Nama Lengkap : Ronaldo de Assis Moreira
Tempat Lahir : Porto Alegre, Brazil
Tanggal Lahir : 21 Maret 1980 (36 Tahun)
Kebangsaan :
Klub : -
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 0 cm

Ronaldo de Assis Moreira yang lebih dikenal dengan sebutan Ronaldinho lahir pada tanggal 21 Maret 1980 di Porto Alegre, Brasil. Pemain berkebangsaan Brasil ini menempati posisi sebagai gelandang serang.

Ronaldinho adalah bahasa Portugis untuk Ronaldo Kecil. Dia dikenal dikenal di Brasil dengan sebutan Gaucho, untuk membedakannya dengan Ronaldo, yang sudah dipanggil dengan Ronaldinho di Brasil. Ronaldo akhirnya lebih memakai nama Ronaldo di Eropa, yang membuat Ronaldinho tidak perlu memakai Gaucho dan tetap Ronaldinho saja.

Kemampuan bermain bola Ronaldinho mulai terlihat sejak kecil, dan dia diberi julukan Ronaldinho karena dia seringkali menjadi pemain termuda dan terkecil di pertandingan antar tim muda. Kemampuannya pertama kali menarik media, ketika dia mencetak semua 23 gol dalam kemenangan 23-0 melawan tim lokalnya. Dia dianggap sebagai calon bintang setelah bersinar di ajang Kejuaraan Dunia U-17 1997 di Mesir, di mana dia berhasil mencetak 2 gol.

Karir Ronaldinho bermula bersama tim muda Gremio dalam arahan pelatih Liam Higgins. Debutnya di tim senior terjadi pada tahun 1998 di ajang Copa Libertadores. Pada tahun 2001, Arsenal hampir saja merekrutnya, tetapi kepindahan itu gagal karena ijin kerjanya tidak keluar karena dia bukan pemain Uni Eropa dan jumlah pertandingan internasionalnya belum cukup. Dia berencana bergabung dengan klub Skotlandia, St. Mirren, dengan status pinjaman. Tetapi gagal karena dia terlibat dalam kasus paspor palsu di Brasil. Akhirnya tahun 2001 itu juga dia bergabung dengan Paris Saint-Germain.

Selama musim 2001-2002, manajer PSG, Luis Fernandez mengkritik Ronaldinho karena lebih suka menghabiskan waktu pada hiburan malam daripada sepak bola. Pada tahun 2003, dia memutuskan untuk hengkang karena PSG gagal masuk ke kompetisi level Eropa.

Awalnya presiden Barcelona, Joan Laporta, menjanjikan akan membeli David Beckham. Tetapi karena dia sudah dibeli Real Madrid, akhirnya Barcelona beralih ke Ronaldinho. Debut pertamanya terjadi saat pertandingan persahabatan melawan Milan dan berhasil mencetak 1 gol. Ronaldinho mendapat gelar liga pertamanya di musim 2004-05 dan menjadi pemain terbaik FIFA pada tanggal 20 Desember 2004.

Ronaldinho memainkan laga ke 200-nya bersama Barcelona ketika melawan Osasuna pada tanggal 3 Februari 2008. Akan tetapi musim 2007-08 baginya dilalui dengan banyak kali cedera. Pada tanggal 19 Mei 2008, Laporta mengatakan Ronaldinho butuh tantang baru.

Ronaldinho akhirnya menolak tawaran 25,5 juta poundsterling dari Manchester City untuk bergabung dengan Milan, yang membelinya seharga 21 juta Euro. Karena kostum nomor 10 telah dipakai Clarence Seedorf, dia akhirnya memilih nomor 80 sebagai lambang dari tahun kelahirannya. Ronaldinho mencetak gol pertamanya bersama Milan saat derby melawan Inter pada tanggal 28 September 2008.

Pada tanggal 26 Juni 1999, 3 hari sebelum dimulainya Copa America 1999 dia memulai debut pertamanya bersama tim nasional Brasil ketika melawan Latvia.

Berita Terbaru Ronaldinho

Hanya dengan Satu Gerakan, Sanchez Tiru Tiga Legenda Sepakbola!

Hanya dengan Satu Gerakan, Sanchez Tiru Tiga Legenda Sepakbola!

30-03-2017 08:25

Alexis Sanchez menjadi bintang kemenangan 3-1 yang diraih Chile atas Venezuela kemarin.

Jadi Musisi, Ronaldinho Rilis Single Pertama

Jadi Musisi, Ronaldinho Rilis Single Pertama

27-03-2017 02:20

Siapa yang menyangka jika legenda sepakbola Brasil, Ronaldinho ternyata tidak hanya mahir menggocek bola, tapi juga mahir memproduksi musik?

Ronaldinho Ogah Bandingkan Barca Masa Lalu dan Sekarang

Ronaldinho Ogah Bandingkan Barca Masa Lalu dan Sekarang

16-03-2017 12:10

Mantan pemain Barcelona, Ronaldinho, mengaku enggan membandingkan tim Catalan yang ia lihat sekarang, dengan ketika mereka bermain di eranya dulu.

Ronaldinho: Level Neymar Sama dengan Ronaldo dan Messi

Ronaldinho: Level Neymar Sama dengan Ronaldo dan Messi

16-03-2017 10:00

Legenda Brasil, Ronaldinho, percaya bahwa kompatriotnya, Neymar, sama bagusnya dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Kaka Minta Neymar Ganti Nama Jadi 'Reymar'

Kaka Minta Neymar Ganti Nama Jadi 'Reymar'

12-03-2017 17:59

Eks pemain AC Milan Kaka mengusulkan pada Neymar agar mengganti namanya menjadi Reymar agar peluangnya jadi pemain terbaik dunia kian lebar karena para pemain terbaik Brasil namanya semua diawali huruf R.

El Clasico Legends Akan Digelar di Lebanon

El Clasico Legends Akan Digelar di Lebanon

03-03-2017 20:46

Barcelona Legends akan kembali menunjukkan aksinya untuk menghibur para fans. Tidak tanggung-tanggung, Barca Legends akan turun laga melawan Real Madrid Legends. Laga ini akan digelar di Lebanon.

Ronaldinho: Saya Masih Harus Mengajari Messi

Ronaldinho: Saya Masih Harus Mengajari Messi

01-03-2017 23:05

Ronaldinho rupanya punya alasan khusus mengapa pada akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke Barcelona dan menjabat duta klub. Sembari bercanda, Ronaldinho mengaku masih ingin memberi sebuah pelajaran untuk Lionel Messi.

Ronaldinho: Belum Waktunya Rooney ke Tiongkok

Ronaldinho: Belum Waktunya Rooney ke Tiongkok

24-02-2017 07:10

Striker Manchester United, Wayne Rooney, mengumumkan ia tidak akan pergi ke Tiongkok dalam waktu dekat, dan keputusan itu disambut baik oleh legenda Brasil, Ronaldinho.

Ronaldinho: PSG vs Barca, Duel Tim Bertabur Bintang

Ronaldinho: PSG vs Barca, Duel Tim Bertabur Bintang

14-02-2017 08:20

Ronaldinho mengatakan bahwa pertandingan Liga Champions antara PSG dan Barcelona bakal amat menarik, jelang duel kedua klub di leg pertama babak 16 besar pekan ini.

Ronaldinho Yakin Jesus Bisa Jadi Pengganti Messi

Ronaldinho Yakin Jesus Bisa Jadi Pengganti Messi

13-02-2017 10:40

Ronaldinho mendukung pemain Brasil, Gabriel Jesus, untuk melewati level permainan Lionel Messi di Barcelona dan menjadi pemain terbaik dunia.