mertesacker dapat dengan cepat menjadi salah satu bek muda Jerman yang menjanjikan meskipun banyak dikritik. Dan ia juga sempat mendapat julukan "Defence Pole" dari sebuah tabloid Jerman.

Di karirnya bersama Hannover 96, Mertesacker merupakan bek yang sangat bersih dan disiplin dalam mengawal lawan. Selama karirnya di tim utama Hannover 96, ia terhitung hanya mendapatkan 2 kartu kuning dari 74 pertandingannya.

Berkat penampilannya, Werder Bremen pun memboyongnya pada Agustus 2006 dengan harga 5 juta Euro. Kontribusinya cukup besar bagi Werder Bremen termasuk saat ia mencetak gol debut di Liga Champions melawan raksasa Inggris, Chelsea.

Mertesacker mendapatkan kartu merah pertamanya di musim 2007-2008 kala Bremen kalah 6-3 melawan VfB Stuttgart. Ia juga mengalami cedera setelah partisipasinya di Euro 2008. Yang paling parah adalah saat ligamen kaki kanannya sobek dan memaksanya mengakhiri musim lebih cepat.

Ia cukup berhasil untuk melanjutkan statusnya sebagai bek yang bersih karena dari 63 total laga liga, hanya 1 kartu kuning yang ia dapat. Padahal banyak orang yang menganggap dengan tinggi 1,98 meter, akan membuat Mertesacker kesulitan sehingga sering melakukan pelanggaran.

Setelah menjalani 146 laga dan mencetak 12 gol bersama Bremen, Arsenal memboyongnya pada 31 Agustus 2011. Dengan cederanya Thomas Vermaelen dan kekalahan 8-2 dari Manchester United, Mertesacker segera menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Arsenal.

Sempat kembali mengalami cedera engkel dan memaksanya di sisa musim 2011-2012, Mertesacker kembali ke tim utama pada musim 2012-2013 dan membentuk duet solid dengan Thomas Vermaelen. Di musim ini pula, kartu merah pertamanya ia terima kala menjatuhkan Shane Long di kotak penalti.          

Di musim 2013-2014, Wenger mempercayakan jabatan wakil kapten sementara kepada Mertesacker karena Vermaelen dan Arteta dilanda cedera. Gol pertamanya musim ini ia cetak saat ia meneruskan umpan dari kompatriot senegaranya, Mesut Oezil. Fans Arsenal menjulukinya the BFG, sebuah singkatan dari "Big Fucking german" karena postur badannya.

Per Mertesacker adalah langganan di skuad timnas Jerman. Sebelum masuk di tim senior, Mertesacker pernah membela Jerman U-20 dan U-21. Di usianya yang ke-20, ia sudah dipanggil masuk ke tim utama Jerman oleh Jürgen Klinsmann di tahun 2004.

Meskipun kerap berganti-ganti partner di jantung pertahanan, Mertesacker selalu menjadi pilihan utama dan dapat bekerjasama dengan baik. Ia dikenal memiliki stamina yang baik dan kerap bermain 90 menit penuh untuk Jerman. Postur jangkungnya juga menjadikannya berbahaya dalam saat set-piece bola udara. Namun ia juga dikritik karena tidak memiliki kecepatan dalam drible.

Ia pernah membentuk sebuah fondasi bernama "Per Mertesacker Foundation" untuk mendukung janda dari Robert Enke dan orang-orang penderita depresi. Robert Enke adalah temannya semasa di Hannover 96 dan juga kiper timnas Jerman yang bunuh diri pada tahun 2009 karena depresi.
        
Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Per Mertesacker

Makin Jarang Main di Arsenal, Ini Kata Mertesacker

Makin Jarang Main di Arsenal, Ini Kata Mertesacker

30-03-2017 10:30

Bintang Arsenal, Per Mertesacker, mengklaim ia kini memahami permainan dengan lebih baik setelah sebelumnya sempat absen lama karena cedera.

Dikerjai Fans Arsenal, Mertesacker Pasang Muka Masam

Dikerjai Fans Arsenal, Mertesacker Pasang Muka Masam

14-03-2017 03:28

Sebuah momen kocak mewarnai laga perempat final FA Cup yang mempertemukan Arsenal kontra Lincoln City akhir pekan kemarin.

Meski Beda Kelas, Arsenal Tetap Respek Pada Lincoln City

Meski Beda Kelas, Arsenal Tetap Respek Pada Lincoln City

10-03-2017 19:27

Kapten Arsenal Per Mertesacker menegaskan bahwa meski levelnya jauh lebih tinggi, The Gunners tetap akan menghormati Lincoln City.

Mertesacker: Para Pemain Arsenal Percaya Wenger

Mertesacker: Para Pemain Arsenal Percaya Wenger

07-03-2017 13:20

Kapten Arsenal, Per Mertesacker, mengatakan bahwa para pemain The Gunners kini menaruh kepercayaan 100 persen pada manajer Arsene Wenger.

Mertesacker Sebut Suasana Ruang Ganti Arsenal Mencekam

Mertesacker Sebut Suasana Ruang Ganti Arsenal Mencekam

07-03-2017 10:30

Per Mertesacker mengakui ada suasana yang intens dan mencekam usai Arsenal menunjukkan performa buruk belakangan ini.

Mertesacker Akui Rumor Sanchez Cukup Mengganggu

Mertesacker Akui Rumor Sanchez Cukup Mengganggu

07-03-2017 08:10

Kapten Arsenal, Per Mertesacker, mengakui bahwa rumor mengenai kemarahan Alexis Sanchez di lapangan latihan amat mengganggu persiapan timnya jelang duel leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan Bayern Munchen.

Wenger Belum Ambil Keputusan Soal Kontraknya

Wenger Belum Ambil Keputusan Soal Kontraknya

07-03-2017 08:00

Arsene Wenger mengaku hingga kini ia masih belum mengambil keputusan soal masa depannya di Arsenal, meski belakangan ini sang manajer terus mendapatkan desakan untuk mundur.

Mertesacker: Arsenal Belum Siap Bertarung!

Mertesacker: Arsenal Belum Siap Bertarung!

06-03-2017 23:22

Per Mertesacker mengakui Arsenal mengalami masalah mental akhir-akhir ini. Bek Arsenal tersebut mengatakan timnya tak siap bertarung sehingga kerap mendapatkan hasil mengecewakan.

Mertesacker Ingin Rasakan Lagi Dukungan Penuh di Emirates

Mertesacker Ingin Rasakan Lagi Dukungan Penuh di Emirates

02-03-2017 14:45

Per Mertesacker mengaku sudah tidak sabar ingin kembali bermain dan merasakan dukungan penuh fans Arsenal di Emirates.

Kapten Arsenal Hadapi Momen Tersulit Dalam Karirnya

Kapten Arsenal Hadapi Momen Tersulit Dalam Karirnya

02-03-2017 14:35

Kapten Arsenal, Per Mertesacker, mengatakan bahwa cedera yang belum lama ini ia alami merupakan salah satu periode tersulit dalam karirnya.