9 Agenda Transfer Barcelona: Setelah Kessie dan Christensen, 'Paket' dari London Menyusul?

Asad Arifin | 17 Mei 2022 12:11
Selebrasi skuad Barcelona untuk gol Sergio Busquets ke gawang Real Mallorca, La Liga 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona bakal sangat sibuk saat bursa transfer musim 2022/2023 dibuka. Bahkan, sebelum bursa transfer dibuka, Xavi sebagai pelatih dan para direktur sudah merampungkan beberapa aktivitas transfer klub.

Pekan lalu, Barcelona resmi melepas Philippe Coutinho ke Aston Villa secara permanen. Barcelona rugi besar dalam kasus Coutinho secara finansial. Tapi, secara teknis, dia tidak ada dalam rencana Xavi.

Xavi juga dipastikan mendapat tambahan amunisi untuk musim 2022/2023 nanti. Dua nama sudah sepakat untuk bergabung dengan Barcelona yakni Franck Kessie dari AC Milan dan Andreas Christensen dari Chelsea. Mereka datang dengan status free transfer.

Lalu, ada Ousmane Dembele yang juga akan mendapat perhatian khusus. Xavi telah membuktikan bahwa Dembele penting untuk klub. Kini, Dembele merasa bahagia dan siap bertahan. Tapi, belum ada kesepakatan kontrak baru.

Selain tiga agen agenda di atas, masih ada delapan rencana lain yang disusun Xavi dan Barcelona di bursa transfer. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 10 halaman

Antoine Griezmann

Antoine Griezmann setelah pertandingan Atletico Madrid vs Man United di leg pertama 16 besar Liga Champions 2021-2022, Kamis (24/2/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Seperti Coutinho, Griezmann tidak masuk dalam rencana Xavi. Selain itu, untuk bisa merampingkan struktur keuangan, Barcelona memang harus melepas Griezmann ke klub lain.

Atletico Madrid dipastikan akan membeli Griezmann secara permanen. Namun, mereka akan lebih dulu berbicara dengan pihak Barcelona untuk mendapatkan harga yang tepat.

"Griezmann akan bertahan di sini. Ia akan bermain untuk Atleti di musim depan," ujar presiden Atletico, Enrique Cerezo kepada Movistar.

2 dari 10 halaman

Gavi

Selebrasi Pablo Gavi (c) AP Photo

Fans Barcelona tidak perlu risau soal masa depan Gavi. Seperti Pedri dan Ansu Fati, Gavi akan bertahan dan masuk dalam rencana jangka panjang Barcelona. Gavi akan meneken kontrak baru.

Barcelona menawarkan kontrak hingga Juni 2027 pada Gavi. Secara personal, kontrak baru itu telah disepakati. Tapi, belum diumumkan secara resmi. Masih ada detail kecil yang harus diselesaikan.

Barcelona menghapus klausul pelepasan senilai 50 juta euro pada kontrak Gavi. Sebagai gantinya, Gavi bakal punya klausul pelepasan senilai 1 miliar euro.

3 dari 10 halaman

Dani Alves

Pemain Barcelona Dani Alves. (c) AP Photo

Dani Alves masih menunjukkan permainan berkelas walau sudah 39 tahun. Kontrak Alves akan habis pada Juni nanti. Dia ingin bertahan di Barcelona, tetapi Xavi belum membuat keputusan akhir.

Alves rupanya berharap ingin bisa bermain di Piala Dunia 2022 mendatang. Ia meyakini terus bertahan di Barcelona adalah peluang terbaiknya untuk bisa bermain di Qatar.

4 dari 10 halaman

Paket dari Chelsea

Selebrasi gol Cesar Azpilicueta pada laga tunda Chelsea vs Arsenal di pekan ke-25 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Christensen bisa jadi bukan satu-satunya pemain Chelsea yang merapat ke Camp Nou di awal musim depan. Sebab, masih ada dua pemain Chelsea lain yang juga dekat degan Barcelona.

Dua pemain itu adalah Azpilicueta dan Marcos Alonso. Kontrak Azpilicueta dengan Chelsea akan habis. Dia ingin bermain di Spanyol dan Xavi tertarik padanya. Sementara, pada kasus Alonso, Xavi butuh persaingan di posisi bek kiri. Alonso jadi salah satu opsinya.

Masih dari Premier League, ada Raphinha yang juga diminati Barcelona. Deco, agen Raphinha, punya hubungan sangat baik dengan Barca.

5 dari 10 halaman

Riqui Puig

Aksi gelandang Barcelona, Riqui Puig, dalam laga lanjutan La Liga kontra Getafe yang digelar pada Senin (16/5/2022) dini hari. (c) AP Photo

Riqui Puig belum menunjukkan performa yang memuaskan sejak Xavi datang ke Barcelona. Dia belum tampil stabil dan cenderung kalah bersaing dengan para juniornya seperti Pedri dan Gavi.

Xavi belum membuat keputusan akhir soal Riqui Puig. "Soal Riqui Puig dan semua pemain lain, kami akan membicarakan itu dalam dua pekan ke depan," ucap Xavi.

Selain Riqui Puig, beberapa pemain juga diragukan masuk rencana Xavi. Salah satunya adalah Memphis Depay. Apalagi jika Lewandowski datang ke Camp Nou.

6 dari 10 halaman

Frenkie de Jong

Gelandang Barcelona Frenkie De Jong dalam laga melawan Real Sociedad di Reale Arena pada lanjutan La Liga, Jumat (22/4/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Xavi memasukkan nama De Jong dalam rencana jangka panjangnya. Tapi, Xavi menyadari bahwa ada faktor finansial akan jadi penentu nasib De Jong musim panas nanti.

Barcelona, jika terpaksa melepas De Jong, berharap mendapatkan 80-85 juta euro. Sementara, jika harus pindah dari Barcelona, prioritas utama De Jong adalah membela klub yang tampil di Liga Champions.

7 dari 10 halaman

Robert Lewandowski

Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Lewandowski ada dalam rencana Xavi dan sang bomber juga memikirkan Barcelona. Kontak awal antara kedua pihak sudah terjadi cukup lama. Tapi, situasinya sungguh sulit.

Sampai saat ini, Bayern Munchen belum bersedia melepas Lewandowski. Masih ada kontrak hingga Juni 2023 diantara kedua pihak. Di sisi lain, Lewandowski ingin pindah dan berharap ada sulusi terbaik.

Barcelona juga harus memikirkan struktur keuangan jika Lewandowski datang. Mungkin akan ada pemain yang dilepas agar struktur finansial, termasuk gaji, menjadi lebih ideal.

8 dari 10 halaman

Posisi Kiper

Kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen. (c) AP Photo

Xavi akan melakukan sedikit perombakan di posisi kiper. Neto akan dilepas. Kiper 32 tahun juga tidak lagi bahagia karena hanya menjadi cadangan abadi di Barcelona.

Sebagai pengganti Neto, Inaki Pena akan dipulangkan. Pena tampil apik bersama Galatasaray. Dia akan menjadi pelapis bagi Marc-Andre ter Stegen.

Sementara, untuk Ter Stegen, kontrak baru akan disiapkan. Tapi, ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

9 dari 10 halaman

Pemain yang Dilepas

Selain harus memikirkan pemain baru, Xavi juga akan melepas sejumlah nama yang tidak masuk rencananya. Philippe Coutinho sudah dilepas ke Aston Villa secara permanen.

Luuk de Jong dan Samuel Umtiti juga akan dilepas. Keduanya tidak ada dalam rencana Xavi. Lalu, ada Adama Traore yang juga akan dikembalikan ke Wolves karena persaingan ketat di posisi winger. Barcelona tidak akan menebus klausul pembelian Traore senilai 30 juta euro.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR