FOLLOW US:


Bartomeu: Xavi, Iniesta, dan Messi Adalah Masalah Bagi La Masia

29-07-2017 01:38

 | Xavi

Bartomeu: Xavi, Iniesta, dan Messi Adalah Masalah Bagi La Masia
Josep Maria Bartomeu © Ist

Bola.net - Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu memberikan balasannya mengenai kritikan yang disampaikan oleh Xavi Hernandez. Xavi menyebut Barcelona sekarang kurang mewadahi terhadap para pemain muda lulusan La Masia.

Bartomeu berargumen bahwa para pemain muda La Masia hanya bisa masuk ke tim utama Barcelona jika memiliki kualitas tinggi. Pasalnya, tim utama Barca memiliki deretan pemain berkualitas dunia yang tak bisa digeser begitu saja oleh pemain muda.

Contoh nyatanya adalah tak mungkin seorang pelatih akan memilih mencadangkan Lionel Messi, Xavi atau Andres Iniesta hanya demi pemain muda. Xavi sendiri selalu menjadi pilihan utama di Barcelona selama belasan tahun.

"Masalah La Masia adalah Xavi, Iniesta, Leo Messi, dan para pemain lainnya. Sulit bagi pemain muda jika anda harus menggeser Messi, Neymar, Xavi, Iniesta, Busquets atau Pique. Memang sangat sulit bagi pemain muda Barca untuk masuk ke tim utama," terang Bartomeu kepada New York Times.

Jika pemain kel;as dunia seperti Xavi berada di Barca selama 15 tahun, maka akan ada 15 pemain tengah  dari 15 generasi La Masia yang tak akan masuk ke tim utama Barca. Hal yang sama juga bisa terjadi di beberapa posisi lain dengan para pemain kelas dunia yang awet di tim Barca.

"Xavi di tim utama selama 15 tahun. Selama itu, berarti ada 15 gelandang muda yang harus meninggalkan klub. Iniesta berada di klub selama 16 atau 17 tahun. Situasinya memang sulit. Mungkin akan ada The New Messi yang terpakisa harus meninggalkan klub. Pemain seperti Xavi, Iniesta, atau Pique lah yang menciptakan masalah ini." (nyt/hsw)

 

Rekomendasi Pilihan