FOLLOW US:


Apa Jadinya Real Madrid Ketika Sergio Ramos Pensiun?

15-09-2020 14:43

 | Asad Arifin

Apa Jadinya Real Madrid Ketika Sergio Ramos Pensiun?
Selebrasi kapten Real Madrid, Sergio Ramos. © AP Photo

Bola.net - Sergio Ramos telah menjadi pemain yang sangat vital bagi Real Madrid untuk waktu yang lama. Lantas, apa jadinya Real Madrid ketika sang kapten pensiun dan meninggalkan klub?

Sergio Ramos datang ke Real Madrid pada 2005 lalu, 15 tahun silam. Saat itu, Sergio Ramos masih pemain muda dengan rampung gondrong dan badan kurus. Real Madrid membelinya dari Sevilla.

Dari seorang pemain yang berposisi sebagai bek kanan, Sergio Ramos kemudian menjadi bek tengah yang tangguh. Dia bermain pada level tertinggi bersama Real Madrid untuk waktu yang lama.

Sergio Ramos memberikan banyak gelar untuk Real Madrid, termasuk empat gelar Liga Champions. Sang kapten tim akan dikenang sebagai salah satu legenda besar ketika kelak berpisah dengan Real Madrid.

1 dari 2

Real Madrid Tanpa Sergio Ramos, Mau Jadi Apa?

Raphael Varane, rekan duet Sergio Ramos, tidak ingin berandai-andai soal masa depan sang kapten. Pria asal Prancis yakin bahwa Real Madrid selalu punya cara untuk lepas dari ketergantungan pada satu pemain.

"Masa depan, sulit direncanakan," ujar Varane kepada beIN SPORTS dikutip dari AS.

"Real Madrid adalah klub yang sangat, sangat besar dengan pemain-pemain hebat. Yang penting adalah semua orang memainkan peran mereka dalam tim," katanya.

Menurut Varane, selama ini ada banyak pemain penting di Real Madrid. Namun, ketika mereka ada di atas lapangan, maka yang bekerja adalah tim. Real Madrid bermain dengan 11 pemain, bukan satu pemain.

"Ketika kami memenangkan gelar kami, Liga Champions misalnya, itu adalah sebagai sebuah tim, dengan sebelas pemimpin di lapangan," katanya.

2 dari 2

Sergio Ramos, Legenda Real Madrid

Raphael Varane tidak ragu pada kemampuan Real Madrid bangkit setelah ditinggal pemain kunci. Namun, bukan berarti dia menilai kehilangan Sergio Ramos bakal mudah bagi Real Madrid. Itu akan sangat menyulitkan bagi klub.

"Sergio Ramos adalah legenda di Real Madrid. Masa depan untuk saat ini saya tidak melihatnya, tapi yang pasti Sergio Ramos adalah pemain yang sangat penting bagi kami,"

"Yang pasti adalah kami sangat melengkapi Sergio Ramos, dalam cara bermain kami. Kami memiliki kualitas yang melengkapi satu sama lain dengan sempurna," kata Varane.

Real Madrid ditinggal Cristiano Ronaldo pada 2018 lalu. Mereka butuh jeda satu musim untuk membangun skuad yang tangguh pasca kepergian Ronaldo menuju Juventus.

Sumber: AS