FOLLOW US:


Barca Kenang 3,5 Tahun Rezim Rosell

24-01-2014 09:02

 | Neymar

Barca Kenang 3,5 Tahun Rezim Rosell
Rosell akhirnya mundur dari Barcelona. © AFP
Bola.netBola.net - Presiden Barcelona, Sandro Rosell, baru-baru ini memutuskan untuk mundur terkait kasus transfer Neymar yang melibatkan dirinya. Rosell mendapatkan tuduhan terkait tindakan korupsi, penggelapan pajak, serta dana kas klub, hingga akhirnya ia memutuskan untuk meninggalkan posisi sebagai orang nomor satu di klub.

Wakil presiden, Josep Maria Bartomeu, kemudian langsung ditunjuk untuk menjadi Presiden Barcelona berikutnya. Ia sudah sempat memberikan pernyataan resmi untuk melanjutkan proyek yang sudah disepakati oleh dewan direksi klub hingga tahun 2016.

Namun Barcelona tak kemudian lantas melupakan jasa Rosell begitu saja. Melalui situs resminya, mereka membuat satu rekam jejak khusus untuk mengenang 3,5 tahun kinerja Rosell di Barcelona.

Berikut Bolanet sajikan prestasi apa saja yang sudah dihadirkan oleh sosok yang bersangkutan.

1 dari 3

Aspek Olahraga

Aspek Olahraga
Aspek Olahraga

- Total, klub sepakbola Barcelona memenangkan tak kurang dari 10 titel juara selama kepemimpinan Rosell. Prestasi tersebut makin mengkilap berkat 10 titel dari tim basket, 13 dari bola tangan, 7 dari hoki, dan 7 lagi dari tim sepakbola wanita

- Di antara semua titel tersebut, salah satu yang paling berkesan adalah trofi Liga Champions keempat dan titel Piala Dunia Antar Klub yang kedua.

- Total ada tujuh pemain anyar yang didatangkan oleh Rosell. Mereka adalah Adriano, Mascherano, Alexis Sanchez, Cesc Fabregas, Jordi Alba, Alex Song, dan Neymar.

- Musim ini ada 17 dari 25 pemain tim utama yang berasal dari akademi sepakbola Barcelona. Semenjak tahun 2010, tak kurang dari 24,5 juta euro sudah diinvestasikan untuk meningkatkan kualitas La Masia. 
2 dari 3

Aspek Ekonomi

Aspek Ekonomi
Aspek Ekonomi

- Pada musim 2011/12, klub mencetak rekor keuntungan sebesar 49 juta Euro dan pada akhir musim 2012/13, klub menutup buku dengan mencatat keuntungan sebesar 32 juta Euro.

- Utang klub juga banyak berkurang. Jumlah utang menurut situs resmi Barca pada tahun 2010 adalah 430 juta Euro dan pada tahun 2013 menyusut menjadi 331 juta Euro

- Lebih dari 35 juta Euro diinvestasikan pada fasilitas dan pengembangan pemain muda di klub semenjak tahun 2010.

- Barcelona menjadi brand nomor 1 di sepakbola dunia. Replika seragam mereka menjadi yang paling banyak terjual di sepanjang sejarah klub.
3 dari 3

Aspek Sosial

Aspek Sosial
Aspek Sosial

- Anggota Manajemen klub mendapat penegasan bahwa pemilik Barcelona bukan satu orang tunggal, melainkan satu dewan yang terdiri dari banyak orang.

- Anggota manajemen Barcelona mendapatkan lebih banyak kuasa untuk berpartisipasi menentukan kebijakan ekonomi yang akan diambil oleh klub.

- Pembaruan dalam sensus fans. Tercatat Barcelona kini memiliki 138.454 orang yang tergabung dengan fans klub resmi Barcelona. Selain itu, ada tak kurang dari 1.354 fans klub Barcelona yang tersebar di seluruh dunia.

- Rosell menjanjikan bahwa tiket musiman Barcelona tidak akan naik dan ia berhasil memenuhi janjinya itu.

- Di dunia maya, Barcelona menjadi yang terdepan di berbagai macam jejaraing sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, Google+, Tencent Weibo, Instagram, dan Line. Pertumbuhan terbesar terjadi di Facebook. Tiga tahun silam, klub hanya memiliki 2,4 juta anggota. Sekarang, sudah ada lebih dari 52 juta anggota.