FOLLOW US:


Balague: Barca Kehilangan Sesuatu, Mereka Lelah

16-04-2018 22:41
Balague: Barca Kehilangan Sesuatu, Mereka Lelah
Pemain Barcelona Merayakan Gol Luis Suarez © AFP

Bola.net - Pundit sepakbola Spanyol, Guillem Balague mengkritisi permainan Barcelona di laga melawan Valencia akhir pekan lalu. Menurut Balague, Barca tidak tampil pada penampilan terbaiknya dan mereka lelah.

Barca sejatinya mampu mengamankan poin penuh saat menjamu Valencia di Camp Nou, Sabtu (14/4) malam. Dua gol Blaurgana dicetak oleh Luis Suarez dan Samuel Umtiti. Namun, Valencia mampu membalas satu gol dari eksekusi penalti Dani Parejo pada menit ke-87.

Balague menilai Barca kelelahan dan ini adalah akumulasi apa yang terjadi sejak awal musim.

"Barca telah kehilangan sesuatu, mereka nampak lelah. Ini adalah sekumpulan pemain yang harus menghadapi krisis di awal musim dengan pindahnya Neymar. Lionel Messi khususnya, beban ada di pundaknya," ucap Balague.

Menurut Balague, keputusan Ernesto Valverde mengubah pakem bermain Barca dari 4-3-3 menjadi 4-4-2 membawa banyak implikasi. Para pemain seperti tidak siap, terutama saat bermain di luar La Liga. Meskipun, sebenarnya Valverde tidak mengubah karakter bermain Barca.

"Dia tidak meninggalkan esensi sejati dari tim yakni menyerang bersama dan menekan di area yang tinggi. Saat musim berjalan, ketika itu dilakukan di kompetisi lain, entah di Copa del Rey atau Liga Champions, apa yang kami lihat adalah tim yang mulai lelah," ulas Balague di Sky Sports.



"Apa yang saya lihat [pada laga melawan Valencia] adalah Barca yang memiliki banyak momen tekanan konservatif, menguasai penguasaan bola tetapi dengan tujuan bertahan," tandas Balague.

"Publik mengakui jika saat ini Barca tidak berada dalam penampilan terbaiknya. Termasuk Gerard Pique, Samuel Umtiti, Luis Suarez, semuanya. Jelas, setelah kekalahan dari Roma, mereka hanya mengincar tiga poin," tutup Balague. (sky/asa)