FOLLOW US:


Fabio Capello Melihat Satu Elemen yang Tidak Dimiliki Real Madrid: Pemimpin!

23-03-2020 13:29

 | Asad Arifin

Fabio Capello Melihat Satu Elemen yang Tidak Dimiliki Real Madrid: Pemimpin!
Fabio Capello © AFP

Bola.net - Pelatih kawakan, Fabio Capello, melihat ada satu elemen yang saat ini tidak dimiliki Real Madrid. Elemen yang dimaksud pria berusia 73 tahun tersebut adalah pemimpin dan panutan di dalam tim.

Real Madrid memulai era baru dalam dia musim terakhir. Sepeninggal Cristiano Ronaldo, juga sempat ditinggal Zinedine Zidane, Real Madrid sempat limbung. Pada musim 2018/2019 lalu, tidak ada gelar bergengsi yang diraih.

Zinedine Zidane kemudian kembali ke Real Madrid. Hasilnya pun dianggap cukup bagus. Real Madrid pun membeli sejumlah pemain baru. Ada pemain muda seperti Rodrygo, ada pemain bintang layaknya Eden Hazard.

Walau masih belum tampil konsisten, Real Madrid setidaknya sudah meraih satu gelar yakni Supercopa de Espana. Los Blancos juga meraih hasil bagus saat menjalani laga krusial melawan sang seteru abadi, Barcelona.

1 dari 2

Real Madrid Krisis Pemimpin

Real Madrid punya pelatih yang pernah membawa mereka menuju kejayaan. Dari sisi pemain, skuad Real Madrid juga sangat lengkap. Namun, Fabio Capello menilai Los Blancos butuh sosok yang bisa menjadi pemimpin.

"Anda membutuhkan pemimpin di lapangan. Tim harus memiliki titik referensi," ucap Fabio Capello dikutip dari AS.

Sebenarnya, ada beberapa senior yang punya peran penting di klub. Ada kapten Sergio Ramos yang sudah meraih banyak gelar. Lalu, ada Luka Modric yang punya etos kerja tinggi. Real Madrid juga punya peraih gelar Piala Dunia seperti Toni Kroos dan Raphael Varane.

"Harus ada seseorang untuk diikuti yang mentransmisikan keinginan untuk menang. Saya memiliki Raul, Fernando Hierro, Fernando Redondo. Mereka selalu memiliki keinginan yang tepat," kata mantan pelatih Real Madrid.

2 dari 2

Bagaimana dengan Pemain Muda Real Madrid?

Fabio Capello mengaku pernah ditegur presiden Real Madrid ketika dia masih melatih. Sebab, Fabio Capello tidak langsung memainkan pemain muda yang dibeli klub. Saat itu, klub baru saja membeli Marcelo Fernando Gago, dan Gonzalo Higuain.

"Karena mereka bocah dan Anda harus menunggu sebentar. Mereka adalah masa depan, mereka bisa membuat sejarah nanti. Mereka membutuhkan pengalaman dan karakter," ucap pria asal Italia.

Situasi yang dihadapi Fabio Capello hampir sama dengan Real Madrid pada musim 2019/2020. Zidane punya banyak pemain muda. Selain Rodrygo, ada Vinicius, Fede Valverde, Luka Jovic, dan Eder Militao.

"Anda harus merekrut pemain muda dan kemudian memainkannya sedikit demi sedikit, harus merawat mereka. Anda tidak bisa memberi mereka tanggung jawab sekarang," kata Fabio Capello.

Sumber: AS