SEBASTIANGIOVINCO

Sebastian Giovinco
Nama Lengkap : Sebastian Giovinco (The Atom Ant)
Tempat Lahir : Turin, Italia
Tanggal Lahir : 26 Januari 1987 (30 Tahun)
Kebangsaan : Italia
Klub : Toronto FC
Posisi : Penyerang
No Punggung : 10
Tinggi : 164 cm

Karir

  • 2006 - 2015 : Juventus
  • 2007 - 2008 : Empoli
  • 2010 - 2012 : Parma
  • 2015 - : Toronto FC

Giovinco merupakan pemain sepak bola bertubuh kecil yang memiliki kecepatan lari serta akurasi dribel yang baik. Keakuratan tembakan yang ia lesakkan juga menjadi salah satu keunggulan pemain kelahiran Turin ini.

Meski berpostur pendek, Giovinco kerap merepotkan pemain belakang tim lawan dengan kecepatan dan kemampuan dribelnya. Atas kemampuannya merepotkan lawan meski bertubuh mungil, julukan “Atom Ant” yang diambil dari karakter kartun Hanna-Barbera lekat dengan dirinya.

Pemain bertubuh 'imut' untuk ukuran sepakbola ini mengawali karirnya bersama dengan tim akademi klub kebanggaan kota kelahirannya, Juventus. Meski keluarganya merupakan penggemar berat AC Milan, namun Giovinco lebih memilih untuk bermain bersama dengan akademi Si Nyonya Tua ketimbang AC Milan.

Ia bergabung bersama dengan tim junior Juventus kala ia masih berusia 9 tahun. Tak butuh waktu lama bagi Giovinco untuk segera masuk ke dalam skuat starting eleven tim junior Si Nyonya Tua. Gaya permainannya yang mengandalkan kecepatan dan umpan – umpan terobosan sukses membantu tim junior Juventus meraih gelar Campionato Primavera dan masuk ke babak final kala mereka berlaga di Viareggio Tournament pada musim 2005 - 2006.

Setelah kesuksesannya bersama dengan tim junior Si Nyonya Tua pada musim 2005 / 2006, pemain asli didikan akademi Juventus ini kemudian dipercaya untuk mengisi posisi di tim utama Juventus pada musim berikutnya. Perlahan tapi pasti, ia mulai menunjukkan kemampuannya dalam sesi latihan Juventus.

Debutnya terjadi kala Juve meladeni perlawanan Bologna pada laga lanjutan Serie B 12 Mei 2007 silam. Giovinco masuk pada paruh kedua pertandingan menggantikan Raffaele Palladino. Pada pertandingan tersebut, Giovinco sukses memberikan satu umpan terukur yang dengan mudah bisa dikonversi menjadi sebuah gol oleh bomber asal Perancis, David Trezeguet.

Pada Juli 2007, pihak Juventus mengumumkan bahwa dua pemain mereka, Sebastian Giovinco dan Claudio Marchisio, resmi dipinjamkan ke klub Serie A, Empoli. Kala bermain untuk kubu Empoli, baik Giovinco maupun Marchisio sukses menunjukkan performa apik mereka. Saat berseragam Empoli pula lah pemain berjuluk “Atom Ant” ini merasakan atmosfir bermain di UEFA Cup. Sayangnya, meski bermain baik untuk Empoli, mereka tidak bisa membantu klub keluar dari jurang degradasi.

Giovinco dan Marchisio kembali ke Juventus pada musim kompetisi 2008 / 2009. Giovinco menjalani musim yang manis meski tak selalu menjadi pilihan utama Juve. Ia melakoni laga pertana setelah kembali dari masa peminjaman kala Juve melawan Catania. Pada pertandingan tersebut Ia sukses memberikan 1 assist terukur kepada Amauri sehingga Juve sukses memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. Ia juga mencetak gol perdananya kala Juve menang 2-1 melawan Lecce melalui sebuah eksekusi tendangan bebas yang cantik.

Setelah kedatangan Diego ke Juve, Giovinco kembali harus dilepas dengan status pinjaman. Kali ini Parma yang berhasil mendapatkan jasa pemain mungil tersebut. Ia mencetak gol perdananya untuk Parma melalui tendangan bebas terukur. Sayangnya, gol tersebut tak cukup menyelamatkan Parma dari kekalahan 1-2 atas Catania. Performa apik tersebut berjalan sepanjang musim. Ia bahkan sukses mencetak dua gol ke gawang klub asalnya, Juventus. Hal tersebut membuat kubu Parma memutuskan untuk membeli 50% kepemilikan Giovinco.

Pada musim 2011 / 2012, Giovinco seakan tak terbendung. Ia sukses menyarangkan 15 gol dan 11 assist guna membantu Parma bercokol di posisi 8 klasmen akhir Serie A. Penampilan apik tersebut membuat pihak Juventus memutuskan untuk membeli sisa 50% hak kepemilikan Giovinco dari Parma. Karena penampilan impresif Giovinco sepanjang musim, harga yang harus digelontorkan Juve untuk membeli 50% hak milik pemain mungil ini mencapai €11 Juta. Selama berkostum Juve, Giovinco sukses membantu klub asal Turin itu menjuarai Serie A dan Supercoppa Italiana.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Sebastian Giovinco

Giovinco: Saya Ingin Kembali Bela Italia

Giovinco: Saya Ingin Kembali Bela Italia

18-10-2017 13:25

Penyerang Toronto FC, Sebastian Giovinco mengatakan bahwa dirinya berharap mendapatkan panggilan timnas Italia dan mengaku tak mengerti kenapa dia terus diabaikan.

'Italia Butuh Criscito dan Giovinco'

'Italia Butuh Criscito dan Giovinco'

09-10-2017 10:45

Performa buruk Italia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 membuat agen pemain, Andrea D'Amico ikut angkat bicara. Menurutnya, ada beberapa kesalahan yang telah dilakukan oleh pelatih Giampiero Ventura.

Giovinco: Juventus Ajarkan Mental Pemenang

Giovinco: Juventus Ajarkan Mental Pemenang

05-10-2017 11:05

Sebastian Giovinco mengungkapkan bagaimana dia menjadi pemain sepakbola dan bagaimana Juventus mengajarkan mental menjadi pemenang kepada para pemainnya.

Diabaikan Timnas Italia, Agen Giovinco Muntab

Diabaikan Timnas Italia, Agen Giovinco Muntab

29-08-2017 09:45

Agen Sebastian Giovinco tidak bisa mengerti mengapa penyerang Toronto FC tak kunjung dipanggil untuk memperkuat timnas Italia. Menurutnya itu tidak masuk akal.

Giovinco Sementara Tolak Tawaran Fantastis dari Tiongkok

Giovinco Sementara Tolak Tawaran Fantastis dari Tiongkok

23-02-2017 02:04

Bintang FC Toronto, Sebastian Giovinco memutuskan untuk tetap bertahan di Major League Soccer (MLS) meski mendapat tawaran fantastis dari klub Chinese Super League.

Giovinco Ogah Barca, Lebih Suka Tiongkok

Giovinco Ogah Barca, Lebih Suka Tiongkok

27-01-2017 14:35

Sebastian Giovinco mengaku tahu bahwa ada klub Tiongkok yang tertarik padanya, dan pemain bintang Toronto FC itu tertarik pindah, usai sebelumnya menolak pinangan Barcelona.

Giovinco: Saya Bakal Cuma Jadi Anak Gawang di Barcelona

Giovinco: Saya Bakal Cuma Jadi Anak Gawang di Barcelona

27-01-2017 11:50

Sebastian Giovnco mengungkap bahwa ia sempat menolak kesempatan untuk bergabung dengan Barcelona, karena khawatir ia hanya akan menjadi anak gawang.

Giovinco Ternyata Pernah Tolak Barcelona

Giovinco Ternyata Pernah Tolak Barcelona

25-01-2017 10:25

Sebastian Gionvinco telah menolak tawaran dari Barcelona. Demikian dikatakan oleh sang agen pemain, Andrea D'Amico.

Agen Giovinco: Sulit Tolak Tawaran Gaji Besar di Tiongkok

Agen Giovinco: Sulit Tolak Tawaran Gaji Besar di Tiongkok

25-01-2017 10:05

Sebastian Giovinco memiliki dua tawaran dari Tiongkok yang akan sulit untuk mengatakan tidak. Demikian diklaim agennya, Andrea D'Amico.

Giovinco Juga Digoda Klub Tiongkok

Giovinco Juga Digoda Klub Tiongkok

25-01-2017 09:45

Sebastian Giovinco telah menerima tawaran penting dari Tiongkok dan akan berbicara dengan Toronto untuk memutuskan apa yang harus dilakukan. Demikian dikatakan agennya.