ROBINVAN PERSIE

Robin van Persie
Nama Lengkap : Robin van Persie
Tempat Lahir : Rotterdam, Belanda
Tanggal Lahir : 06 Agustus 1983 (33 Tahun)
Kebangsaan : Belanda
Klub : Fenerbahce
Posisi : Penyerang
No Punggung : 20
Tinggi : 188 cm

Karir

Robin van Persie adalah pesepakbola yang bermain untuk klub Manchester United dan berposisi sebagai penyerang. Persie lahir di Rotterdam, Belanda dari sebuah keluarga seniman. Ayahnya seorang pemahat patung dan ibunya adalah seorang pelukis serta desainer perhiasan.

Diharapkan dapat meneruskan karir orangtuanya, van Persie lebih memilih untuk menekuni dunia sepakbola daripada dunia seni. Di usia 5 tahun, van Persie bergabung dengan klub tempat lahir SBV Exelcior. Ia meninggalkan Exelcior pada usia 15 karena adanya konflik pelatih dengan ibunya.

Van Persie memilih bergabung dengan klub tempat lahir yang lebih besar, Feyenoord. Baru bergabung di usia 15, van Persie sudah ditarik ke tim utama di usia 17 karena adanya badai cedera yang menghantam tim utama. Di akhir musim 2001-2002 van Persie meraih penghargaan KNVB Best Young Talent dan juga menandatangani kontrak profesional 3.5 tahun pada musim selanjutnya.

Ia sempat diasingkan untuk membela tim reserve karena bertengkar dengan pelatih Bert van Marwijk. Bert van Marwijk tidak senang dengan bahasa tubuhnya saat van Persie diganti di laga semifinal UEFA Super Cup 2002 melawan Real Madrid. Selama musim tersebut van Persie bermain dalam 28 laga dan mencetak 8 gol.

Di musim terakhirnya bersama Feyenoord, van Persie masih terus berkonflik dengan van Marwijk. Ini berujung pada gagalnya perjanjian kontrak baru van Persie. Di musim ini, 2003-2004, van Persie lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. 3 musim di Feyenoord, van Persie berhasil menyumbangkan piala UEFA Cup.

Sempat mengalami kekurangan peminat karena sifat van Persie yang pemberontak, akhirnya ia dikontrak oleh Arsenal pada 17 Mei 2004 dengan harga 2.75 juta Pounsterling. Ia diproyeksikan sebagai pengganti jangkan panjang untuk Dennis Bergkamp yang mulai termakan usia. Arsene Wenger pun mengganti posisinya dari penyerang sayap menjadi penyerang tengah.

Di musim pertamanya yaitu 2004-2005, ia banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan karena van Persie juga harus bersaing dengan penyerang asal Spanyol, José Antonio Reyes. Ia juga mendapat kartu merah pertamanya di musim ini, dihukum selama 4 laga, serta mendapat cedera.

Van Persie mengawali musim keduanya dengan cukup bagus karena mencetak 8 gol dalam 8 laga yang membuatnya meraih Arsenal Player of the Month pertamanya. Van Persie juga mendapat perpanjangan kontrak selama 5 tahun. Sayang ia juga mendapat cedera patah jari kaki yang membuatnya sempat bermain dengan sepatu yang dilubangi untuk mengurangi rasa sakit.

Ia meraih penghargaan Rotterdam Sportsman of the Year pada tahun 2006. Sebuah golnya pada tahun tersebut juga berhasil dinobatkan sebagai BBC Sport's Goal of the Month untuk bulan September. Di Arsenal, van Persie cukup sering mengalami cedera yang pernah memaksanya absen selama 5 bulan.

Paska kepindahan Thierry Henry ke Barcelona, van Persie dipercaya menjadi striker utama pada musim 2007-2008. Di musim tersebut, sebuah golnya kembali menjadi BBC Sport's Goal of the Month untuk bulan Desember. Di musim ini pula van Persie meraih penghargaan Arsenal Player of the Month keduanya.

Memperpanjang kontrak pada 2009, van Persie terus bermain untuk membantu Arsenal meraih piala yang belum pernah diraih kembali sejak 2005. Pada musim 2011-2012, van Persie diplot menjadi kapten Arsenal setelah pindahnya Cesc Fàbregas ke Barcelona. Pada 4 Juli 2012, van Persie memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Arsenal.

Pada 17 Agustus 2012, van Persie pindah ke Manchester United dengan harga 22.5 juta Poundsterling setelah menjalani 277 laga dan mencetak 132 gol di segala ajang. Di Manchester United, ia diberi nomor jersey 20 setelah diyakinkan asisten pelatih Rene Meulensteen bahwa kedatangannya akan mendatangkan gelar Premier League ke 20 Manchester United.

Selain sukses di level klub, van Persie cukup sukses di karir timnas, Ia sudah bermain untuk timnas Belanda usia 17, 19, dan 21. Van Persie sendiri saat ini merupakan top skorer timnas dengan 41 gol dari 78 caps. Di gelaran kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil, van Persie menjadi top skorer dengan 11 gol.      
     


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Robin van Persie

Van Persie Ikut Senang MU Juara Piala Liga

Van Persie Ikut Senang MU Juara Piala Liga

01-03-2017 14:10

Robin van Persie belum lama ini terlihat ikut senang dengan sukses mantan timnya, Manchester United, memenangkan Piala Liga.

Statistik di Balik Hattrick Zlatan Ibrahimovic

Statistik di Balik Hattrick Zlatan Ibrahimovic

17-02-2017 15:42

Ini adalah kali kedua Manchester United menang 3-0 lewat hattrick pemainnya dalam sebuah pertandingan Eropa. Yang pertama adalah ketika menjamu Olympiacos di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2013/14.

Buru Striker Baru, PSG Tolak Dua Mantan MU

Buru Striker Baru, PSG Tolak Dua Mantan MU

07-01-2017 14:00

PSG belum lama ini mengakui bahwa salah satu prioritas mereka di bursa Januari adalah mendatangkan striker baru untuk melapis Edinson Cavani - namun menurut laporan yang diturunkan Le Parisien - mereka sudah menolak kesempatan untuk mendapatkan Javier Hernandez dan Robin van Persie.

Bukti Ketajaman Zlatan Ibrahimovic

Bukti Ketajaman Zlatan Ibrahimovic

18-12-2016 07:30

Di usia 35, Zlatan Ibrahimovic masih merupakan salah satu striker tertajam di dunia. Pemain Swedia itu membuktikannya dengan dua gol yang membawa Manchester United menang 2-0 atas tuan rumah West Brom di Premier League dini hari tadi.

Ingin Juara, Seaman Minta Arsenal Tak Jual Pemain Bintang

Ingin Juara, Seaman Minta Arsenal Tak Jual Pemain Bintang

10-12-2016 14:20

Mantan kiper utama Arsenal, David Seaman mengingatkan The Gunners agar tidak menjual pemain terbaiknya apabila ingin menjuarai gelar Premier League musim ini.

Tangani Van Persie, Dokter Ini Mengiranya Pemain Amatir

Tangani Van Persie, Dokter Ini Mengiranya Pemain Amatir

09-11-2016 22:25

Siapa yang tak mengenal Robin van Persie. Ya, dia adalah mantan pemain Arsenal dan Manchester United yang saat ini bermain di Fenerbahce.

Cedera Mata Van Persie Ternyata Tak Parah

Cedera Mata Van Persie Ternyata Tak Parah

07-11-2016 22:15

Striker asal Belanda, Robin Van Persie, menginformasikan bahwa cedera mata yang ia alami tak separah yang diperkirakan sebelumnya.

Van Persie Alami Cedera Mata Mengerikan di Turki

Van Persie Alami Cedera Mata Mengerikan di Turki

07-11-2016 06:47

Bomber gaek Robin van Persie mengalami cedera mata mengerikan dalam laga lanjutan SuperLig Turki antara tuan rumah Akhisar Belediyespor kontra Fenerbahce dini hari tadi.

Kontra MU, Fenerbahce Belum Tentu Mainkan Van Persie

Kontra MU, Fenerbahce Belum Tentu Mainkan Van Persie

03-11-2016 12:51

Salah satu poin yang disebutkan Advocaat adalah Robin van Persie belum tentu bisa dimainkan pada laga ini.

Rojo: Van Persie Pemain yang Luar Biasa

Rojo: Van Persie Pemain yang Luar Biasa

03-11-2016 08:14

Marcos Rojo memberikan pujian pada striker Fenerbahce, Robin van Persie, menjelang kedatangan Manchester United ke Sukru Saracoglu untuk menghadapi laga lanjutan Liga Europa di Turki malam nanti.