SAMIKHEDIRA

Sami Khedira
Nama Lengkap : Sami Khedira
Tempat Lahir : Stuttgart, Jerman Barat
Tanggal Lahir : 04 April 1987 (30 Tahun)
Kebangsaan : Jerman
Klub : Juventus
Posisi : Gelandang
No Punggung : 6
Tinggi : 189 cm

Karir

  • 2004 - 2006 : VfB Stuttgart B
  • 2006 - 2010 : VfB Stuttgart
  • 2010 - 2015 : Real Madrid
  • 2015 - : Juventus

Pesepakbola kelahiran Stuttgart ini merupakan salah satu gelandang andalan Jerman era kepelatihan Joachim Low. Pemain yang berposisi sebagai gelandang jangkar ini memang terkenal akan staminanya yang kuat dan pola permainan yang tanpa kompromi. Ketangguhannya dalam duel-duel udara membuat pemain ini kerap menjadi sosok vital bagi tim yang dibelanya.

Bakatnya bermain sepak bola sudah terlihat sejak usia muda. Khedira kecil bergabung dengan akademi sepak bola local, TV Oeffingen, pada tahun 1992. Setelah 3 tahun menimba ilmu di TV Oeffingen, ia lantas meneruskan berlatih sepak bola bersama dengan akademi klub papan atas Bundesliga Jerman, VfB Stuttgart pada 1995.

Bersama dengan akademi Stuttgart inilah bakat Khedira mulai terasah di posisi gelandang jangkar. Ia belajar teknik-teknik sepak bola di akademi Stuttgart hingga tahun 2004 sebelum ia diproyeksikan untuk mengisi skuat reserve Stuttgart.

Pada musim 2004/2005, nama Khedira dimasukkan ke dalam susunan pemain tim lapis kedua Stuttgart. Selama dua musim memperkuat tim reserve Stuttgart, Khedira tampil sebanyak 21 kali dan sukses menyarangkan 1 gol.

Atas pertimbangan penampilannya yang impresif di lini tengah tim reserve, Sami dipromosikan untuk masuk ke tim utama VfB Stuttgart pada musim 2006/2007 oleh manajer Die Schwaben saat itu, Armin Veh. Debutnya bersama dengan tim utama Stuttgart terjadi saat Die Schwaben menjamu tim asal ibu kota Jerman, Hertha BSC.

Bermain bagus pada kesempatan awalnya di tim utama, Khedira dengan segera menjadi pemain tak tergantikan di kubu Stuttgart. Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya pada Januari 2007 dengan durasi hingga tahun 2009. Pemain yang memiliki postur kokoh ini lantas bermain apik sepanjang musim 2006/2007.

Terbukti dengan adanya Khedira sebagai gelandang jangkar membuat pemain-pemain lawan kesulitan mengalirkan suplai bola ke jantung pertahanan Suttgart. Atas kontribusinya tersebut Stuttgart berhasil merengkuh tahta jawara Bundesliga Jerman pada musim perdananya membela tim utama Die Schwaben pada 2006/2007 silam.
 
Karena kontribusinya tersebut, pemain yang juga memiliki darah Tunisia dari sang ayah ini dihadiahi perpanjangan kontrak hingga 2011 oleh pihak Stuttgart. Hal itu juga dilakukan pihak klub guna mengikat pemain andalan mereka tersebut karena Khedira tengah menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Namun pada awal musim 2010, Khedira memutuskan untuk hengkang dari Stuttgart dengan menyetujui tawaran raksasa Spanyol, Real Madrid.

Bersama dengan raksasa Spanyol tersebut, pemain kelahiran 4 April ini menjadi salah satu pembelian terbesar arsitek El-Real kala itu, Jose Mourinho. Keputusan The Special One memboyong pemain berdarah Tunisia ini terbukti tepat. Segera setelah didatangkan dari Stuttgart, Khedira dengan cepat mengambil alih posisi utama di barisan pemain tengah Los Galacticos.
Duetnya bersama dengan Xabi Alonso di lini tengah El-Real terbukti efektif menahan gempuran serangan lawan. Terbukti gelar jawara Copa del Rey 2010/2011, LA Liga musim 2011/2012, dan piala Supercopa Spanyol tahun 2012 sukses ia persembahkan untuk El-Real.

Demikian pula dengan perannya di tim nasional Jerman. Khedira yang menjadi suksesor Michael Ballack adalah salah satu pemain andalan Joachim Low. Perannya sebagai gelandang jangkar tim nasional Jerman membuat Jerman menjadi salah satu tim dengan lini tengah yang solid.

Ia juga merupakan salah satu pemain yang membela Timnas Jerman pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina. Meski pada dua turnamen tersebut Jerman gagal menjadi juara, namun penampilannya bersama tim nasional Jerman sangat merepotkan tim-tim lawan.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Sami Khedira

Khedira Bertahan di Juve Hingga Kontraknya Habis

Khedira Bertahan di Juve Hingga Kontraknya Habis

31-03-2017 17:05

Gelandang Sami Khedira dikabarkan telah memberikan sebuah garansi bahwa ia tidak akan pindah dari Juventus pada musim depan. Khedira akan tetap bertahan hingga masa kontraknya selesai.

Khedira: Gabung Juventus Pilihan Terbaik

Khedira: Gabung Juventus Pilihan Terbaik

27-03-2017 04:45

Gelandang Sami Khedira mengatakan bahwa bergabung dengan Juventus adalah sebuah pilihan yang tepat untuk karir sepakbolanya. Menurut Khedira, saat ini ia telah menjadi pemain yang lebih lengkap setelah bermain di Juve.

Khedira: Bukan Kebetulan Saya Jarang Cedera Musim Ini

Khedira: Bukan Kebetulan Saya Jarang Cedera Musim Ini

14-03-2017 14:45

Gelandang Juventus, Sami Khedira mengungkapkan bahwa kerja keras yang dia lakukan selama ini untuk menemukan kembali kebugaran dan level terbaiknya akhirnya terbayarkan. Musim ini, gelandang Jerman tersebut menjadi pemain penting Bianconeri.

Khedira Akui Berencana Main di Amerika Serikat

Khedira Akui Berencana Main di Amerika Serikat

14-03-2017 10:20

Sami Khedira mengatakan ia berencana untuk bermain di MLS suatu hari nanti, meski hal itu takkan terjadi dalam waktu dekat.

Khedira: Juve Wajib Menangkan Liga Champions

Khedira: Juve Wajib Menangkan Liga Champions

13-03-2017 21:17

Sukses Juventus menjadi tim yang menguasai Serie A rupanya masih belum cukup memuaskan bagi gelandangnya, Sami Khedira. Kini target pun dinaikkan untuk biasa menjadi penguasa di ajang Liga Champions.

Juventus Kandidat Kuat Juara? Ini Komentar Khedira

Juventus Kandidat Kuat Juara? Ini Komentar Khedira

23-02-2017 11:45

Gelandang Juventus, Sami Khedira tak memungkiri bahwa hasil bagus melawan Porto membuat mereka semakin difavoritkan menjadi juara Liga Champions musim ini.

Khedira: Ini Belum Selesai, Juventus!

Khedira: Ini Belum Selesai, Juventus!

23-02-2017 11:07

Gelandang Juventus, Sami Khedira menegaskan bahwa timnya sama sekali tak boleh punya pikiran bahwa mereka sudah lolos setelah menang 2-0 atas Porto.

Juventus Bahagia Dengan Hasil di Porto

Juventus Bahagia Dengan Hasil di Porto

23-02-2017 10:47

Gelandang Juventus, Sami Khedira mengakui bahwa timnya memiliki perasaan bahagia setelah kemenangan 2-0 atas tuan rumah Porto.

Alasan Khedira Selalu Main di Formasi Baru Juventus

Alasan Khedira Selalu Main di Formasi Baru Juventus

13-02-2017 10:36

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri akhirnya mengatakan alasan mengapa Sami Khedira selalu dia mainkan sejak mereka memutuskan beralih ke formasi baru melawan Lazio.

Khedira: Kemenangan Penting Untuk Kepercayaan Diri Juve

Khedira: Kemenangan Penting Untuk Kepercayaan Diri Juve

06-02-2017 10:25

Gelandang Juventus, Sami Khedira mengatakan bahwa kemenangan atas Inter Milan sangat penting untuk kepercayaan diri tim, terlebih kemenangan itu diraih dengan permainan yang apik.