FOLLOW US:


Barca Ingin Tetap Jadi Klub Hebat Setelah Messi Pensiun, Mampukah?

05-04-2019 09:00

 | Lionel Messi

Barca Ingin Tetap Jadi Klub Hebat Setelah Messi Pensiun, Mampukah?
Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Lyon. © AP

Bola.net - Barcelona dan Lionel Messi memiliki hubungan yang istimewa. Keduanya melengkapi satu sama lain. Barca bukanlah Barca jika tanpa Messi, dan Messi tidak bisa bersinar sepenuhnya jika tidak bermain di Barcelona.

Sejak Messi melakoni debutnya pada 2004 lalu, Barca meraih lebih banyak kesuksesan daripada masa-masa lain dalam sejarah mereka. Mereka sudah menjuarai delapan dari 11 edisi La Liga terakhir, dan empat gelar Liga Champions datang bersama Messi dalam skuat Barca.

Kehebatan Messi rasanya tidak perlu diragukan lagi. Dia adalah senjata andalan Barcelona di setiap situasi. Ketika Barca kesulitan, Messi mampu memikul beban tim dan membawa mereka melewatinya. Dia merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Barca.

Bagaimanapun, akan datang suatu hari ketika Messi memutuskan pensiun. Barca bakal menghadapi hari-hari sulit tanpa sang megabintang. Sebab itu, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu mengaku timnya sudah mempersiapkan diri.

Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Messi Mengubah Barca

Menurut Bartomeu, kehadiran Messi telah mengubah Barca sepenuhnya. Barca dengan Messi bukanlah Barca yang dahulu. Berkat Messi, Barca tetap berada di puncak daftar klub-klub terbaik dan terus menang setiap musimnya.

"Messi telah mengubah Barca sepenuhnya, dalam cara dia menjaga klub kami tetap di puncak dalam hal hasil pertandingan, menjuarai kompetisi top dan mencoba terus menjadi juara setiap musimnya," ujar Bartomeu kepada ESPN FC.

Di sisi lain, Bartomeu yakin keputusan pensiun sepenuhnya berada di tangan Messi. Barca siap menerima kapan pun Messi memutuskan pensiun.

"Messi mengenal tubuhnya dengan baik dan di hari dia percaya bahwa dia tidak bisa bermain lagi, dia akan pergi."

2 dari 2

Sudah Siap

Lebih lanjut, Bartomeu juga mengaku sudah mempunyai bayangan soal apa yang bakal diperbuat Barca ketika Messi pensiun nanti. Dia mengakui Barca bakal menghadapi masa-masa sulit tetapi bagaimanapun dia yakin Barca mampu melewatinya.

"Kami harus mempersiapkan diri untuk masa depan. Leo Messi adalah pemimpin kami, dia pemain terbaik di dunia sepak bola, dia bermain bersama kami, dia bermain fantastis, tetapi kami tahu tidak akan selamanya."

"Mungkin dalam tiga, empat atau lima tahun lagi, Leo Messi akan berkata: 'Oke, saya akan berhenti bermain sepak bola'. Jadi kami mempersiapkan tim kami untuk masa depan, untuk masa pasca-Leo," imbuh Bartomeu.

"Sebab kami ingin tetap jadi klub top pada masa itu. Jadi ini adalah soal bekerja, berinvestasi, juga mengambil risiko," tandasnya.