FOLLOW US:


Barcelona Wajib Pertahankan Marc-Andre ter Stegen, Ini Alasannya

05-05-2020 10:36

 | Aga Deta

Barcelona Wajib Pertahankan Marc-Andre ter Stegen, Ini Alasannya
Marc-Andre Ter Stegen © AP Photo

Bola.net - Kontrak Marc-Andre ter Stegen dengan Barcelona akan berakhir pada 2022. Namun, hingga kini belum ada titik temu dalam hal negosiasi perpanjangan kontraknya.

Barcelona dikabarkan sudah berusaha menyodorkan kontrak anyar. Hanya, besaran gaji yang ditawarkan dianggap terlalu kecil.

Di saat belum ada kesepakatan, justru muncul rumor ter Stegen ingin keluar dari Barcelona. Kiper berusia 28 tahun ini disebut ingin pulang kampung ke Jerman, membela Bayern Munchen.

Ada kemungkinan, kiper asal Jerman itu hengkang pada musim panas mendatang.

Ter Stegen sudah membela El Barca sejak 2014. Andai berpisah, bisa jadi Barcelona kelimpungan mendapatkan pengganti sepadan dalam waktu relatif singkat.

Selama ini dia terlihat bahagia di Camp Nou. Namun, di samping tawaran gaji baru yang kecil, muncul pula kabar rumor keretakan hubungannya dengan beberapa andalan El Barca lainnya, termasuk Lionel Messi.

Ter Stegen dan Messi dikabarkan bertengkar saat latihan. Kondisi itu membuat ter Stegen tak nyaman.

Padahal, Ter Stegen hampir tak tergantikan di bawah mistar gawang Barcelona. Dia telah mengangkat total 13 trofi bersama El Barca, antara lain empat gelar juara La Liga, empat titel Copa de Rey, dan masing-masing satu gelar untuk Liga Champions, Piala Super UEFA, serta Piala Dunia Antarklub.

Alhasil, Barcelona harus berusaha ekstra keras untuk meluluhkan hati ter Stegen. Apalagi jika melihat statistik yang menyertai penampilan ter Stegen selama ini.

Ter Stegen telah mencatatkan banyak statistik memukau, yang pasti akan membuat Barcelona merasa kehilangan dirinya.

Berikut ini 10 statistik yang bisa jadi alasan mengapa Barcelona wajib mempertahankan ter-Stegen. Statistik ini berdasarkan catatan Opta dan dihitung sejak ter Stegen gabung Barcelona pada 22 Mei 2014.

1 dari 2

Dalam 141 Penampilan di La Liga

  • Hanya Jan Oblak (99) yang punya catatan clean sheets lebih baik dari ter Stegen (58).
  • Tak ada kiper yang bisa mencatatkan operan sukses lebih banyak (3.453), dan hanya mantan rekan satu timnya, Claudio Bravo (82,4 persen) yang bisa mengalahkan ter Stegen dalam hal akurasi operan (82,2 persen)
  • Tak ada kiper yang membukukan lebih banyak assist dari ter Stegen (2, sama yang dicatatkan Ivan Cuellar dan Antonio Adan). Bahkan, ter Stegen merupakan kiper pertama Barcelona pada abad ini yang menciptakan assist untuk sebuah gol di La Liga.
  • Hanya tiga kiper (Oblak, Cuellar, dan Sergio Asenjo) yang membuat penyelamatan tendangan dari luar kotak lebih banyak ketimbang ter Stegen (156).
  • Hanya tiga kiper (Alphonse Areola, Oblak, dan Bravo) yang punya rataan kebobolan lebih apik ketimbang ter Stegen (0.92).
2 dari 2

Dalam 58 Penampilan di Liga Champions

  • Tak ada kiper yang mencatatkan clean sheets lebih banyak dari ter Stegen (26) atau bermain di lebih banyak pertandingan.
  • Tak ada kiper yang membuat penyelamatan lebih banyak dari ter Stegen (156). Empat di antara penyelamatan itu ia lakukan untuk menggagalkan penalti. Hanya Andriy Pyatov yang bisa menyamai catatan itu.
  • Hanya Oblak yang punya penyelamatan tembakan dari luar kotak lebih banyak (66) dari ter Stegen (60).
  • Tak ada kiper yang membukukan operan sukses lebih banyak dari ter Stegen (1,292). Hanya kompatriotnya, Manuel Neuer, yang mampu mencatatkan akurasi operan lebih baik (81.1 persen) ketimbang miliknya (80.9 persen).
  • Hanya Neuer (38) dan Ederson (33) yang mencatatkan sapuan lebih baik dari ter Stegen (32).

Sumber: The World Game
Disadur dari: Bola.com/Penulis Aning Jati/Editor Aning Jati
Published: 4 Mei 2020