FOLLOW US:


Ditinggal Lionel Messi dkk, Barcelona Malah Untung Hampir 120 Juta Euro

03-09-2020 04:51

 | Yaumil Azis

Ditinggal Lionel Messi dkk, Barcelona Malah Untung Hampir 120 Juta Euro
Ekspresi Lionel Messi saat melawan Slavia Praha. © AP Photo

Bola.net - Kehilangan sejumlah pemain ternama mungkin akan membuat Barcelona kekurangan tenaga. Namun dari sisi finansial, raksasa Spanyol tersebut ternyata bisa meraup keuntungan yang sangat berlimpah.

Barcelona nampaknya akan segera ditinggal oleh sejumlah pemain pentingnya pada musim panas ini. Arthur Melo, yang pindah ke Juventus, jadi 'pemotong pita' dari aksi eksodus pemain-pemain lainnya.

Baru-baru ini, klub berjuluk Blaugrana itu harus berpisah dengan pemain asal Kroasia, Ivan Rakitic. Ia menyudahi perjalanannya di Camp Nou yang berjalan enam tahun dan kembali ke pelukan klub lamanya, Sevilla.

Dan nampaknya, mereka bakalan ditinggalkan oleh pemain yang berposisi sebagai gelandang lainnya, Arturo Vidal. Pria asal Chile tersebut disebutkan akan melakoni sisa karirnya di Italia bersama salah satu dari Inter Milan dan Juventus.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Tiga Pemain Hemat 70 Juta Euro

Ketiga pemain tersebut merupakan penggawa penting dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Jadi wajar, kepergian mereka bisa menjadi pukulan buat Barcelona. Apalagi keuntungan dari hasil kepergiannya tidak seberapa.

Ivan Rakitic contohnya. Barcelona hanya mengantongi 1,5 juta euro dari kepergiannya. Sementara pertukaran antara Arthur Melo dan Miralem Pjanic cuma menghasilkan dana sebesar 12 juta euro saja buat mereka.

Namun setidaknya, kepergian Rakitic, Arthur Melo dan Vidal bisa membuat anggaran gaji Barcelona jadi longgar. Mereka jadi hemat 40 juta euro per musim karena tak lagi harus membayar gaji ketiga pemain tersebut.

Rinciannya seperti ini. Rakitic dan Vidal, jika ditotal, membuat Barcelona harus mengalokasikan dana sebesar 34 juta euro per tahunnya. Enam juga sisanya diberikan kepada Arthur.

2 dari 2

Tambah Hemat 120 Juta Euro

Angka ini bisa bertambah besar jika dua pemain penting lainnya, Lionel Messi dan Luis Suarez, benar-benar cabut dari Camp Nou. Tidak tanggung-tanggung, Barcelona bisa hemat sampai 120 juta euro per musim!

Sudah bukan rahasia lagi kalau Messi ingin meninggalkan Barcelona. Namun pihak klub sedang berupaya sekuat tenaga agar pemain berkebangsaan Argentina tersebut mau bertahan di Camp Nou.

Kalau bicara soal Messi, Barcelona nampaknya lebih rela rugi besar ketimbang harus kehilangan dirinya. Sebab jasa pemain berusia 33 tahun tersebut jauh lebih berharga ketimbang uang sekalipun.

Sementara itu, Luis Suarez nampaknya akan melanjutkan karirnya di Italia. Beberapa pemberitaan mengatakan kalau mantan pemain Liverpool itu bakalan bergabung dengan raksasa Serie A, Juventus.

(Marca)