SEAMUSCOLEMAN

Seamus Coleman
Nama Lengkap : Seamus Coleman
Tempat Lahir : Killybegs, Irlandia
Tanggal Lahir : 11 Oktober 1988 (28 Tahun)
Kebangsaan : Republik Irlandia
Klub : Everton
Posisi : Bek
No Punggung : 23
Tinggi : 177 cm

Karir

Seamus Coleman, pesepakbola asal Irlandia yang awalnya adalah seorang pemain sepak bola Gaelic, jenis permainan sepak bola tradisional Irlandia dimana 2 tim bermain dan terdiri dari 15 orang di setiap timnya. Dia dimainkan di bek ketika bermain di klub sepak bola Gaelic lokal NAA Cealla Beaga.

Setelah itu, Seamus beralih dari Gaelic dan mulai bermain di sepak bola dengan bergabung di klub lokal, St. Catherine’s of Killybegs. Saat itu pula permainannya berhasil mencuri perhatian pihak Sligo Rovers ketika dua tim tersebut bertemu di sebuah pertandingan persahabatan.

Seamus bergabung dan memutuskan bermain secara profesional dengan Sligo dan debut pada Oktober 2006 ketika melawan Derry City di Liga Irlandia yang diadakan di stadion Brandywell, dimana dia dimainkan untuk menggantikan Adam Hughes.

Gelandang yang lahir pada 11 Oktober 1988 silam ini berhasil mencetak gol perta dan satu-satunya untuk Sligo ketika melawan Bray Wanderers di bulan Mei tahun 2008.

Setelah mendapat rekomendasi klub baru, Séamus memutuskan untuk bergabung dan bersama klub yang berbasis di kota Liverpool, Everton pada Januari 2009 dengan kontrak sebesar 60 ribu Euro. Séamus lebih memilih Liverpool daripada Ipswich Town, Birmingham City dan Celtic.

Sebelum bermain bersama Everton, Seamus harus menjalani operasi untuk menyembuhkan blister yang bisa memberikan dampak buruk bari karirnya. Dia menjalani debut di Europa League, ketika Everton harus tunduk dengan kekalahan 5-0 atas Benfica.

Di laga tandang sekaligur Liga Premier pertamanya ketika berhadapan dengan Hotspur, Seamus menjadi Man of the Match setelah bermain menggantikan Joseph Yobo yang cedera di babak pertama. Di pertandingan tersebut, Everton mampu menahan imbang skor 2-2.

Di FA Cup pertamanya, Seamus berhasil mencetak gol ke gawang Carlisle United yang dijaga oleh kiper Tim Cahill beberapa menit awal pertandingan. Dia juga mencetak gol di Football League Cup pertamanya pada 21 September 2010 ketika melawan Brentford.

Pada Maret 2010, dia menghabiskan satu musim bermain untuk Blackpool dengan status sebagai pemain cadangan. Séamus membantu tim di masa promosinya dengan bermain dan berhasil membawa pulang tropi kemenangan di Champhionship play-off 2010. Dia mencetak gol pertamanya di laga tandan melawan Scunthrope United dengan kemenangan untuk Blackpool 4-2.

Di tahun 2010, Seamus kembali bermain untuk Everton dan mendapat tempat di tim inti. Dia kembali mencetak gol di Liga Premier pertamanya melawan tim yang pernah dibela, Blackpool, pada November 2010. Di tahun 2011, Séamus mendapat penghargaan sebagai Young Player of the Year oleh asosiasi sepak bola Inggris. Pada 31 Desember 2012, Séamus menandatangani kontrak baru 5 tahun untuk tetap bermian bersama Everton.

Tidak hanya bermain untuk klub, tenaganya pun sering dibutuhkan oleh skuad Timnas Irlandia dan pertama kali bergabung dengan tim di level U-21 pada tahun 2007 dan debut ketika melawan Swedia. Pada November 2010, Séamus sempat menjadi kapten bagi tim.

Bersama rekan setimnya, Irlandia berhasil keluar sebagai juara Nation Cup 2011. Selian itu, prestasi yang telah diraihnya di level internasional adalah menerima penghargaan dari FAI Irlandia sebagai International Player of the Year U-21 dua tahun berturut-turut, yatu di tahun 2009 dan 2010.

Seamus mendapat panggilan untuk bermaindi skuad Timnas Irlandia pada Oktober 2010 dan resmi debut pada Nation Cup pertama Irlandia melawan Wales pada 8 Februari 2011, dimana Irlandia menang 3-0. Pada 29 Mei 2013, Seamus menjadi Man of the Match di pertandingan melawan Inggris di stadion Wembley dimana dia memberikan umpan dari gol pembuka pertandaingan yang dieksekusi oleh Shane Long.

leh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Seamus Coleman

Bos Irlandia: Kehilangan Coleman Bagaikan Kehilangan Bale

Bos Irlandia: Kehilangan Coleman Bagaikan Kehilangan Bale

07-10-2017 17:00

Martin O'Neill percaya bahwa Rep. Irlandia tanpa Seamus Coleman sama saja seperti wales kehilangan Gareth Bale.

Pemain Everton Ini Disebut Sama Vitalnya Seperti Bale

Pemain Everton Ini Disebut Sama Vitalnya Seperti Bale

04-10-2017 10:20

Asisten manajer Rep. Irlandia, Roy Keane, menepis arti penting absennya Gareth Bale ketika timnya menghadapi Wales di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 pekan depan.

Arsenal Temui Tantangan Berat untuk Dapatkan Lemar

Arsenal Temui Tantangan Berat untuk Dapatkan Lemar

06-08-2017 13:05

Arsenal dilaporkan akan mengajukan penawaran keempat untuk mendapatkan Thomas Lemar dari AS Monaco. Namun klub asal London tersebut akan mendapat tantangan berat dari Barcelona dan sejumlah klub besar lainnya.

Eks Arsenal Ini Bela Tekel Taylor Yang Patahkan Kaki Coleman

Eks Arsenal Ini Bela Tekel Taylor Yang Patahkan Kaki Coleman

27-03-2017 17:15

Mantan penyerang Arsenal John Hartson menyebut Neil Taylor sejatinya tak berniat melakukan tekel yang bisa membuat Seamus Coleman patah kaki.

Orang Tua Ini Dicaci Karena Dikira Sebagai Bek Yang Patahkan Kaki Coleman

Orang Tua Ini Dicaci Karena Dikira Sebagai Bek Yang Patahkan Kaki Coleman

27-03-2017 06:39

Seorang pria tua bernama Neil Taylor menjadi korban salah sasaran makian fans Irlandia karena dikira sebagai bek yang mematahkan kaki Seamus Coleman.

Video: Cedera Horor Seamus Coleman

Video: Cedera Horor Seamus Coleman

27-03-2017 05:54

Bek kanan Everton Seamus Coleman mengalami patah kaki kanan akibat ditekel Neil Taylor saat Irlandia bermain lawan Wales.

Bintang Muda Liverpool Berpeluang Ikuti Jejak Gareth Bale

Bintang Muda Liverpool Berpeluang Ikuti Jejak Gareth Bale

14-03-2017 20:58

Bintang muda Liverpool, Ben Woodburn dikabarkan akan segera mendapatkan panggilan untuk membela timnas Wales. Ia punya kesempatan untuk mengikuti jejak Gareth Bale sebagai pemain muda yang mendapatkan debut untuk Wales.

Keane: Coleman Akan Cocok di Manchester United

Keane: Coleman Akan Cocok di Manchester United

28-02-2017 07:40

Roy Keane akan senang jika pemain Everton dan Rep. Irlandia, Seamus Coleman, bergabung dengan Manchester United.

Coleman: Kalahkan Arsenal Jadi Modal Berharga Everton

Coleman: Kalahkan Arsenal Jadi Modal Berharga Everton

14-12-2016 14:46

Coleman meminta rekan-rekannya untuk menggunakan kemenangan tersebut sebagai modal untuk bermain lebih baik di masa depan.

Hasil Pertandingan Everton vs Arsenal: Skor 2-1

Hasil Pertandingan Everton vs Arsenal: Skor 2-1

14-12-2016 04:44

Setelah tak pernah kalah sejak gameweek 2, Arsenal akhirnya menelan kekalahan 1-2 kala bertandang ke markas Everton, Goodison Park dalam lanjutan Premier League pekan ke-16, Rabu (14/12) dini hari.