FOLLOW US:

SAMIKHEDIRA

Sami Khedira
Nama Lengkap : Sami Khedira
Tempat Lahir : Stuttgart, Jerman Barat
Tanggal Lahir : 04 April 1987 (32 Tahun)
Kebangsaan : Jerman
Klub : Juventus
Posisi : Gelandang
No Punggung : 6
Tinggi : 189 cm

Karir

  • 2004 - 2006 : VfB Stuttgart B
  • 2006 - 2010 : VfB Stuttgart
  • 2010 - 2015 : Real Madrid
  • 2015 - : Juventus

Pesepakbola kelahiran Stuttgart ini merupakan salah satu gelandang andalan Jerman era kepelatihan Joachim Low. Pemain yang berposisi sebagai gelandang jangkar ini memang terkenal akan staminanya yang kuat dan pola permainan yang tanpa kompromi. Ketangguhannya dalam duel-duel udara membuat pemain ini kerap menjadi sosok vital bagi tim yang dibelanya.

Bakatnya bermain sepak bola sudah terlihat sejak usia muda. Khedira kecil bergabung dengan akademi sepak bola local, TV Oeffingen, pada tahun 1992. Setelah 3 tahun menimba ilmu di TV Oeffingen, ia lantas meneruskan berlatih sepak bola bersama dengan akademi klub papan atas Bundesliga Jerman, VfB Stuttgart pada 1995.

Bersama dengan akademi Stuttgart inilah bakat Khedira mulai terasah di posisi gelandang jangkar. Ia belajar teknik-teknik sepak bola di akademi Stuttgart hingga tahun 2004 sebelum ia diproyeksikan untuk mengisi skuat reserve Stuttgart.

Pada musim 2004/2005, nama Khedira dimasukkan ke dalam susunan pemain tim lapis kedua Stuttgart. Selama dua musim memperkuat tim reserve Stuttgart, Khedira tampil sebanyak 21 kali dan sukses menyarangkan 1 gol.

Atas pertimbangan penampilannya yang impresif di lini tengah tim reserve, Sami dipromosikan untuk masuk ke tim utama VfB Stuttgart pada musim 2006/2007 oleh manajer Die Schwaben saat itu, Armin Veh. Debutnya bersama dengan tim utama Stuttgart terjadi saat Die Schwaben menjamu tim asal ibu kota Jerman, Hertha BSC.

Bermain bagus pada kesempatan awalnya di tim utama, Khedira dengan segera menjadi pemain tak tergantikan di kubu Stuttgart. Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya pada Januari 2007 dengan durasi hingga tahun 2009. Pemain yang memiliki postur kokoh ini lantas bermain apik sepanjang musim 2006/2007.

Terbukti dengan adanya Khedira sebagai gelandang jangkar membuat pemain-pemain lawan kesulitan mengalirkan suplai bola ke jantung pertahanan Suttgart. Atas kontribusinya tersebut Stuttgart berhasil merengkuh tahta jawara Bundesliga Jerman pada musim perdananya membela tim utama Die Schwaben pada 2006/2007 silam.
 
Karena kontribusinya tersebut, pemain yang juga memiliki darah Tunisia dari sang ayah ini dihadiahi perpanjangan kontrak hingga 2011 oleh pihak Stuttgart. Hal itu juga dilakukan pihak klub guna mengikat pemain andalan mereka tersebut karena Khedira tengah menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Namun pada awal musim 2010, Khedira memutuskan untuk hengkang dari Stuttgart dengan menyetujui tawaran raksasa Spanyol, Real Madrid.

Bersama dengan raksasa Spanyol tersebut, pemain kelahiran 4 April ini menjadi salah satu pembelian terbesar arsitek El-Real kala itu, Jose Mourinho. Keputusan The Special One memboyong pemain berdarah Tunisia ini terbukti tepat. Segera setelah didatangkan dari Stuttgart, Khedira dengan cepat mengambil alih posisi utama di barisan pemain tengah Los Galacticos.
Duetnya bersama dengan Xabi Alonso di lini tengah El-Real terbukti efektif menahan gempuran serangan lawan. Terbukti gelar jawara Copa del Rey 2010/2011, LA Liga musim 2011/2012, dan piala Supercopa Spanyol tahun 2012 sukses ia persembahkan untuk El-Real.

Demikian pula dengan perannya di tim nasional Jerman. Khedira yang menjadi suksesor Michael Ballack adalah salah satu pemain andalan Joachim Low. Perannya sebagai gelandang jangkar tim nasional Jerman membuat Jerman menjadi salah satu tim dengan lini tengah yang solid.

Ia juga merupakan salah satu pemain yang membela Timnas Jerman pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina. Meski pada dua turnamen tersebut Jerman gagal menjadi juara, namun penampilannya bersama tim nasional Jerman sangat merepotkan tim-tim lawan.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Sami Khedira

Khedira: Scudetto Sama Berharganya Dengan Liga Champions

Khedira: Scudetto Sama Berharganya Dengan Liga Champions

24-04-2019 21:20

Khedira menyebut gelar ini sama berharganya dengan gelar Liga Champions.

Khedira: Scudetto adalah Kesuksesan Besar Juventus!

Khedira: Scudetto adalah Kesuksesan Besar Juventus!

24-04-2019 03:15

Scudetto kedelapan bisa dibilang sebagai pencapaian besar, sebab mempertahankan gelar tersebut bukanlah perkara yang mudah. Maka dari itu, Sami Khedira selaku gelandang Juventus meminta publik untuk tidak memandang remeh pencapaian timnya itu.

Juventus Dipastikan Kehilangan Khedira Sebulan

Juventus Dipastikan Kehilangan Khedira Sebulan

21-02-2019 04:00

Sami Khedira dipastikan tak bisa terlibat dalam laga leg pertama 16 besar Liga Champions kontra Atletico Madrid hari Kamis (21/2) akibat permasalahan pada jantungnya. Setelah pemeriksaan, pemain asal Jerman tersebut dipastikan harus absen selama sebulan.

Masalah Jantung, Khedira Dipastikan Absen Kontra Atletico

Masalah Jantung, Khedira Dipastikan Absen Kontra Atletico

20-02-2019 05:47

Dalam lawatan ke markas Atletico Madrid, Juventus harus menerima nasib takkan diperkuat oleh dua penggawanya, Douglas Costa dan Sami Khedira. Nama terakhir disebut sedang mengalami masalah dengan jantungnya.

Sami Khedira: Atalanta Pantas Menang

Sami Khedira: Atalanta Pantas Menang

31-01-2019 10:13

Juventus menelan pil pahit pada ajang Coppa Italia setelah takluk dari Atalanta.

Allegri: Pembelian Terbaik Juventus di Januari adalah Khedira

Allegri: Pembelian Terbaik Juventus di Januari adalah Khedira

21-01-2019 04:00

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, tampak senang dengan kembalinya Sami Khedira ke dalam skuat. Ia bahkan menganggap pemain asal Jerman tersebut seperti pembelian terbaik Bianconeri pada bursa transfer musim dingin ini.

Aaron Ramsey Datang, Sami Khedira Tinggalkan Juventus?

Aaron Ramsey Datang, Sami Khedira Tinggalkan Juventus?

14-01-2019 22:00

Sang pemain kabarnya sudah memutuskan untuk pergi dari Turin jika Si Nyonya Tua jadi merekrut Aaron Ramsey dari Arsenal.

Sami Khedira: Atletico Madrid Lawan Yang Merepotkan!

Sami Khedira: Atletico Madrid Lawan Yang Merepotkan!

18-12-2018 21:00

Khedira mengaku bahwa tim besutan Diego Simeone itu bukanlah tim yang mudah dikalahkan.

Lawan Udinese, Juventus Tanpa Khedira dan Rugani

Lawan Udinese, Juventus Tanpa Khedira dan Rugani

03-10-2018 23:19

Juventus harus melakoni laga lanjutan Serie A pada akhir pekan nanti dengan kondisi pincang. Sang juara bertahan itu kehilangan dua penggawanya, Sami Khedira dan Daniele Rugani, karena mengalami cedera.

Khedira: Allegri Orang Paling Jenius di Dunia!

Khedira: Allegri Orang Paling Jenius di Dunia!

12-09-2018 22:30

Pujian tinggi disematkan gelandang Juventus, Sami Khedira, kepada sang pelatih, Massimiliano Allegri. Menurutnya, pria berumur 51 tahun tersebut merupakan orang paling jenius yang pernah ia temui dalam karirnya.