FOLLOW US:


5 Pelajaran Duel Valencia vs Barcelona: Bisa Apa Blaugrana Tanpa Lionel Messi?

03-05-2021 07:30

 | Ari Prayoga

5 Pelajaran Duel Valencia vs Barcelona: Bisa Apa Blaugrana Tanpa Lionel Messi?
Selebrasi bintang Barcelona, Lionel Messi usai membobol gawang Valencia, Senin (3/5/2021) © AP Photo

Bola.net - Barcelona sukses mengalahkan Valencia dengan skor ketat 3-2 dalam partai jornada 34 La Liga 2020/21 yang digelar di Mestalla, Senin (3/5/2021) dini hari WIB.

Lionel Messi menjadi pahlawan kemenangan Barcelona dengan mencetak dua gol. Catatan ini membawa La Pulga semakin kokoh di puncak daftar El Pichichi dengan koleksi 28 gol.

Selain itu, kemenangan atas Valencia membawa Barcelona tetap menjaga peluang mereka meraih gelar juara. Saat ini Barca mengoleksi poin 74, sama dengan poin Real Madrid dan terpaut dua angka dari sang pemuncak, Atletico Madrid.

Sejumlah pelajaran bisa dipetik dari partai Valencia versus Barcelona ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5

Magis Messi

Messi lagi-lagi tampil luar biasa untuk membawa Barcelona mendominasi permainan sekaligus menjadi pahlawan Blaugrana mendapatkan poin penuh.

Dalam laga ini, Messi tercatat melepas lima tembakan, dan memiliki akurasi umpan hingga 78 persen, dan memberi satu umpan kunci.

Tak cuma itu, Messi juga tercatat enam kali melakukan dribble sukses, dua kali lipat dari para pemain lainnya.

Bisa dibayangkan bagaimana seandainya Barcelona jika mereka harus kehilangan Messi nantinya.

2 dari 5

Bola Mati Mematikan Messi

Salah satu gol yang dicetak Messi di Mestalla lahir dari sebuah eksekusi free kick indah yang meluncur mulus ke arah pojok kiri menjadi gol tanpa bisa dihentikan Jasper Cillessen.

Gol free kick Messi ke gawang Cillessen merupakan gol tendangan bebasnya yang ke-50 di semua kompetisi selama berseragam Blaugrana.

Ini merupakan gol tendangan bebas ketiga yang diciptakan Messi pada musim ini. Sebelumnya, La Pulga sempat membobol gawang Granada dan Athletic Bilbao lewat eksekusi bola mati.

3 dari 5

Lini Pertahanan Mengkhawatirkan

Terlepas dari kemenangan yang diraih Barcelona, tim asuhan Ronald Koeman pantas ketar-ketir karena gawang mereka bisa dibobol dua kali oleh Valencia.

Kecerobohan lini belakang kembali penyakit mengkhawatirkan bagi Barcelona. Hal yang sama sudah terjadi ketika Blaugrana dipermalukan Granada 1-2 pada tengah pekan kemarin.

Jika tak segera membereskan masalah ini dalam empat laga tersisa, bisa jadi Barca akan kehilangan gelar juara musim ini.

4 dari 5

Partner In Crime Messi: Griezmann

Antoine Griezmann kembali menunjukkan bahwa Barcelona tak salah merekrutnya dengan biaya transfer sangat mahal. Bintang asal Prancis itu tampil memukau hampir sepanjang laga.

Satu gol yang ia cetak ke gawang Cillessen membawa Barcelona sukses membalikkan kedudukan menjadi 2-1 sekaligus menambah motivasi Messi dkk untuk bisa memenangi pertandingan.

Jika selama ini Messi dikabarkan berniat pergi ke PSG untuk bisa kembali berduet dengan Neymar, maka La Pulga kini bisa melupakan ide tersebut karena Griezmann sudah bisa menjadi partner ideal baginya.

5 dari 5

Persaingan Juara Seru Hingga Akhir

Kemenangan Barcelona di markas Valencia membuat persaingan juara La Liga musim ini dipastikan bakal berlangsung sangat seru hingga jornada pamungkas.

Selain tiga tim teratas, Sevilla yang kini menduduki peringkat empat juga tak boleh dipandang sebelah mata. Sevilla baru akan bermain melawan Athletic Bilbao pada Selasa (4/5/2021) dini hari WIB nanti.

Jornada 35 akhir pekan mendatang bisa jadi merupakan salah satu pekan paling menentukan.
Pasalnya, empat tim teratas bakal saling bentrok. Barca menjamu Atletico, sedangkan Real Madrid kedatangan Sevilla.