ZULFIANDI

Zulfiandi
Nama Lengkap : Zulfiandi
Tempat Lahir : Aceh
Tanggal Lahir : 17 Juli 1995 (22 Tahun)
Kebangsaan : Indonesia
Klub : Indonesia U-19
Posisi : Gelandang
No Punggung : 19
Tinggi : 178 cm

Pemain yang lahir di Bireun, Nangroe Aceh Darusalam ini memang merupakan pemain yang memiliki energy prima. Permainannya yang apik sebagai gelandang bertahan ditambah dengan kemampuan tendangan kerasnya sukses melengkapi keseimbangan lini tengah tim dan sukses membawa Timnas Indonesia U-19 merengkuh juara AFF Youth Cup pada 2013.

Kesuksesan tersebut tidak bisa terlepas dari peran para gelandangnya yang bermain cukup kreatif dan atraktif. Nama-nama seperti Evan Dimas, Hargianto, dan Oktavianus menjadi kunci keberhasilan Indonesia muda mengalahkan Vietnam di partai puncak kejuaraan antar Asia Tenggara tersebut dan Zulfiandi sukses masuk ke jajaran skuat inti Timnas Indonesia U-19.

Zulfiandi yang bergabung bersama dengan PSSB Bireun ini memang dinilai sebagai pemain yang memiliki visi permainan yang baik. Keahliannya menjaga bola dan kemampuannya menekan lawan yang tengah membawa bola menjadi nilai plus pemain tersebut. Meski ia sendiri adalah pemain yang lebih suka menyerang, ia tetap tidak melupakan tugasnya di lini tengah sebagai gelandang jangkar bersama dengan Muhammad Hargianto. Kedua pemain tersebut adalah pemain-pemain yang sukses membawa tim nasional Indonesia U-19 menjadi juara AFF dengan catatan hanya kebobolan 5 kali sepanjang pertandingan.

Pemain kelahiran 17 Junli ini merupakan tipikal pemain pekerja keras. Dengan stamina tinggi dan daya juang prima, ia kerap membantu penyerangan dan pertahanan lawan. Masa kecilnya yang berasal dari keluarga kurang beruntung membuatnya menjadi pribadi yang tak kenal kata menyerah. Salah satu kejadian yang ia ingat sampai sekarang adalah kejadian dimana ia tidak mampu membeli sepatu sepak bola di awal karirnya bersama dengan sekolah sepak bola di Bireun. Ia memutuskan untuk menabung sedikit demi sedikit demi membeli sepatu.

Kesuksesan pemain ini dalam mengembangkan permainan bersama dengan Evan Dimas dan Hargianto bisa terlihat dengan ketepatan umpan-umpan yang dilakukan oleh punggawa lini tengah tim nasional muda tersebut. Sepanjang turnamen AFF Youth Cup, mereka mecapai akurasi umpan hingga 85%.

Keakuratan tersebut menjadi poin utama dalam skema permainan yang diterapkan oleh pelatih Indra Sjafri karena para gelandanglah yang menjadi penentu pola serangan tim. Namun, posisi Zulfiandi sebenarnya bukanlah seorang gelandang bertahan. Pada masa awal karirnya bermain sepak bola, ia adalah pemain yang berposisi sebagai seorang striker. Hal itu ia akui dalam sebuah wawancara bersama dengan media lokal Indonesia. Adalah pelatihnya di PSSB Bireun yang merubah posisinya yang semula adalah seorang striker menjadi seorang gelandang. Keputusaan tersebut terbukti tepat. Zulfiandi menjadi salah satu gelandang terbaik di Indonesia muda.

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Zulfiandi

Bali United Boyong Evan Dimas dan Tiga Eks U-19

Bali United Boyong Evan Dimas dan Tiga Eks U-19

27-12-2015 17:57

Empat pemain tersebut di antaranya yakni, Evan Dimas Darmono, Ilham Udin Armayn, Putu Gede dan Zulfiandi.

Pilih Zulfiandi Atau Asep Berlian, Ibnu Grahan?

Pilih Zulfiandi Atau Asep Berlian, Ibnu Grahan?

07-04-2015 12:27

Pelatih Persebaya, Ibnu Grahan seolah memberikan sinyal bahwa dia hanya akan memainkan satu gelandang bertahan untuk laga kontra Pusamania Borneo FC, Rabu (8/4).

Pemain Timnas U-23 Pulang ke Persebaya Kamis Besok

Pemain Timnas U-23 Pulang ke Persebaya Kamis Besok

31-03-2015 11:22

Persebaya termasuk salam satu tim yang bergembira dengan kembalinya pemain Timnas U-23.

Soal Timnas U-23, Zulfiandi Mengaku Tidak Tahu

Soal Timnas U-23, Zulfiandi Mengaku Tidak Tahu

12-03-2015 12:47

Putra asli Tanah Rencong tersebut masih nampak pada sesi berlatih, Kamis (12/3) pagi tadi di Lapangan SIER, Rungkut, Surabaya.

Persebaya Izinkan Zulfiandi ke Timnas U-23

Persebaya Izinkan Zulfiandi ke Timnas U-23

11-03-2015 11:18

Izin Zulfiandi keluar setelah PSSI lewat Badan Tim Nasional (BTN) menunjuk CEO Persebaya, Gede Widiade sebagai manajer Timnas U-23.

Terkendala Panggil Pemain Persebaya, Ini Kata Aji Santoso

Terkendala Panggil Pemain Persebaya, Ini Kata Aji Santoso

03-03-2015 16:26

Sebanyak lima pemain Persebaya Surabaya yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan tim nasional Indonesia U-23 di Jakarta masih belum bergabung.

Ibnu Akhirnya Rela Lima Pemainnya ke Timnas U-23

Ibnu Akhirnya Rela Lima Pemainnya ke Timnas U-23

27-02-2015 11:55

Meski sebelumnya Ibnu sempat berharap hanya tiga pemain saja yang memperkuat tim besutan Aji Santoso tersebut.

Ilham dan Zulfiandi Belum Gabung Persebaya

Ilham dan Zulfiandi Belum Gabung Persebaya

26-02-2015 22:43

Ilham Udin Armaiyn dan Zulfiandi belum datang untuk mengikuti latihan Persebaya.

Timnas U-23 Tentukan 23 Pemain, Persebaya Setor Lima Nama

Timnas U-23 Tentukan 23 Pemain, Persebaya Setor Lima Nama

26-02-2015 14:54

Harapan Persebaya agar Timnas U-23 hanya memanggil tiga dari lima pemain mudanya, tak didengar oleh tim pelatih Garuda Muda maupun Badan Tim Nasional (BTN)

Persebaya Rayu Timnas U-23

Persebaya Rayu Timnas U-23

24-02-2015 11:38

Pelatih Persebaya, Ibnu Grahan berharap Timnas Indonesia U-23 bermurah hati dengan tidak memanggil lima pemainnya untuk membela Garuda Muda pada Kualifikasi AFC U-23 Championship 2016.