FOLLOW US:


Dembele Harus Yakin Dirinya Adalah Pemain Barcelona

21-03-2018 08:30

 | Ousmane Dembele

Dembele Harus Yakin Dirinya Adalah Pemain Barcelona
Ousmane Dembele © EFE

Bola.net - Xavi Hernandez memberikan pengalamannya saat masih membela Barcelona pada rekrutan baru klub Catalan tersebut, Ousmane Dembele. Dikatakannya, selama bermain di Barca, Dembele harus bisa berpikir lebih cepat saat membawa bola.

Hal ini merujuk pada gaya bermain Dembele yang cenderung menggiring bola menyusuri sayap. Memang tipikal permainan seperti Dembele menurut Xavi sangat berbahaya, namun di Barcelona dia dituntut untuk bisa berpikir lebih cepat dari biasanya. Dembele harus lebih cepat mengambil keputusan mengumpan atau terus menggiring.

"Dia harus belajar untuk berpikir lebih cepat, dalam sepersekian detik. Inilah saat mentalnya diuji," ujar Xavi dikutip dari goal.

"Dembele harus berkata pada dirinya sendiri: 'Saya adalah pemain Barcelona.' Dia harus kuat secara mental, meyakini kemampuannya sendiri."

Dikatakannya, bermain di Barcelona berarti harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tekanan yang tinggi. Banyak pemain hebat yang gagal bersinar di Barca karena hancur dilindas tekanan mental tersebut.

"Ada pemain rata-rata yang menghabiskan 15 tahun di Barca, karena mereka memiliki karakter kuat. Tetapi juga ada pemain hebat yang tidak melakukan apapun karena mereka tidak mampu mengatasi tekanan," imbuhnya.

Karenanya, kunci untuk meningkatkan performa Dembele menurut Xavi bukanlah teknik bermain atau penyesuaian dengan taktik pelatih. Namun, lebih dari itu, peningkatan kekuatan mental sangatlah penting.