FOLLOW US:


5 Alasan Barcelona Bisa Tumbang di Tangan Valencia

02-05-2021 17:30

 | Yaumil Azis

5 Alasan Barcelona Bisa Tumbang di Tangan Valencia
La Liga, Valencia vs Barcelona © Bola.net

Bola.net - La Liga pekan ke-34 akan kembali bergulir selama beberapa hari ke depan. Salah satunya akan mempertemukan Barcelona dengan Valencia di Mestalla Stadium pada Senin (3/5/2021) dinihari nanti.

Saat ini Barcelona sedang menduduki peringkat ke-3 dalam klasemen sementara La Liga, sementara Valencia berada di posisi ke-14. Jadi, di atas kertas, Barcelona seharusnya bisa keluar sebagai pemenang meski bertindak sebagai tamu.

Akan tetapi, ada 5 alasan mengapa Valencia bisa membuat kejutan dan mengalahkan skuad besutan Ronald Koeman tersebut. Informasi selengkapnya bisa Bolaneters ketahui dengan melakukan scroll ke bawah.

1 dari 5

Masih Terguncang Kekalahan Mengejutkan

Pada Jumat (30/4/2021) lalu, Barcelona berkesempatan untuk menjamu Granada di Camp Nou. Pertandingan tersebut sangat penting karena jika mampu meraih kemenangan, Lionel Messi dkk bisa menempati puncak klasemen La Liga.

Sayangnya, bukannya menang, mereka justru gagal meraih poin penuh dalam pertandingan tersebut. Setelah sempat unggul lebih dulu berkat gol Messi, mereka justru kalah usai Darwin Machia dan Jorge Molina secara bergantian menjebol gawang Marc-Andre ter Stegen.

Yang menyakitkannya lagi, Barcelona kalah saat mendominasi permainan. Jelas, hasil ini bakal mempengaruhi mental para pemain Barcelona saat menghadapi Valencia dinihari nanti.

2 dari 5

Terlalu Bergantung pada Lionel Messi

Meski memiliki banyak pemain hebat di dalam skuadnya, ketergantungan Barcelona terhadap Messi masih sangat kuat. Atribut yang komplit dari penyerang asal Argentina tersebut membuatnya jadi motor serangan Barcelona.

Kualitas individual Messi sangatlah baik. Namun ini bisa jadi bumerang buat Barcelona sendiri. Jika Messi bisa dimatikan, maka serangan klub berjuluk Blaugrana tersebut bakal macet total.

Jika Valencia mampu menemukan cara untuk menghentikan permainan peraih enam trofi Ballon d'Or tersebut, Barcelona sangat mungkin untuk dikalahkan. Javi Gracia mungkin akan menemukan caranya.

3 dari 5

Asal Efektif, Barcelona Bisa Dikalahkan

Granada membuktikan bahwa Barcelona sangat mungkin dikalahkan oleh tim kuda hitam. Bahkan ketika mereka berada dalam situasi tertekan. Efektivitas menjadi kunci untuk meraih kemenangan tersebut.

Ketika menghadapi Barcelona, Granada hanya membukukan penguasaan bola sebesar 18 persen saja. Bahkan, tim asuhan Diego Martinez tersebut hanya mampu melepaskan lima kali tembakan saja. Dua di antaranya menemui sasaran.

Untungnya, mereka mampu memanfaatkan kedua tembakan tepat sasaran tersebut menjadi gol. Valencia patut mencuri 'ilmu' Granada agar bisa mendapatkan kemenangan.

4 dari 5

Barcelona Tertekan

Posisi Barcelona sama sekali tidak menguntungkan. Mereka wajib menang jika tak ingin tertinggal dari dua pesaingnya dalam perebutan gelar La Liga musim ini, Atletico Madrid dan Real Madrid, yang sama-sama sudah meraih kemenangan.

Atletico Madrid sukses mengalahkan Elche, sementara Real Madrid menumbangkan Osasuna. Sekarang Barcelona sedang tertinggal lima angka dari Atletico Madrid yang menempati puncak klasemen sementara.

Situasinya semakin buruk dengan kehadiran Sevilla di posisi empat dengan selisih satu angka saja dari Barcelona yang ada di peringkat ke-3. Jika sampai kalah di tangan Valencia, maka Barcelona terancam disalip Sevilla.

5 dari 5

Gol Bisa Datang dari Mana Saja

Valencia tidak memiliki sosok haus gol di lini depannya. Akan tetapi, mereka diberkahi oleh para pemain yang mampu menjebol gawang lawan walaupun tidak berperan sebagai striker.

Saat ini, titah top scorer klub dipegang Carlos Soler dengan torehan delapan gol. Perlu diketahui bahwa pria berdarah Spanyol tersebut berperan sebagai gelandang dalam formasi 4-4-2- usungan Javi Gracia.

Daniel Wass, yang bermain sebagai bek sayap, juga pandai dalam urusan menjebol gawang lawan. Terbukti dari perolehan empa golnya sejauh ini. Meratanya pencetak gol Valencia membuat Barcelona harus fokus mengawal setiap lini jika tak ingin menelan kekalahan.