FOLLOW US:


Dilema Barcelona: Lionel Messi Masih Ajaib, tapi Harus Kurangi Ketergantungan

04-08-2020 10:40

 | Richard Andreas

Dilema Barcelona: Lionel Messi Masih Ajaib, tapi Harus Kurangi Ketergantungan
Ekspresi Lionel Messi dalam laga Barcelona vs Osasuna dalam pentas La Liga pekan ke-37 di Camp Nou, Jumat (17/7/2020). © AP Photo

Bola.net - Barcelona mungkin merupakan satu-satunya klub di dunia yang menyimpan masalah besar di balik nama besar pemain terbaik mereka, Lionel Messi. Belasan tahun terakhir, Messi adalah Barcelona itu sendiri.

Ketergantungan Barca terhadap Messi sudah jadi rahasia umum, dan masih belum ada obatnya sampai sekarang. Boleh-boleh saja bergantung pada satu pemain, tapi ketergantungan Barca untuk Messi sudah mencapai level akut.

Musim ke musim, Barca hanya bisa mengharapkan keajaiban Messi untuk membantu mereka meraih trofi. Pemain berbakat datang silih berganti, tapi tetap saja beban terbesar ada di pundak Messi.

Terbukti, ketika Barca gagal meraih trofi domestik musim ini, Messi tetap tampil impresif dengan meraih gelar top scorer dan top assister. Dialah nyawa Barca sebenarnya.

Sampai kapan Barca bisa seperti ini? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2

Situasi unik

Ketergantungan Barca terhadap Messi ini pun memancing komentar Albert Ferrer, mantan pemain mereka. Menurutnya situasi Barca ini unik. Di satu sisi Barca harus mencoba mengurangi ketergantungan pada Messi, di sisi lain Messi masih tampil luar biasa.

"Saya tidak terlalu mengkhawatirkan bagaimana perasaan Leo [soal kegagalan beberapa musim terakhir], sebab dia adalah pemenang. Dia ingin bersaing meraih segalanya dan ingin menjuarai Liga Champions," ungkap Ferrer kepada FourFourTwo.

"Situasinya unik. Tidak ada tim lain yang bisa berkata bahwa mereka sangat bergantung pada satu pemain."

"Barcelona memang perlu mengurangi ketergantungan pada Messi, tapi dia masih yang terbaik. Dan begitu Anda memberinya bola, dia bisa melakukan sesuatu," imbuhnya.

2 dari 2

Harus mulai dibagi

Bagi Ferrer, ketergantungan pada Messi bukan hal buruk, Barca berhak melakukannya. Namun, mau tak mau Barca harus mulai membagi beban Messi pada pemain-pemain lainnya, semua demi masa depan klub.

"Pertanda bagus bahwa Barcelona masih punya Messi, tapi pemain-pemain lain pun perlu bermain lebih banyak, tidak semua dibebankan pada dia," sambung Ferrer.

"Mungkin sulit menjaga Leo, tapi ketika dia dikelilingi pemain lawan, Anda butuh cara lain. Barcelona pun harus membuat pemain lain merasa penting dan mencoba melakukan sesuatu untuk membantu Messi," pungkasnya.

Sumber: FourFourTwo