FOLLOW US:


Buruknya Konversi Gol Penalti Barcelona Musim 2020/2021: Lionel Messi Gagal 3 Kali

03-05-2021 08:19

 | Asad Arifin

Buruknya Konversi Gol Penalti Barcelona Musim 2020/2021: Lionel Messi Gagal 3 Kali
Selebrasi bintang Barcelona, Lionel Messi usai membobol gawang Valencia, Senin (3/5/2021) © AP Photo

Bola.net - Barcelona punya catatan minor terkait eksekusi penalti pada musim 2020/2021 ini. Sebab, dari 17 penalti yang didapatkan, konversi gol yang dicapai klub asal Catalan itu berada di angka 58.8 persen.

Barcelona mendapat penalti ketika berjumpa Valencia pada pekan ke-34 La Liga, Senin (3/5/2021) dini hari WIB. Pada duel di Stadion Metalla itu, pelati Barcelona dieksekusi oleh Lionel Messi.

Namun, eksekusi penalti Messi mampu digagalkan penjaga gawang Jesper Cillessen. Messi beruntung karena tetap mencetak gol usai menyambar bola liar karena tepisan Cillessen mampu dijangkau pemain Barcelona.

Laga sendiri berakhir dengan kemenangan Barcelona pada skor 3-2.

1 dari 2

Buruknya Konversi Penalti Barcelona

Penalti ke gawang Valencia menjadi penalti ke-17 yang didapat Barcelona pada musim 2020/2021. Menariknya, tingkat konversi gol penalti Barcelona tidak cukup bagus. Mereka hanya mengkonversi 58.8 persen penalti menjadi gol.

Artinya, dari 17 penalti, klub asal Catalan hanya mampu mencetak 10 gol. Tujuh penalti lainnya gagal, termasuk aksi Messi di laga melawan Valencia.

Messi jadi pemain paling sering menendang penalti, sekaligus paling sering gagal. La Pulga telah menendang tujuh penalti dan gagal tiga jali. Artinya, konversi gol penalti Messi berada di angka 70 persen.

Selain Messi, Ousmane Dembele, Martin Braithwaite, Antoine Griezmann, dan Miralem Pjanic juga pernah gagal mengeksekusi penalti musim ini. Masing-masing pemain tersebut sekali gagal menendang penalti.

2 dari 2

50 Gol dari Freekick

Kendati gagal mencetak gol dari eksekusi penalti, Lionel Messi menebusnya dengan aksi memukau lain. Pada duel melawan Valencia, pemain 33 tahun itu mencetak satu gol indah dari eksekusi free kick atau tendangan bebas.

Eksekusi free kick indah yang dilakukan La Pulga ketika laga memasuki menit ke-69 meluncur mulus ke arah pojok kiri menjadi gol tanpa bisa dihentikan Cillessen.

Seusai pertandingan, Barcelona pun merilis statistik yang menyebut bahwa gol free kick Messi ke gawang Cillessen merupakan gol tendangan bebasnya yang ke-50 di semua kompetisi selama berseragam Blaugrana.

Sumber: Marca, Barcelona