FOLLOW US:

ROBINVAN PERSIE

Robin van Persie
Nama Lengkap : Robin van Persie
Tempat Lahir : Rotterdam, Belanda
Tanggal Lahir : 06 Agustus 1983 (36 Tahun)
Kebangsaan : Belanda
Klub : Fenerbahce
Posisi : Penyerang
No Punggung : 20
Tinggi : 188 cm

Karir

Robin van Persie adalah pesepakbola yang bermain untuk klub Manchester United dan berposisi sebagai penyerang. Persie lahir di Rotterdam, Belanda dari sebuah keluarga seniman. Ayahnya seorang pemahat patung dan ibunya adalah seorang pelukis serta desainer perhiasan.

Diharapkan dapat meneruskan karir orangtuanya, van Persie lebih memilih untuk menekuni dunia sepakbola daripada dunia seni. Di usia 5 tahun, van Persie bergabung dengan klub tempat lahir SBV Exelcior. Ia meninggalkan Exelcior pada usia 15 karena adanya konflik pelatih dengan ibunya.

Van Persie memilih bergabung dengan klub tempat lahir yang lebih besar, Feyenoord. Baru bergabung di usia 15, van Persie sudah ditarik ke tim utama di usia 17 karena adanya badai cedera yang menghantam tim utama. Di akhir musim 2001-2002 van Persie meraih penghargaan KNVB Best Young Talent dan juga menandatangani kontrak profesional 3.5 tahun pada musim selanjutnya.

Ia sempat diasingkan untuk membela tim reserve karena bertengkar dengan pelatih Bert van Marwijk. Bert van Marwijk tidak senang dengan bahasa tubuhnya saat van Persie diganti di laga semifinal UEFA Super Cup 2002 melawan Real Madrid. Selama musim tersebut van Persie bermain dalam 28 laga dan mencetak 8 gol.

Di musim terakhirnya bersama Feyenoord, van Persie masih terus berkonflik dengan van Marwijk. Ini berujung pada gagalnya perjanjian kontrak baru van Persie. Di musim ini, 2003-2004, van Persie lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. 3 musim di Feyenoord, van Persie berhasil menyumbangkan piala UEFA Cup.

Sempat mengalami kekurangan peminat karena sifat van Persie yang pemberontak, akhirnya ia dikontrak oleh Arsenal pada 17 Mei 2004 dengan harga 2.75 juta Pounsterling. Ia diproyeksikan sebagai pengganti jangkan panjang untuk Dennis Bergkamp yang mulai termakan usia. Arsene Wenger pun mengganti posisinya dari penyerang sayap menjadi penyerang tengah.

Di musim pertamanya yaitu 2004-2005, ia banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan karena van Persie juga harus bersaing dengan penyerang asal Spanyol, José Antonio Reyes. Ia juga mendapat kartu merah pertamanya di musim ini, dihukum selama 4 laga, serta mendapat cedera.

Van Persie mengawali musim keduanya dengan cukup bagus karena mencetak 8 gol dalam 8 laga yang membuatnya meraih Arsenal Player of the Month pertamanya. Van Persie juga mendapat perpanjangan kontrak selama 5 tahun. Sayang ia juga mendapat cedera patah jari kaki yang membuatnya sempat bermain dengan sepatu yang dilubangi untuk mengurangi rasa sakit.

Ia meraih penghargaan Rotterdam Sportsman of the Year pada tahun 2006. Sebuah golnya pada tahun tersebut juga berhasil dinobatkan sebagai BBC Sport's Goal of the Month untuk bulan September. Di Arsenal, van Persie cukup sering mengalami cedera yang pernah memaksanya absen selama 5 bulan.

Paska kepindahan Thierry Henry ke Barcelona, van Persie dipercaya menjadi striker utama pada musim 2007-2008. Di musim tersebut, sebuah golnya kembali menjadi BBC Sport's Goal of the Month untuk bulan Desember. Di musim ini pula van Persie meraih penghargaan Arsenal Player of the Month keduanya.

Memperpanjang kontrak pada 2009, van Persie terus bermain untuk membantu Arsenal meraih piala yang belum pernah diraih kembali sejak 2005. Pada musim 2011-2012, van Persie diplot menjadi kapten Arsenal setelah pindahnya Cesc Fàbregas ke Barcelona. Pada 4 Juli 2012, van Persie memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Arsenal.

Pada 17 Agustus 2012, van Persie pindah ke Manchester United dengan harga 22.5 juta Poundsterling setelah menjalani 277 laga dan mencetak 132 gol di segala ajang. Di Manchester United, ia diberi nomor jersey 20 setelah diyakinkan asisten pelatih Rene Meulensteen bahwa kedatangannya akan mendatangkan gelar Premier League ke 20 Manchester United.

Selain sukses di level klub, van Persie cukup sukses di karir timnas, Ia sudah bermain untuk timnas Belanda usia 17, 19, dan 21. Van Persie sendiri saat ini merupakan top skorer timnas dengan 41 gol dari 78 caps. Di gelaran kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil, van Persie menjadi top skorer dengan 11 gol.      
     


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Robin van Persie

Van Persie Ungkap Perasaannya Saat Melawan Arsenal dengan Seragam MU

Van Persie Ungkap Perasaannya Saat Melawan Arsenal dengan Seragam MU

15-08-2019 04:25

Pada tahun 2012 lalu, Robin van Persie memutuskan untuk hengkang dari Arsenal guna memperkuat Manchester United. Setelah bertahun-tahun lamanya, ia bercerita soal perasaannya bermain dengan bekas klubnya tersebut bersama MU.

Masihkah Van Persie Gabung MU Andai Tahu Ferguson akan Pensiun?

Masihkah Van Persie Gabung MU Andai Tahu Ferguson akan Pensiun?

07-08-2019 03:30

Sebuah pertanyaan menyasar ke arah mantan striker Timnas Belanda, Robin van Persie: Apakah dirinya akan tetap pindah ke Manchester United meski tahu Sir Alex Ferguson bakalan pensiun? Ia memberikan jawaban yang mengambang.

Bukan Wenger Atau Ferguson, Pujian Terbesar untuk Persie Datang dari Klopp

Bukan Wenger Atau Ferguson, Pujian Terbesar untuk Persie Datang dari Klopp

27-05-2019 01:05

Legenda sepakbola Belanda Robin Van Persie mengungkapkan pujian terbesar yang pernah diterimanya berasal dari manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Szczesny Cap Van Persie Sebagai Pemain Arogan

Szczesny Cap Van Persie Sebagai Pemain Arogan

17-03-2019 23:50

Eks The Gunners Arsenal Wojciech Szczesny menyebut mantan rekannya di Arsenal, Robin Van Persie, sebagai sosok pemain yang arogan.

Wright Dukung Keputusan Van Persie Hijrah ke Man United

Wright Dukung Keputusan Van Persie Hijrah ke Man United

13-12-2018 22:28

Legenda Arsenal Ian Wright mengatakan bahwa ia mendukung keputusan Robin van Persie untuk meninggalkan The Gunners demi gabung Manchester United.

Van Persie Bersyukur Pernah Diasuh Manajer Sekaliber Wenger

Van Persie Bersyukur Pernah Diasuh Manajer Sekaliber Wenger

20-04-2018 19:49

Eks bomber timnas Belanda Robin Van Persie menyebut Arsene Wenger Sebagai manajer top dan ia mengaku sangat bersyukur pernah diasuh bos Arsenal itu.

Koeman Buka Peluang Van Persie Perkuat Belanda

Koeman Buka Peluang Van Persie Perkuat Belanda

20-03-2018 12:27

Pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman belum menutup kemungkinan bagi Robin van Persie untuk membela Der Oranje. Ia mengaku bisa kembali memanggil sang pemain jika dirinya menjaga kebugaran fisiknya.

Van Persie Ungkap Dahsyatnya Efek Kata-kata Wenger

Van Persie Ungkap Dahsyatnya Efek Kata-kata Wenger

25-01-2018 14:00

Pemain anyar Feyenoord, Robin van Persie, belum lama ini mengungkap peran besar Arsene Wenger dalam perjalanan karirnya sebagai pemain profesional.

Van Persie: Wenger Manajer Terbaik Sedunia

Van Persie: Wenger Manajer Terbaik Sedunia

25-01-2018 09:40

Robin van Persie belum lama ini menyebut manajer Arsenal, Arsene Wenger, sebagai pelatih terbaik sedunia.

Wenger: Ditinggal Sanchez Tak Sesakit Ditinggal Van Persie

Wenger: Ditinggal Sanchez Tak Sesakit Ditinggal Van Persie

19-01-2018 08:10

Arsene Wenger mengaku sudah merelakan kepergian Alexis Sanchez dan yakin para suporter Arsenal takkan terlalu menyesali kepergian sang pemain, serta mengklaim kepergian Robin van Persie ke Manchester United di 2012 lebih menyakitkan.