FOLLOW US:


Barcelona Rela Kehilangan Identitas Demi Kemenangan

07-05-2019 10:00

 | Ernesto Valverde

Barcelona Rela Kehilangan Identitas Demi Kemenangan
Barcelona © AP Photo

Bola.net - Ernesto Valverde menjelaskan alasan Barcelona yang lebih sering bermain pragmatis dewasa ini. Menurutnya, kemenangan adalah yang terpenting. Barca tidak harus bermain cantik asalkan bisa mengunci kemenangan.

Barcelona-nya Valverde dikenal sebagai salah satu versi Barcelona yang berbeda. Mereka tidak selalu mengandalkan bola-bola pendek alias tiki-taka yang jadi identitas Barca. Sebaliknya, Barca yang sekarang tidak segan memainkan bola-bola panjang.

Contoh yang paling jelas dan yang paling baru adalah ketika Barca mengalahkan Liverpool 3-0 di leg pertama semifinal Liga Champions pekan lalu. Bermain di Camp Nou, Barca menyuguhkan permainan pragmatis yang cenderung defensif.

Mereka membiarkan Liverpool menguasai bola, dan membalasnya melalui serangan balik. Barca mau melakukan penyesuaian taktik demi menghadapi lawan tertentu.

Mengapa demikian? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Tidak Perlu Mengontrol

Ya, mendominasi penguasaan bola dan memainkan bola-bola pendek merupakan kemampuan khusus Barca, tetapi Valverde merasa itu tidak berguna jika Barca tidak bisa menyerang. Sepak bola terbaik adalah sepak bola menyerang, Barca yang sekarang lebih agresif.

"Bakal jadi kesalahan besar jika berpikir kami hanya perlu mengontrol pertandingan. Kontrol tidak berguna jika anda tidak bisa menyerang, dan karena itulah terkadang kami harus mengubah gaya bermain kami," kata Valverde di Goal internasional.

"Ada pemain-pemain berbeda dalam tim yang sekarang, dan mungkin tim kami telah semakin dewasa dalam cara bermain. Jadi, alih-alih terus mengumpan-umpan bola, terkadang kami harus mengalirkan bola ke depan dengan lebih cepat."

2 dari 2

Tidak Tertekan

Perkataan Valverde itu mengindikasikan bahwa Barca bakal mengubah gaya bermain mereka ketika bermain di Anfield, Rabu (8/5) dini hari WIB nanti. Dia menyadari Liverpool merupakan tim berbahaya di kandang mereka, Barca tidak boleh lengah hanya karena unggul 3-0.

"Kami harus mengabaikan leg pertama, bakal jadi kesalahan besar jika berpikir hasil itu akan membantu kami. Kami bermain di Anfield di hadapan suporter masif mereka, itu akan sulit karena hasrat dan atmosfer yang mereka ciptakan."

"Kami sudah pernah bermain di stadion-stadion besar seperti San Siro dan Old Trafford, dan melakukannya dengan baik musim ini. Saya kira kami mampu mengatasi tekanan itu," tutup Valverde.