FOLLOW US:


3 Tahun Sejak Philippe Coutinho Tinggalkan Liverpool untuk Barcelona, Apa Jadinya Sekarang?

07-01-2021 08:00

 | Richard Andreas

3 Tahun Sejak Philippe Coutinho Tinggalkan Liverpool untuk Barcelona, Apa Jadinya Sekarang?
Philippe Coutinho © DFL

Bola.net - 6 Januari 2018, tepat tiga tahun sejak Philippe Coutinho meninggalkan Liverpool untuk Barcelona. Kala itu transfer ini jadi cerita heboh, sekarang justru antiklimaks.

Betapa tidak, saat itu kepergian Coutinho dari Liverpool terbilang tidak secara baik-baik. Dia sempat ditepikan beberapa pekan karena bersikeras pergi, padahal Jurgen Klopp dan pihak klub sudah merayunya sebaik mungkin.

Pada akhirnya Coutinho tetap pergi dan membuat fans The Reds kecewa. Pun demikian, hanya beberapa bulan setelahnya, giliran fans Liverpool yang berpuas diri melihat kesulitan Coutinho.

Tiga tahun sejak meninggalkan Liverpool, bagaimana karier Coutinho sekarang?

1 dari 5

Pergi saat sedang sangat dibutuhkan

Keputusan Coutinho meninggalkan Liverpool kala itu melukai sebagian besar fans The Reds. Wajar, saat itu Coutinho dipuji-puji sebagai pemain terbaik, sebagai pahlawan tim.

Pujian itu pun memang layak dia terima. Pada masanya Coutinho adalah bintang utama Liverpool, dia bukan hanya jago membuat assist, pun lihai mencetak gol indah.

Karena itulah keputusan hengkang Coutinho dipandang sebagai pengkhianatan. Dia pergi ketika tim baru mulai berkembang dan benar-benar membutuhkan tenaganya.

2 dari 5

Gagal adaptasi

Coutinho mengaku Barcelona adalah klub impiannya sejak kecil. Saat itu semua orang pun menduga Coutinho bakal jadi pemain top di Camp Nou.

Nahas, yang terjadi justru sebaliknya. Coutinho sejak awal kesulitan beradaptasi, dan berlanjut begitu buruk pada musim debutnya.

Pun demikian, saat itu kesulitan Coutinho masih dimaafkan karena dia tiba di bursa transfer musim dingin, wajar butuh adaptasi. Namun, sayangnya Coutinho kembali gagal total pada musim penuh pertamanya pada 2018/19.

3 dari 5

Gagal pula Bayern

Philippe Coutinho (c) DFL
Philippe Coutinho (c) DFL

Setelah satu setengah tahun gagal total di Barca, bahkan berselisih dengan publik Camp Nou, karier Coutinho pun berbelok ke Bayern Munchen.

Barca berharap Coutinho bisa menemukan permainan terbaiknya kembali di sana, lepas dari tekanan publik Camp Nou. Harapan ini ternyata kembali gagal total.

Benar Coutinho sempat tampil apik pada bulan-bulan awal membela Bayern, tapi sisanya berjalan buruk. Bayern tidak berminat membelinya dan memilih memulangkan Coutinho di akhir musim 2019/20.

4 dari 5

Sekarang gagal lagi?

Dipulangkan Bayern, Coutinho beruntung bisa mendapatkan kesempatan baru di Barcelona. Musim 2020/21 ini seharusnya jadi musim terbaiknya, Barca sedang memulai revolusi, dan ada pelatih baru dalam sosok Ronald Koeman.

Koeman sendiri sudah berkata akan mencoba memainkan Coutinho pada posisi yang seharusnya. Artinya, Barca dan Koeman mau memberi kesempatan baru bagi Coutinho.

Sayangnya, Coutinho lagi-lagi mengecewakan. Performanya tak pernah memuaskan ketika diberi kesempatan, dan kini dipastikan absen cukup lama karena cedera panjang.

5 dari 5

Akhir karier di Barcelona?

Sekarang Coutinho dipastikan bakal melewatkan beberapa bulan ke depan untuk pemulihan diri dari cedera otot meniscus. Dia diharapkan bisa kembali bermain di awal Maret 2021 mendatang.

Artinya dalam skenario terbaik Coutinho bisa kembali merumput pada satu-dua bulan terakhir Barcelona. Sayangnya, saat itu mungkin sudah terlambat untuk Coutinho.

Waktunya terlalu pendek untuk membuktikan diri dan menyelamatkan kariernya di Barcelona. Coutinho masih punya potensi, masih dianggap pemain bagus, hanya sepertinya tidak cocok bermain di Camp Nou.

Sumber: Bola