SHINJIKAGAWA

Shinji Kagawa
Nama Lengkap : Shinji Kagawa
Tempat Lahir : Perfektur Hyogo, Jepang
Tanggal Lahir : 17 Maret 1989 (28 Tahun)
Kebangsaan : Jepang
Posisi : Gelandang
No Punggung : 7
Tinggi : 172 cm

Karir

Kagawa mulai bermain sepakbola sejak umur lima tahun dengan bergabung dalam klub lokal dan pada umur 17 tahun ia memulai karir sepakbola senior. Diawali saat Cerezo Osaka melihat bakatnya dan memasukkan dalam klub. Kagawa merupakan orang pertama di Jepang yang menandatangani kontrak sebagai pemain sepakbola profesional saat belum lulus sekolah.

Pada 2007, ia telah mendapatkan posisi tetap dalam klub dan dipromosikan untuk bergabung dalam Liga J. divisi 2 yang mengantarkannya menjadi top scorer dan mendapat perhatian dari dunia sepakbola.

Pada musim panas tahun 2010, Kagawa ditransfer ke Borussia Dorymund, sebuah klub yang bermarkas di Jerman, dengan harga yang cukup murah. Hal itu dikarenakan kontraknya dengan Cerezo yang mengatur perizinannya untuk keluar dari klub dengan harga murah jika mendapat kesempatan untuk bermain di Eropa.

Kagawa memulai penampilan debutnya di Bundesliga Jerman pada Agustus 2010 sebagai pemain dalam Dortmund. Ia melewatkan setengah musim Bundesliga karena cedera yang ia alami pada pertandingan internasional bersama Jepang. Namun ia bisa mencetak 8 gol pada 18 penampilannya.

Usahanya yang keras pada awal musim Bundesliga telah membantu klubnya menang pada kompetisi tersebut dan menempatkan dirinya sebagai 10 Besar Pemain Terbaik Bundesliga. Kagawa kembali bermain sebagai pemain utama pada kompetisi Bundesliga di awal musim 2011-2012. Ia memenangkan Bundesliga bersama Borussia Dortmund pada 2012 dan berhasil menorehkan rekor skor tertinggi Bundesliga yakni 81 poin.

Pada Juni 2012, Manchester United mengumumkan adanya kesepakatan dengan Borussia Dortmund tentang perpindahan Kagawa ke Manchester United. Dengan kesepakatan ini, Kagawa menjadi pemain sepakbola berkebangsaan Jepang pertama yang tergabung dalam Manchester United.

Proses transfer tersebut selesai setelah Kagawa lulus tes kesehatan dan menerima izin kerja di Inggris. Sebulan kemudian diumumkan bahwa ia akan menggunakan nomor punggung 26 untuk klub tersebut.

Penampilan debut bersama Manchester United adalah pertandingan persahabatan di Afrika Selatan melawan AmaZulu. Dalam pertandingan melawan Braga pada Oktober 2012, Kagawa mengantarkan klubnya pada kemenangan dan sekaligus mengalami cedera lutut yang mengharuskannya istirahat selama 2 bulan. Ia sembuh dari cedera pada Januari 2013.

Pada Maret 2013, Kagawa mencetak gol hat-trick untuk Manchester United dan menjadi pemain Asia pertama yang berhasil melakukan hat-trick pada Premier League, menjadi kemenangan untuk timnya atas Norwich City dengan skor 4-0. Kagawa juga menjadi pemain sepakbola Jepang pertama yang mendapat medali juara Premier League.

Kagawa tergabung dalam tim nasional Jepang U-20 pada Piala Dunia FIFA U-20 2007 yang diadakan di Kanada. Pada 2008, ia juga dipilih untuk bermain dalam Timnas Jepang pada Olimpiade Musim Panas 2008. Pada tahun yang sama ia memulai debut sebagai pemain senior internasional dalam pertandingan Piala Kirin.

Pada Piala Asia AFC 2011, ia tergabung dalam tim yang dilatih oleh Alberto Zaccheroni. Pada babak semi final melawan Korea Utara, ia mengalami patah pada tulang kakinya dan melewatkan babak final dimana Jepang menang atas Australia.

Kagawa kini dikenal sebagai pemain yang berbakat dan bermain dengan teknik yang baik. Ia adalah pemain gelandang serang yang dikenal bisa bermain dengan baik pada kedua sisi lapangan. Ia memiliki kemampuan untuk mengelabui pemain lawan dengan gerakan dan lari yang cepat serta tidak mudah diprediksi.

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Shinji Kagawa

Dortmund Akan Beri Kontrak Baru pada Kagawa

Dortmund Akan Beri Kontrak Baru pada Kagawa

02-05-2017 21:09

Shinji Kagawa tidak perlu merisaukan masa depannya bersama klub Bundesliga, Borussia Dortmund. Pasalnya, Dortmund sudah berkomitmen untuk memperpanjang durasi kontrak kerjasama dengannya.

Kekinian, Para Pemain Dortmund Terdiam Bak Mannequin

Kekinian, Para Pemain Dortmund Terdiam Bak Mannequin

08-11-2016 06:43

Dunia maya kini sedang dihebohkan dengan tren tantangan mannequin. Tantangan ini cukup sederhana, beberapa orang diam seperti layaknya patung dan satu orang merekamnya.

Kagawa Gemilang, Jepang Pesta Gol ke Gawang Bulgaria

Kagawa Gemilang, Jepang Pesta Gol ke Gawang Bulgaria

03-06-2016 21:00

Timnas Jepang meneruskan catatan belum terkalahkan sejak dibesut oleh pelatih anyar Vahid Halihodzic. Jepang menoreh 11 laga tanpa kalah saat membantai Bulgaria dengan skor 7-2.

Kagawa Ingin Beri yang Terbaik untuk MU

Kagawa Ingin Beri yang Terbaik untuk MU

02-06-2016 23:15

Mantan pemain Manchester United, Shinji Kagawa mengaku akan berusaha lebih keras setiap hari jika seandainya masih bermain di Old Trafford.

Lagi, Kagawa Cetak Gol Cantik

Lagi, Kagawa Cetak Gol Cantik

11-04-2016 06:51

Gelandang asal Jepang, Shinji Kagawa, mencetak gol chip apik kala membela Borussia Dortmund melawan Schalke, hari Minggu (10/04) kemarin.

Video: Gol Cantik Kagawa Versus Suriah

Video: Gol Cantik Kagawa Versus Suriah

30-03-2016 02:26

Gelandang timnas Jepang, Shinji Kagawa, menciptakan gol cantik ketika bermain melawan Suriah di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018, Selasa (29/03).

Satu Fans Meninggal Warnai Kemenangan Dortmund

Satu Fans Meninggal Warnai Kemenangan Dortmund

14-03-2016 07:11

Kemenangan Dortmund harus dirayakan dengan duka. Pasalnya pada laga tersebut satu fans Dortmund meninggal karena serangan jantung.

Melesat Secepat Kilat, Kagawa Cetak Gol Lewati 30 Anak

Melesat Secepat Kilat, Kagawa Cetak Gol Lewati 30 Anak

28-01-2016 10:45

Shinji Kagawa belum lama ini memamerkan kebolehannya menggiring bola di hadapan kurang lebih 30 anak, yang menjadi bagian dari program 'Hyogo Dream Team'.

Ucapan Natal Berkelas dari Reus, Kagawa, dan Aubameyang

Ucapan Natal Berkelas dari Reus, Kagawa, dan Aubameyang

19-12-2015 07:37

Hari Raya Natal semakin mendekat, klub-klub elit Eropa pun berlomba-lomba untuk membuat ucapan. Raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund membuatnya dengan cara berkelas.

Kagawa: Main di MU Tekanannya Amat Besar

Kagawa: Main di MU Tekanannya Amat Besar

17-12-2015 14:26

Shinji Kagawa belum lama ini mengenang kembali pengalaman yang pernah ia dapatkan semasa bermain di Manchester United.