FOLLOW US:


Eden Hazard Ingin VAR Dihilangkan dari Sepak Bola, Kenapa?

08-01-2021 06:48

 | Ari Prayoga

Eden Hazard Ingin VAR Dihilangkan dari Sepak Bola, Kenapa?
Pemain Real Madrid, Eden Hazard © AP Photo

Bola.net - Bintang Real Madrid, Eden Hazard ternyata merupakan seorang pembenci keberadaan teknologi Video Assistant Referee alias VAR di sepak bola.

VAR mulai dipakai di sepak bola sejak Piala Dunia 2018 lalu. Kemudian, penggunaan VAr pun diikuti liga-liga top Eropa dan kompetisi elit dunia.

Meski bisa menghasilkan keputusan yang benar-benar tepat, tapi penggunaan teknologi ini juga kerap mendapat kritik karena dianggap menghilangkan unsur natural dalam olahraga sepakbola.

1 dari 2

Pengakuan Hazard

Hazard rupanya bukanlah seorang penggemar VAR. Bahkan, pemain sayap asal Belgia itu ingin agar VAR dihilangkan dari sepak bola.

"Itu [VAR] menghilangkan begitu banyak kesenangan dari sepak bola, begitu banyak emosi," ungkap Hazard kepada RTBF.

"Kami mencetak gol dan kemudian kami bertanya-tanya apa yang akan terjadi. Memang itu telah memperbaiki banyak kesalahan, tapi ketidakadilan juga merupakan keindahan sepakbola. Tanpa sebuah ragu, ciao to VAR!" tegasnya.

2 dari 2

Soal Rencana Pensiun

Lebih lanjut, Hazard juga mengungkapkan kapan waktu yang tepat bagi dirinya untuk gantung sepatu alias pensiun dari dunia sepak bola profesional sebagai pemain.

"Kita akan melihat apakah tubuh meninggalkan saya sendiri [setelah beberapa kali mengalami cedera]," tutur Hazard.

"Jika lukanya menumpuk, saya tidak akan bisa mencapai usia 35 tahun. Kita perlu bersenang-senang, bukan? Itulah yang saya butuhkan. Saya akan selalu bermain sepak bola, tetapi saya mungkin bukan seorang profesional." tandasnya.

Sumber: RTBF