FOLLOW US:


Renang: Ricky Simpan Tenaga Untuk Putaran Terakhir

17-11-2011 20:01
Renang: Ricky Simpan Tenaga Untuk Putaran Terakhir
SEA Games 2011

Bola.net - Atlet renang perairan terbuka, Ricky Angga Wijaya, mengakui menyimpan tenaganya untuk putaran terakhir lomba renang perairan terbuka 5.000 meter SEA Games ke-26 di Pulau Putri, Jakarta, Kamis (17/11).

"Selain berenang yang fokus, saya juga gunakan simpanan tenaga saat putaran terakhir," kata Ricky.

Pada awal-awal lomba, Ricky mengaku berenang dengan sekuat tenaga namun tidak mengeluarkan semuanya karena untuk sprint putaran terakhir.

Ricky menegaskan kendala yang didapatinya adalah ombak yang besar serta warna pelampung petunjuk yang tersamar dengan warna pelampung panitia.

"Untuk ubur-ubur tidak terlalu menjadi masalah, namun yang terutama itu pelampung petunjuk sehingga navigasi saya kabur," ungkap Ricky.

Sedangkan, atlet asal Indonesia yang juga turut dalam lomba renang terbuka lima ribu meter putera, Arnoczy Kusadewa Pratama mengatakan dirinya memusatkan navigasi renang kepada pulau yang ada di sekeliling tanda petunjuk.

"Saya nyasar tadi, saat balik ke buoy ke tiga itu saya nyasar jauh namun bisa langsung kembali menyesuaikan arah renang," kata Pratama.

Menurut Pratama, kendala renang terbesar hari ini hanyalah pada ombak yang membesar, sementara pada acara latihan sebelumnya ombak tidak terlalu besar.

"Kalau ombak naik kita bisa intip 'buoy', namun jika ombaknya ada di dalam, maka kami susah menilik buoy," kata Pratama.

Namun, meski harus puas berada di posisi ke empat, Pratama menegaskan dirinya akan bertanding dengan sekuat tenaga jika ada event renang perairan terbuka lagi.

Fisik Kuat Ketua Komisi Teknik Renang Perairan terbuka, Amir Husein, mengatakan fisik dan tenaga perenang perairan terbuka memang harus kuat dan siap hadapi kondisi apapun.

"Kami juga kaget Vietnam juara, mungkin dia sangat siap dan fisiknya memang bagus,"ujar Amir.

Menurut Amir, perbandingan fisik dari perenang Vietnam, dan fisik Ricky amat jauh.

"Ricky usianya masih 15 tahun, sedangkan mereka sudah di atas 20 tahun. Namun kami harap di nomor sepuluh ribu meter, Ricky dapat memenangkan pertandingan bersama rekannya, Satrio," ujar Amir.

Amir juga menjelaskan daya tahan Ricky patut dibanggakan karena pada awal pertandingan, Ricky sempat tertinggal, namun pada putaran terakhir dapat menyusul beberapa lawannya.

"Untuk yang sepuluh ribu meter kami akan evaluasi lagi," ujar Amir.

Pada Kamis, atlet asal Vietnam, Ba Anh Tu Chau berhasil memenangi nomor renang terbuka jarak lima ribu meter. Sedangkan Ricky Angga Wijaya mencatat waktu 1:09:58:563 dan berhasil mengalungi medali perak.

Selain itu Pratama berada di posisi ke empat dengan catatan waktu 1:10:27:537. (ant/mac)