FOLLOW US:


5 Pelajaran dari Remontada Barcelona: Sevilla Bisa, PSG Kenapa Nggak?

04-03-2021 08:50

 | Ari Prayoga

5 Pelajaran dari Remontada Barcelona: Sevilla Bisa, PSG Kenapa Nggak?
Penyerang Barcelona, Martin Braithwaite, mencetak gol ke gawang Sevilla dan membawa timnya menang 3-0. © AP Photo

Bola.net - Barcelona melakukan comeback sensasional untuk lolos ke final Copa del Rey 2020/21 usai mengalahkan Sevilla dengan skor 3-0 dalam partai leg kedua semifinal di Camp Nou, Kamis (4/3/2021) dini hari WIB.

Barcelona sejatinya menjemput laga ini dengan harapan lolos yang sangat tipis mengingat mereka kalah dua gol tanpa balas dalam partai leg pertama di kandang Sevilla.

Harapan Barcelona untuk comeback langsung muncul ketika Ousmane Dembele mencetak gol pada menit ke-12. Namun, hingga pertengahan babak kedua, masih belum ada gol kedua yang tercipta.

Kegagalan eksekusi penalti Lucas Ocampos benar-benar menjadi berkah bagi Barcelona. Tuan rumah semakin semangat memburu gol kedua yang akhirnya didapat di detik-detik akhir masa injury time lewat aksi Gerard Pique.

Di masa perpanjangan waktu, Martin Braithwaite muncul menjadi pahlawan Barcelona lewat gol yang ia ciptakan sehingga membuat skor agregat menjadi 3-2 untuk kemenangan Blaugrana.

Sejumlah pelajaran bisa diambil dari partai comeback sensasional Barcelona atas Sevilla ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5

Modal Hadapi PSG

Jelas, comeback sensasional melawan Sevilla ini menjadi modal yang sangat berharga bagi Barcelona dalam menjemput laga leg kedua 16 besar Liga Champions kontra PSG pekan depan.

Di leg pertama, Barcelona harus menyerah dari PSG dengan skor sangat telak, 1-4. Hal ini membuat peluang Barca untuk lolos ke perempat final sangat kecil.

Namun, dengan kesuksesan remontada atas Sevilla, Barca kini dipastikan memiliki keyakinan lebih besar untuk bisa melakukan hal yang sama melawan PSG.

2 dari 5

Peluang Besar Sudahi Puasa Gelar

Musim lalu berakhir tanpa gelar bagi Barcelona. Hasil tersebut memaksa manajemen melakukan perombakan besar-besaran dan menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih.

Meski demikian, dengan segala problema yang ada, Barca asuhan Koeman sempat terseok-seok di semua kompetisi yang mereka ikuti. Nirgelar pun sudah terbayang di depan mata.

Kini, peruntungan Barca mulai membaik. Di La Liga, mereka mulai mendekati sang pemuncak klasemen, Atletico Madrid dan kini Koeman mengantar timnya masuk ke final Copa del Rey.

3 dari 5

Barcelona Langganan Final

Comeback sensasional Barca atas Sevilla sekaligus membuktikan bahwa klub asa Catalan itu memang spesialis tampil di final Copa del Rey.

Kemenangan atas Sevilla mengantar Barcelona melaju ke final Copa del Rey untuk kali ke-10 dalam 13 tahun terakhir.

4 dari 5

Pengaruh Besar Lionel Messi

Meski tak ikut mencatatkan namanya di papan skor, akan tetapi Lionel Messi tetap memberikan pengaruh besar terhadap kemenangan Barca atas Sevilla.

Messi tercatat melakukan 144 sentuhan, 19 kali memenangi duel, serta 11 kali melakukan dribble sukses. Sebuah catatan yang luar biasa.

Tak hanya itu, Messi juga melepas tujuh tembakan dan umpan silang, menciptakan tiga peluang, serta enam kali dilanggar lawan.

5 dari 5

Pembuktian Pique dan Braithwaite

Pahlawan comeback sensasional Barca ini merupakan dua nama yang tak diduga-duga, yakni Gerard Pique dan Martin Braithwaite.

Pique sempat absen lama akibat cedera dan di laga pertama usai kembali ke skuad, Barcelona dihajar 1-4 oleh PSG. Pique pun langsung menjadi bulan-bulanan kritik. Kini ia membuktikan bahwa dirinya belum habis

Sementara itu, Braithwaite sendiri sudah kerap diremehkan sejak ia didatangkan Barca secara darurat pada Februari tahun lalu. Dan kini ia bisa membungkamnya dengan gol krusial bagi Barca.